BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Apa Gunanya Penguasaan Bola untuk Arsenal? Arteta Sendiri Tidak Terlalu Peduli

15-07-2020 07:40 | Richard Andreas

Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal mendominasi penguasaan bola hingga 63% ketika takluk 1-2 di hadapan Tottenham Hotspur akhir pekan lalu. Catatan inilah yang kini disorot sang pelatih, Mikel Arteta.

Sejak kedatangan Arteta, The Gunners memang berusaha kembali ke cara-cara lama. Mereka ingin menghidupkan kembali gaya bermain yang pernah berjaya di masa Arsene Wenger, yakni penguasaan bola dan umpan-umpan pendek.

Rencana ini baik dan Arteta sudah bisa menuangkannya dengan cukup baik. Namun, jika penguasaan bola tidak dibarengi dengan kemenangan, dia tahu Arsenal bakal tenggelam dalam masalah yang sama.

Karena itulah Arteta menjelaskan bahwa sejak awal dia tidak terlalu mementingkan penguasaan bola. Mengapa demikian? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Tidak terlalu penting

Bagi Arteta, penguasaan bola hanyalah salah satu cara untuk menyerang. Dia tidak terlalu mementingkannya, sebab yang lebih penting adalah bagaimana Arsenal bisa membombardir pertahanan lawan dalam usaha mencetak gol.

"Saya tidak terlalu khawatir soal penguasaan bola, ini soal bagaimana kami menyerang kotak penalti lawan, bagaimana kami menciptakan situasi untuk mencetak gol," buka Arteta di Arsenal.com.

"Soal dominasi, soal merebut bola kembali secepat mungkin, soal bagaimana kami mendekati gawang lawan untuk melakukan semua hal itu."

"Itu cukup menunjukkan bagaimana perkembangan kami, yakni dengan melakukannya di kandang salah satu rival terbesar kami," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Harus 3 poin

Intinya, Arteta sudah cukup puas melihat performa timnya secara ofensif, masalahnya adalah Arsenal gagal menang. Inilah yang masih harus dia perbaiki, yakni tidak hanya bermain baik, tapi juga bisa mencetak gol-gol kemenangan.

"Ini membuktikan kepribadian kami dan apa yang ingin diperbuat tim, serta bakal jadi bagian besar identitas kami," lanjut Arteta.

"Namun, kami harus menuntaskannya dengan meraih tiga poin serta punya jaminan bahwa kami bisa mengontrol pertandingan dan mendominasi melawan tim mana pun," tandasnya.

Sumber: Arsenal

KOMENTAR