BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Apa Sih yang Membuat Roberto Firmino Spesial Bagi Liverpool?

10-04-2020 20:01 | Yaumil Azis

Selebrasi Roberto Firmino paska membobol gawang Tottenham (c) Liverpool FC Selebrasi Roberto Firmino paska membobol gawang Tottenham (c) Liverpool FC

Bola.net - Meski berstatus sebagai penyerang sentral, namun kontribusi berupa gol dari Roberto Firmino cukup jarang terlihat belakangan ini. Lantas, apa yang membuat pria asal Brasil tersebut spesial bagi Liverpool?

Pria berumur 28 tahun itu baru mencatatkan delapan gol di ajang Premier League musim ini. Bahkan, Firmino pun sempat lama absen dari papan pencetak gol di stadion kebanggaan the Reds, Anfield.

Melihat formasi trisula yang digunakan sang pelatih, Jurgen Klopp, seharusnya Firmino menjadi pemain yang mendapatkan banyak sokongan bola. Terutama dari sisi sayap yang diisi Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Namun yang terjadi justru sebaliknya. Salah dan Mane adalah pencetak gol utama Liverpool musim ini. Lantas, mengapa Firmino masih selalu hadir di lini depan the Reds kendati jarang mencetak gol?

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Apa yang Membuat Firmino Spesial?

Mantan penyerang Liverpool, Emile Heskey, punya jawaban yang bisa diterima. Dari pandangannya, Firmino memang tidak mendapatkan tugas untuk mencetak gol selayaknya striker pada umumnya.

Heskey tidak meyakini bahwa keunggulan Firmino, dalam skema terapan Klopp, bukanlah mencetak gol. Melainkan melihat pergerakan rekan setimnya serta membuat ruang buat mereka untuk mengoyak gawang lawan.

"Anda lihat dia mengejar dan melakukan jegalan, anda lihat dia bermain di sisi kiri dan mengejar orang. Anda melihat dia berada di depan, mendapatkan bola kembali, serta menahannya dan membawa orang masuk," ujarnya kepada 90Min.

"Dia membuat ruang, sentuhannya luar biasa karena dia mengambilnya dari pemain lain, jadi dia bisa memiliki waktu untuk melihat sekitar dan menganalisis apa yang harus dia lakukan selanjutnya. Dia hebat soal itu," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Tentang Peran Firmino, False 9

Peran yang dilakukan Firmino dikenal dengan sebutan 'False 9'. Di mana pemain yang ditugaskan dalam peran tersebut terlihat seperti seorang pencetak gol, namun pada kenyataannya tidak.

Dalam fase menyerang, seorang false 9 akan menarik diri dari lini pertahanan lawan dan menjemput bola. Pemain bertahan lawan bakalan tertarik oleh pergerakannya dan meninggalkan posisinya semula.

Dari situ terciptalah ruang yang bisa dimanfaatkan oleh penyerang maupun gelandang serang. Dan begitu mendapat bola, tugas 'False 9' adalah mengedarkannya ke pemain lain yang sudah mengisi ruang kosong tersebut.

Itulah mengapa Roberto Firmino jarang mencetak gol di musim ini. Salah satu alasannya adalah peran yang memaksa dirinya harus berada jauh dari gawang lawan.

(Metro)

KOMENTAR