Arsenal di Awal Musim 2021/2022, Bakal Jadi Tim Medioker atau Proses ke Empat Besar?

Richard Andreas | 7 Oktober 2021, 19:14
Arsenal di Emirates Stadium (c) AP Photo
Arsenal di Emirates Stadium (c) AP Photo

Bola.net - Musim 2021/22 sudah berjalan sekitar dua bulan. Arsenal masih tertahan di peringkat ke-11 klasemen sementara Premier League.


Tentu posisi ini tidak sesuai target Mikel Arteta. Arsenal sudah menempuh 7 pertandingan, tapi baru meraih 10 poin. Mereka sudah menelan 3 kekalahan.

Musim baru dimulai, tapi tampaknya Arsenal bakal sulit bersaing menembus empat besar. Pasalnya, persaingan di papan atas sekarang begitu ketat, apalagi di empat besar.

Nahas, musim lalu Arsenal sudah gagal menembus empat besar, bahkan terlempar dari zona Eropa. Lantas, apakah Arteta bisa memperbaiki performa tim musim ini atau justru jadi tim medioker?

1 dari 5 halaman

Hasil-hasil mengejutkan Arsenal

Pemain Arsenal, Kieran Tierney, memberikan aplaus kepada fans usai laga pekan perdana Premier League hari Sabtu (14/8/2021). (c) AP Photo

Bicara soal kejutan, Arsenal mungkin membuat fans mereka kesal sejak awal. Betapa tidak, The Gunners memulai Premier League dengan kekalahan 0-2 dari Brentford.

Momentum buruk itu berlanjut, Arsenal kalah 0-2 dari Chelsea di pekan kedua dan dihajar Manchester City 0-5 di pekan ketiga. Di momen itu, desakan pemecatan Arteta menguat.

Untungnya Arsenal segera menang di pekan berikutnya. Mereka juga bisa mengalahkan Tottenham 3-1 di duel pekan ke-6.

2 dari 5 halaman

Hasil dan skor keseluruhan

Pemain Arsenal merayakan gol Pierre Emerick-Aubameyang ke gawang Norwich City dalam lanjutan Premier League, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Setelah kalah di tiga pertandingan pertama, Arsenal lalu bangkit dengan tiga kemenangan. Lantas, di pekan ke-7 sebekum jeda internasional, mereka ditahan imbang Brighton 0-0.

Berikut hasil lengkap Arsenal dalam 7 pekan awal Premier League 2021/22 ini:

  • 14/8 | Brentford 2-0 Arsenal
  • 22/8 | Arsenal 0-2 Chelsea
  • 28/8 | Man City 5-0 Arsenal
  • 11/9 | Arsenal 1-0 Norwich City
  • 18/9 | Burnley 0-1 Arsenal
  • 26/9 | Arsenal 3-1 Tottenham
  • 2/10 | Brighton 0-0 Arsenal
3 dari 5 halaman

Bintang sejauh ini

Selebrasi Pierre-Emerick Aubameyang usai membobol gawang Tottenham, Minggu (26/9/2021) (c) AP Photo

Sulit menunjuk bintang utama Arsenal sejauh ini. Mereka kesulitan sejak awal musim, sudah bangkit, tapi jelas belum maksimal.

Arsenal baru mencetak 5 gol dari 7 pertandingan, nahasnya sudah kebobolan 10. The Gunners bahkan tidak mencetak gol di 3 laga pertama Premier League.

Sejauh ini ada Pierre-Emerick Aubameyang yang memimpin dengan 2 gol, sisanya pemain lain dengan satu gol. Lalu, soal assist, hanya ada 3 pemain Arsenal dengan masing-masing 1 assist.

4 dari 5 halaman

Keyakinan dan kesempatan untuk Arteta

Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo

Perjalanan Arsenal di awal musim ini juga dapat diperhatikan dari perbedaan komentar Arteta di pekan pertama hingga pekan lalu. Seperti apa sih?

Setelah dikalahkan Bentford: "Tim kami hari ini seharusnya bisa bermain lebih baik dengan gaya bermain yang kami inginkan dan kami seharusnya bisa mendapatkan hasil yang berbeda."

Usai ditundukkan Chelsea: "Saya tidak yakin klub, dalam sejarahnya, pernah mengalami hal semacam ini, kami harus menghadapi tantangannya."

Habis dihajar Man City: "Saya akan mencoba untuk meningkatkan performa tim kami dan kami mungkin akan mengubah cara bermain kami jika kami percaya bahwa kami harus mengubah sesuatu di dalam tim ini."

Setelah bangkit dengan tiga kemenangan: "Di sepak bola semua bisa berubah dengan cepat, baik itu berubah menjadi baik atau buruk. Jadi kami harus tetap siaga dan terus berbenah, dan saya yakin kami bisa melakukan itu."

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR