BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Arsenal Bobrok, Bernd Leno Terang-Terangan Salahkan Pemain, Bukan Mikel Arteta

17-12-2020 12:30 | Ari Prayoga

Kiper Arsenal Bernd Leno. (c) AP Photo Kiper Arsenal Bernd Leno. (c) AP Photo

Bola.net - Penjaga gawang Arsenal, Bernd Leno terang-terangan menyalahkan rekan-rekannya sebagai penyebab utama kebobrokan The Gunners di Premier League musim ini.

Tren negatif Arsenal di liga berlanjut kala hanya mampu bermain imbang 101 kala menjamu Southampton di Emirates Stadium, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB.

Arsenal sempat tertinggal lebih dulu akibat gol yang dicetak mantan pemain mereka, Theo Walcott. Tuan rumah mampu menyamakan kedudukan berkat go Pierre-Emerick Aubameyang di babak kedua.

1 dari 4 halaman

Bukan Salah Arteta

Posisi 15 di klasemen membuat posisi Mikel Arteta di kursi manajer menjadi sorotan. Namun, Leno menganggap bahwa pihak yang patut disalahkan adalah para pemain.

"Itu [tekanan pada Arteta] tidak menjadi masalah sama sekali. Pelatih menjadi nama terakhir yang bisa disalahkan atas fakta bahwa kami berada dalam situasi ini," ujar Leno kepada Sky Germany.

"Jika Anda melihat cara kami berlari di lapangan, maka hanya para pemain yang harus disalahkan. Saya harus jujur tentang itu," tegasnya.

2 dari 4 halaman

Kesalahan Pemain

Lebih lanjut, Leno pun mengungkap sejumlah kesalahan dasar yang dilakukan para pemain. Menurutnya, hal itulah yang menjadi penyebab utama merosotnya performa Arsenal.

"Kami mendapat kartu merah, membuat kesalahan, berdiri di luar posisi. Ini adalah hal-hal yang dengan jelas harus kami tangani ribuan kali. Pada akhirnya, ini adalah karena kurangnya fokus dari para pemain," tutur Leno.

"Pelatih tidak menjadi masalah di ruang ganti, tidak ada kritik padanya. Kami mengkritik diri kami sendiri dan para pemain tahu bahwa mereka bertanggung jawab," imbuhnya.

"Kami sebenarnya punya kualitas, tapi tiba-tiba ada jeda ini. Namun, tidak ada yang bisa menyematkannya hanya pada satu orang." tukasnya.

3 dari 4 halaman

Pengakuan Leno

Hasil imbang lawan Southampton mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntun yang diderita Arsenal, masing-masing melawan Wolverhampton, Tottenham, dan Burnley.

“Angkanya berbicara sendiri bahwa hal-hal tidak berjalan dengan baik akhir-akhir ini. Sebelumnya, kami seringkali memang pantas kalah," kata Leno.

"Kami memang bermain imbang 0-0 di Leeds, tapi itu adalah poin keberuntungan. Kami pantas kalah melawan Tottenham, melawan Wolverhampton juga, melawan Aston Villa bahkan 3-0. Dalam laga itu terlalu banyak hasil yang tidak bagus dan performa yang mengecewakan," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Segera Berbenah

Leno pun menyebut bahwa para pemain lainnya juga sependapat dengannya soal kesalahan ini. Leno dan skuad Arsenal pun bertekad segera menyelesaikan masalah ini secepatnya.

"Sikap kami buruk, disiplin kami kurang dan kami tidak percaya diri. Ada banyak faktor yang berperan di sini," tegas Leno.

"Kami telah membahas ini dengan sangat jelas secara internal dan semua orang setuju bahwa kami harus mengubahnya dengan sangat cepat." tandasnya.

Sumber: Sky Germany

KOMENTAR