BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Apresiasi Klopp untuk Matip, Benteng Kokoh Liverpool yang Jarang Disorot Media

17-09-2021 23:54 | Dimas Ardi Prasetya

Joel Matip saat beraksi di laga Liverpool vs Leeds United di Anfield, 12 September 2021. (c) AP Photo
Joel Matip saat beraksi di laga Liverpool vs Leeds United di Anfield, 12 September 2021. (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp menegaskan Joel Matip adalah pemain yang luar biasa meskipun ia termasuk sosok yang jarang disorot oleh media.

Matip gabung Liverpool sejak tahun 2016 silam. Ia diangkut secara gratis dari Schalke.

Bek asal Kamerun itu ikut berperan dalam kesuksesan Liverpool meraih empat gelar juara di era Klopp. Sayangnya ia kerap mengalami cedera.

Penampilan Matip pun jarang disorot oleh media. Pamornya kalah jauh dibandingkan Virgil van Dijk maupun Trent Alexander-Arnold.

1 dari 2 halaman

Pujian Klopp untuk Matip

Musim ini, Joel Matip sudah pulih dari cedera engkelnya. Ia pun terus tampil dalam lima laga Liverpool di semua ajang kompetisi pada musim ini sebagai starter dan membantu The Reds meraih empat kemenangan dan tiga clean sheet.

Jurgen Klopp lantas memuji Matip sebagai pemain yang berkualitas dan telah banyak berjasa bagi Liverpool. Jadi ia pun mengaku heran bek 30 tahun tersebut jarang disorot media.

“Dengar, saya tidak bisa membantu orang yang tidak melihat kualitas Joel Matip," bukanya pada laman resmi Liverpool.

“Itu benar, ia sedikit tidak beruntung di masa lalu dengan cedera di sana-sini – mungkin tidak selalu hal yang paling sulit tetapi ia adalah anak besar, pemain besar, tinggi dan dari waktu ke waktu terlihat sedikit tegang atau apa pun," ujarnya.

“Tapi ia adalah pemain yang luar biasa, ia selalu menjadi pemain yang luar biasa sejak ia bergabung dengan kami setidaknya. Jadi itu sangat bagus," seru Klopp.

2 dari 2 halaman

Soal Rotasi Bek

Di laga lawan AC Milan, Jurgen Klopp membuat keputusan mengejutkan. Ia mencadangkan Virgil van Dijk.
Sebagai gantinya ia memainkan Joe Gomez, yang berpasangan dengan Joel Matip. Jurgen Klopp

mengatakan, rotasi itu ia lakukan demi menjaga para pemain belakangnya tetap bugar dan terhindar dari cedera seperti pada musim lalu.

“Kami membutuhkan kualitas – kami sekarang memiliki empat, lima bek tengah kelas atas dan itu bagus untuk dimiliki dan perlu. Tetapi pada posisi itu ketika Anda hanya memiliki dua [bek], terkadang mereka memainkan 10, 12, 15 pertandingan berturut-turut. Mereka mungkin bisa melakukan itu tetapi jika kita tidak harus melakukannya, mengapa kita harus melakukannya?"

“Itulah mengapa kami sekarang memiliki kesempatan untuk membuat beberapa perubahan di sana, dan dari waktu ke waktu – tidak selalu – kami harus melakukan itu dan berharap mereka semua tetap fit, maka kami pasti akan baik-baik saja di posisi itu," terang Klopp.

Jurgen Klopp musim ini memiliki empat pemain di pos bek tengah. Selain Joel Matip dan Virgil van Dijk, ada Joe Gomez dan sang bek baru, Ibrahima Konate.

(Liverpoolfc.com)

KOMENTAR