BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Apakah Jurgen Klopp Pelatih Tersukses dalam Sejarah Liverpool?

08-04-2020 03:29 | Yaumil Azis

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Keberhasilan Liverpool di ajang Liga Champions membuat Jurgen Klopp menjadi salah satu pelatih tersukses dalam sejarah the Reds. Torehan itu bisa kian lengkap dengan trofi Premier League yang sudah ada di depan mata.

Ya, Liverpool hanya butuh dua langkah untuk mengakhiri kutukannya dalam pentas sepakbola bergengsi di Inggris itu. Mereka sedang duduk di puncak klasemen dan unggul 25 poin atas pesaing terdekatnya, Manchester City.

Semenjak menggantikan Brendan Rodgers di tahun 2015, Klopp telah memenangkan Liga Champions, Piala Super Eropa, dan juga Piala Dunia Antarklub. Serta berhasil mencapai final Liga Champions di kesempatan lain juga Liga Europa dan Carabao Cup.

Tidak ada lagi yang bisa memungkiri kalau Klopp adalah salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Liverpool, apalagi jika mereka memenangkan Premier League. Dan begini statistiknya jika dibandingkan dengan pelatih-pelatih sebelumnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Berapa Besar Presentase Kemenangan Klopp di Liverpool?

Klopp sudah berjalan bersama Liverpool selama empat setengah tahun. Dalam kurun waktu tersebut, pelatih asal Jerman itu mencatatkan presentase kemenangan sebesar 60,5 persen.

Catatan tersebut diperoleh dari 256 pertandingan yang telah dilewati Klopp bersama the Reds di semua ajang. 155 di antaranya berhasil dimenangkan, dan membuatnya menjadi pelatih tersukses keempat dari segi presentase kemenangan.

Namun perlu diketahui bahwa dua orang di atasnya punya jumlah pertandingan yang lebih sedikit. Reuben Bennett contohnya, yang mencatatkan 75 persen kemenangan dari empat pertandingan saja.

Kemudian ada John McKenna. Ia mencatatkan presentase kemenangan sebesar 69,4 persen. Namun McKenna hanya memimpin Liverpool dalam 36 pertandingan saja.

2 dari 3 halaman

Perbandingan Jumlah Kemenangan dengan Pelatih Lain

Seperti yang diketahui, Klopp berhasil mencatatkan 155 kemenangan sejauh ini. Angka tersebut membuatnya duduk di peringkat ketujuh dalam daftar pelatih dengan jumlah kemenangan terbanyak pada sejarah Liverpool.

Klopp hanya kalah tiga kemenangan saja dari pelatih legendaris the Reds, Gerard Houllier. Sebagai catatan, pria asal Prancis tersebut mengantongi 51 pertandingan lebih banyak dari Klopp.

Sayangnya Klopp masih terpaut jauh dengan sosok legenda lainnya, Bill Shankly, yang menjadi pelatih Liverpool selama 15 tahun. Ia meraih 407 kemenangan dari 783 laga dengan presentase kemenangan sebesar 52 persen.

3 dari 3 halaman

Pelatih dengan Perolehan Trofi Terbanyak?

Bob Paisley berhasil memenangkan 14 trofi dalam kurun waktu sembilan tahun kepemimpinannya di Liverpool. Termasuk enam gelar divisi utama (sekarang Premier League) dan tiga Piala Eropa (Liga Champions).

Faktanya, Paisley hanya butuh enam trofi saja untuk bisa mengungguli semua pelatih Liverpool dalam hal perolehan trofi.

Hanya Shankly yang bisa menyamai torehan tersebut. Sebagai informasi, ia pernah menyumbang tiga trofi Divisi Utama, dua FA Cup, dan satu UEFA Cup (sekarang Liga Europa). Dia juga memenangkan trofi divisi kedua pada tahun 1962.

Selanjutnya ada nama Kenny Dalglish. Ia memenangkan lima trofi dalam kurun waktu enam tahun termasuk FA Cup serta Divisi Utama tahun 1986. Houlier juga mendapatkan lima trofi yang terdiri dari dua Carabao Cup, satu FA Cup, UEFA Cup, dan juga Piala Super Eropa.

Dan sejauh ini, Liverpool baru memperoleh tiga trofi untuk Liverpool. Namun jika berhasil menjuarai Premier League, eks pelatih Borussia Dortmund itu akan melewati Joe Fagan yang juga sudah mengoleksi tiga trofi.

(Goal International)

KOMENTAR