BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aplaus Setinggi Langit dari Arteta untuk Saka yang Rela Berkorban Demi Arsenal

01-01-2020 06:00 | Yaumil Azis

Pemain Arsenal, Bukayo Saka, berduel dengan pemain Everton dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (21/12/2019). (c) AP Photo Pemain Arsenal, Bukayo Saka, berduel dengan pemain Everton dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (21/12/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Mikel Arteta menyumbangkan pujian setinggi langit kepada salah satu pemainnya di Arsenal, Bukayo Saka. Ia tersanjung dengan pengorbanan sang pemain yang rela dimainkan tidak pada posisi aslinya.

Saka mencuri perhatian fans Arsenal pada musim ini setelah pelatih sebelumnya, Unai Emery, mempromosikan dirinya ke skuat senior. Namun perlu diketahui bahwa Saka diperkenalkan sebagai seorang penyerang sayap.

Performa yang ditunjukkan pemain berumur 18 tahun itu pun terbilang cukup impresif. Seperti halnya Gabriele Martinelli, ia kerap membantu Arsenal keluar dari posisi terjepit dengan golnya di suatu pertandingan.

Namun belakangan ini, ia tidak dimainkan di posisi aslinya. Saka ditempatkan di sisi kiri sektor pertahanan. Eksperimen tersebut terbukti berhasil, dan Saka sudah bermain sebanyak tiga kali di posisi itu.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Pujian Arteta untuk Saka

Bermain di posisi yang bukan aslinya jelas tidak mudah bagi seorang pesepakbola. Tapi pada akhirnya, ia bisa melakukannya. Hal inilah yang membuat Arteta selaku pelatih anyar Arsenal kagum terhadap dirinya.

"Dia belajar bahwa anda bisa beradaptasi, dan anda bisa berkorban untuk tim, dan [anda belajar bahwa anda] tidak menggunakan banyak alasan," ujar Arsenal dalam situs resmi klub.

"Jika anda bergerak, mengatakan 'OK, sekarang bila saya tidak bermain apik, saya punya alasan yang tepat karena ini bukanlah posisi saya'. Harusnya justru kebalikannya," tambah eks asisten pelatih Manchester City tersebut.

"Cobalah untuk belajar, coba untuk melakukannya dengan segera dan coba untuk lebih produktif untuk tim, dan saya pikir dia [Saka] telah melakukannya dengan sangat, sangat baik," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Siap Membantu Saka

Tentu saja, beradaptasi dengan posisi yang baru bukanlah hal mudah. Arteta pun berjanji akan membantu pemain kelahiran Inggris tersebut semampunya.

"Momen permainan seperti itu, anda harus membacanya dan saat anda bermain lebih sering dan menjadi lebih dewasa, anda mulai membuat keputusan yang lebih baik setiap waktunya," sambung Arteta.

"Sebab, anda bisa mencium dari mana datangnya ancaman, tergantung pada hasilnya, bagaimana menit yang sudah dimainkan dan apa yang terjadi pada dua aksi sebelumnya. Anda harus membantu dia melakukan itu," tutupnya.

(Goal International)

KOMENTAR