BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Apa Kabarnya Starting XI Chelsea yang Bikin Remuk Arsenal 6-0 Dulu?

23-08-2021 17:55 | Dimas Ardi Prasetya

Cesar Azpilicueta berpose dengan trofi Liga Champions. (c) AP Photo
Cesar Azpilicueta berpose dengan trofi Liga Champions. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea dan Arsenal sudah sering bertemu dan pernah ada momen di mana The Blues menghajar The Gunners habis-habisan.

Momen itu terjadi pada bulan Maret tahun 2014 silam. Saat itu Chelsea yang ditukangi Jose Mourinho menghajar Arsenal yang dipimpin Arsene Wenger dengan skor telak 6-0!

Laga tersebut adalah laga ke-1000 Wenger bersama Arsenal. Di babak pertama, Chelsea sudah berhasil mengemas empat gol sekaligus.
Dimulai dari Samuel Eto'o, kemudian disusul oleh gol Andre Schurrle. Eden Hazard lantas ikut mencatatkan namanya via titik penalti dan disusul oleh gol Oscar.

Gelandang asal Brasil itu kemudian mencetak satu gol lagi di babak kedua. Mohamed Salah, yang masuk sebagai pemain pengganti, juga ikut mengemas gol.

Itu adalah kemenangan terbesar Chelsea atas Arsenal di pentas Premier League. Lalu apa kabarnya starting XI The Blues, plus pemain yang masuk sebagai pengganti, itu sekarang ini?

Simak informasinya berikut ini Bolaneters.

1 dari 14 halaman

Petr Cech

Pria asal Ceko ini cabut dari Chelsea pada tahun 2015. Klub yang dituju tidak jauh-jauh.

Petr Cech memilih untuk meyeberang ke klub tetangga sekaligus rival, Arsenal. Cech sempat bermain selama sekitar empat tahun bagi The Gunners sebelum akhirnya gantung sepatu.

Cech sempat bersenang-senang dengan bermain hoki es usai pensiun sebagai pemain sepak bola. Namun itu cuma berlangsung sesaat. Sekarang ia telah kembali ke Chelsea menjadi technical/performance advisor dan sempat juga menjadi kiper cadangan The Blues.

2 dari 14 halaman

Branislav Ivanovic

Branislav Ivanovic masih terus bermain bagi Chelsea setelah laga lawan Arsenal. Ia baru cabut dari Stamford Bridge pada tahun 2017.

Bek asal Serbia itu memilih cabut ke Rusia dan gabung klub Zenit St Petersburg. Ia dipercaya menjadi kapten dan meraih beberapa gelar juara di klub tersebut.

Ivanovic sepertinya kangen dengan atmosfer sepak bola Inggris. Ia pun akhirnya pindah kembali ke Inggris pada musim panas 2020, namun kali ini ia memilih gabung West Brom dan sekarang ia sudah cabut dari klub tersebut setelah kontraknya berakhir.

3 dari 14 halaman

Gary Cahill

Gary Cahill bertahan lama di Chelsea. Ia bermain di klub tersebut sampai tahun 2019.

Cahill kemudian memutuskan untuk pindah ke klub Premier League lainnya, Crystal Palace. Bek asal Inggris ini dua musim bermain di Palace.

Musim ini, ia resmi berganti klub baru. Defender 35 tahun tersebut sekarang memperkuat Bournemouth yang sekarang berlaga di divisi Championship.

4 dari 14 halaman

John Terry

Eks kapten Chelsea ini angkat kaki dari Stamford Bridge pada tahun 2017. Namun saat itu ia tak langsung memilih pensiun.

Terry memilih untuk gabung dengan Aston Villa. Namun ia hanya bermain semusim saja di klub tersebut.

Terry kemudian pensiun namun ia tak langsung pergi dari Villa Park. Pria 40 tahun tersebut langsung alih status menjadi asisten pelatih Villa. Namun per musim panas 2021 kemarin, ia cabut dari klub tersebut.

5 dari 14 halaman

Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta gabung dengan Chelsea pada tahun 2012. Ia direkrut dari klub Marseille.

Sampai sekarang ia masih setia membela Chelsea. Bek asal Spanyol ini masih masuk dalam rencana Thomas Tuchel.

Sekarang ini kontrak pemain 31 tahun itu di Chelsea masih berlaku sampai 2022. Sejauh ini Azpi telah bermain sebanyak 431 kali bagi The Blues di semua ajang kompetisi dan musim lalu sempat membawa timnya meraih gelar Liga Champions.

6 dari 14 halaman

David Luiz

Defender asal Brasil ini cabut dari Chelsea pada akhir musim 2013-2014. David Luiz kemudian memutuskan untuk berpetualang ke Prancis bersama PSG.

Ia sempat bermain di sana selama dua tahun. Setelah itu bek berambut kriwil ini balik lagi ke Chelsea.

Luiz sempat bermain di Chelsea tiga musim. Setelah itu ia memilih pindah ke Arsenal sampai akhirnya cabut dari klub tersebut pada musim panas 2021 ini. Sampai saat ini ia belum gabung klub mana pun.

7 dari 14 halaman

Nemanja Matic

Pemain jangkung asal Serbia ini dua kali membela Chelsea. Yang pertama dari tahun 2009 sampai 2011.

