BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Arsenal Catatkan 3 Rekor Usai Tumbangkan Manchester United

02-01-2020 23:14 | Dimas Ardi Prasetya

Mikel Arteta bersama skuad Arsenal merayakan kemenangan atas Manchester United (2-0). (c) AP Photo
Mikel Arteta bersama skuad Arsenal merayakan kemenangan atas Manchester United (2-0). (c) AP Photo

Bola.net - Kemenangan Arsenal atas Manchester United di Emirates Stadium membuahkan tiga rekor menarik.

Arsenal menjamu United pada pekan ke-21 Premier League musim 2019/2020 di Stadion Emirates, Rabu (01/01/2019). Tim asuhan Mikel Arteta itu menang dengan skor 2-0 atas pasukan Ole Gunnar Solskjaer.

Dua gol Arsenal dicetak oleh Nicolas Pepe pada menit ke-8 dan Sokratis Papastathopoulos di menit ke-42. The Gunners sejatinya mendapat beberapa peluang lagi untuk bisa mencetak lebih banyak gol.

Hasil dalam laga tersebut begitu mengejutkan. Padahal, Arsenal bukan klub yang diunggulkan dalam laga itu. Meski MU tampil kurang stabil musim ini, namun dalam berbagai faktor, skuat racikan Ole Gunnar Solskjaer itu diyakini lebih baik ketimbang Arsenal.

Namun Granit Xhaka dkk berhasil membalikkan prediksi. The Gunners tampil percaya diri sejak babak pertama. Menurut statistik, Arsenal bahkan unggul penguasaan bola sebanyak 58% ketimbang Manchester United.

Setan Merah seolah tak berkutik di hadapan suporter Arsenal pada pertandingan yang dilaksanakan awal 2020 itu. Marcus Rashford dkk tidak menunjukkan kreativitas meyakinkan dalam laga itu. Peluang mereka minim.

Itulah mengapa Manchester United tak berhasil menjebol pertanhanan Arsenal hingga peluit tanda selesainya pertandingan dibunyikan. Tak berlebihan jika dikatakan bahwa Arsenal cukup berjaya di kandangnya pada laga itu. Bahkan, The Gunners mencatatkan sejumlah rekor menarik dalam kemenangannya atas Manchester United.

Rekor apa saja yang dicatatkan Arsenal? Berikut penjelasannya.

1 dari 3 halaman

Kemenangan Perdana Mikel Arteta

Kesuksesan Arsenal megalahkan Manchester United menjadi kemenangan pertama Mikel Arteta sebagai pelatih The Gunners. Sebelumnya, ia nirkemenangan setelah ditahan 1-1 di markas Bournemouth dan kalah 1-2 dari Chelsea di Emirates Stadion.

Menariknya, kemenangan pertama Mikel Arteta itu didapat di pada awal 2020 dan mengalahkan salah satu klub elite Eropa, Manchester United. Sebuah rekor dan pencapaian yang layak mendapatkan apresiasi.

2 dari 3 halaman

Pertama yang Kalahkan Manchester United

Sebelum duel kontra Arsenal, Manchester United belum pernah menelan kekalahan dari tim-tim besar. MU berhasil menumbangkan Chelsea dengan skor 4-0, kemudian menahan imbang Liverpool dengan skor 1-1, dan mengalahkan Manchester City dengan skor 2-1.

Namun hal berbeda justru ditorehkan Arsenal. The Gunners berhasil menjadi tim pertama dari kalangan Big Six yang berhasil menundukkan Setan Merah.

Dengan kata lain, ini adalah kemenangan pertama Arsenal atas tim yang berada di peringkat 10 besar Premier League musim ini.

3 dari 3 halaman

Rekor Mikel Arteta

Mikel Arteta bukan hanya berhasil membawa Arsenal mencundangi Manchester United dan merengkuh kemenangan pertamanya. Namun, Arteta juga memperpanjang rekor tak terkalahkan Arsenal dalam 11 laga terakhirnya pada hari pertama pergantian tahun.

Ya, Arsenal belum terkalahkan dalam 11 laga pertama pergantian tahun yang telah dilalui. Bahkan, The Gunners berhasil menang dalam tujuh pertandingan terakhir.

Catatan yang cukup baik megingat banyak yang meragukan penampilan Arsenal bersama manajer baru mereka, Mikel Arteta, belakangan ini.

Setelah melawan Manchester United, Arsenal akan bermain melawan Leeds United di babak ketiga FA Cup. Kemudian mereka akan bersua Crystal Palace di Premier League.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Hesti Puji Lestari/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 2 Januari 2019

KOMENTAR