Kemudian yang kedua dari Januari 2014 sampai Juli 2017. Setelah meninggakan Chelsea untuk kedua kalinya, Nemanja Matic memilih gabung Manchester United.

Sampai saat ini ia masih bermain di MU. Kontrak Matic di Old Trafford masih berlaku sampai tahun 2023 mendatang.

8 dari 14 halaman

Andre Schurrle

Andre Schurrle cuma sebentar saja main di Chelsea. Ia gabung The Blues pada tahun 2013 dan cabut dari klub tersebut pada tahun 2015.

Pemain asal Jerman ini kemudian pindah ke Wolfsburg dan kemudian ke Borussia Dortmund. Selama bersama Dortmund, ia sempat dipinjamkan ke Fulham dan Spartak Moscow.

Setelah masa peminjamannya di Spartak berakhir, dan putus kontrak dengan Dortmund, Schurrle tak melanjutkan karir sepak bolanya. Ia memilih pensiun di usia 29 tahun.

9 dari 14 halaman

Oscar

Oscar gabung Chelsea dua tahun sebelum laga lawan Arsenal ini. Ia kemudian terus bermain bagi The Blues sampai tahun 2017.

Pemain asal Brasil ini kemudian mengambil langkah yang cukup tak lazim. Di usia yang masih muda ia malah memilih pindah ke China.

Ia gabung dengan klub Shanghai Port. Sekarang Oscar masih terikat kontrak dengan klub tersebut sampai tahun 2024.

10 dari 14 halaman

Eden Hazard

Eden Hazard gabung dengan Chelsea pada tahun 2017. Ia terus membela The Blues sampai tahun 2019.

Hazard cabut karena ia ingin merealisasika mimpinya gabung dengan Real Madrid. Sayangnya di Spanyol Hazard kerap bergelut dengan cedera.

Musim ini ia berharap tak lagi terus cedera dan mendapatkan kembali permainan terbaiknya di bawah Carlo Ancelotti. Hazard saat ini masih terikat kontrak dengan Madrid sampai tahun 2024.

11 dari 14 halaman

Samuel Eto'o

Pria asal Kamerun ini berjiwa petualang. Sebelum gabung Chelsea pada tahun 2013, ia sebelumnya sudah membela delapan klub berbeda.

Di Chelsea, Samuel Eto'o cuma bermain satu tahun saja. Setelah itu ia berpetualang ke lima klub lain.

Di antaranya Everton, Sampdoria, dan Konyaspor. Pada tahun 2018, Eto'o pindah ke Qatar SC dan pensiun setelah semusim bermain di klub tersebut.

Di luar lapangan, Eto'o terjun ke dunia bisnis. Ia juga sempat dikabarkan melanjutkan studinya di Harvard dan sempat juga dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Lyon Business School yang bergengsi di Prancis.

12 dari 14 halaman

Sub - John Obi Mikel

Gelandang asal Nigeria ini tercatat membela Chelsea selama lebih dari satu dekade. Tepatnya dari tahun 2006 sampai 2017.

Setelah cabut dari Chelsea, John Obi Mikel berkelana ke sejumlah klub. Ia pernah ke Cina membela Tianjin TEDA.

Ia juga sempat membela Trabzonsport di Turki. Pada Juli 2021 kemarin, pria berusia 34 tahun tersebut resmi pindah dari Stoke City ke Kuwait SC.

13 dari 14 halaman

Sub - Mohamed Salah

Mohamed Salah gabung Chelsea pada bulan Januari tahun 2014. Saat itu ia direkrut dari klub Basel.

Namun Salah kemudian tak mendapat banyak kans bermain di Chelsea. Pemain Mesir ini malah dipinjamkan ke Fiorentina dan AS Roma.

Pada tahun 2016, Salah resmi dilepas ke Roma secara permanen. Semusim kemudian ia direkrut oleh Liverpool dan menjadi winger kelas dunia. Sekarang ini pemain 29 tahun tersebut santer disebut akan meneken kontrak baru yang akan menjadikannya pemain dengan gaji terbesar sepanjang sejarah klub.

14 dari 14 halaman

Sub - Fernando Torres

Fernando Torres dibajak oleh Chelsea pada Januari 2011. Sayangnya pemain Spanyol ini gagal bersinar bersama The Blues.

Ia sempat dipinjamkan ke AC Milan sebelum kemudian dilepas secara permanen ke klub Serie A itu pada musim 2015-16. Torres juga gagal bersinar di Milan dan kemudian dilepas balik ke Atletico Madrid pada tahun 2016.

Torres bermain dua tahun di Atletico dan kemudian memilih jalur non-populer; ia pindah ke Jepang untuk gabung Sagan Tosu. Ia lantas pensiun pada tahun 2019.

Pasca pensiun, Torres tampaknya keranjingan berlatih di gym dan membuat tubuhnya sangat berotot. Pria yang dulu disapa El Nino ini sempat digosipkan bakal kembali merumput namun ia kemudian malah terjun sebagai pelatih Atletico Madrid Juvenil (U-19) per Juli 2021 kemarin.

(Premier League/BBC)

KOMENTAR