BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Andrew Robertson, Bukti Keunggulan Jurgen Klopp Atas Guardiola

30-06-2020 18:24 | Dimas Ardi Prasetya

Andrew Robertson merayakan kemenangan Liverpool atas Tottenham di final Liga Champions 2018-19. (c) AP Photo Andrew Robertson merayakan kemenangan Liverpool atas Tottenham di final Liga Champions 2018-19. (c) AP Photo

Bola.net - Eks striker Liverpool Stan Collymore menyebut Andrew Robertson merupakan salah satu bukti bahwa Jurgen Klopp lebih unggul ketimbang Josep Guardiola.

Kesuksesan Liverpool saat ini tak lepas dari sumbangsih para pemainya di sektor fullback. Mereka termasuk esensial dalam permainan rancangan Jurgen Klopp.

Salah satu andalan Klopp adalah Robertson di sektor fullback kiri. Bek asal Skotlandia ini sebelumnya dipandang sebelah mata karena dibeli dengan harga hanya delapan juta pounds dari Hull City.

Namun begitu ia mulai dipercaya bermain di tim utama Liverpool, posisi itu selalu menjadi miliknya. Ia hanya akan digantikan jika tengah cedera atau terkena sanksi larangan tampil.

Robertson tampil apik dalam bertahan. Namun yang lebih istimewa lagi adalah ia membantu lini serang dengan luar biasa, khususnya dengan umpan-umpan silangnya yang akurat.

1 dari 2 halaman

Klopp yang Brilian

Jurgen Klopp memiliki reputasi sebagai manajer yang mampu memoles bakat yang dimiliki seorang pemain sampai jadi. Hal tersebut sudah terlihat di Borussia Dortmund.

Reputasi itu makin terbukti setelah melihat hasil tangan dingin Klopp pada para pemain Liverpool, khususnya Andrew Robertson. Stan Collymore pun acungkan jempol pada Klopp atas skill yang dimilikinya itu.

“Berhasil melakukan perekrutan besar memang cukup mengesankan, tetapi apa yang telah ia lakukan dengan Robertson sungguh brilian," buka Collymore pada Mirror.

“Sebagian besar dari lima atau enam klub terbawah di liga pada saat itu akan menolak tawaran delapan juta poundsterling yang dibayarkan Klopp pada Hull. Namun orang Jerman itu mengambil bek kiri muda dan mengubahnya menjadi yang terbaik di dunia dalam posisi itu.

2 dari 2 halaman

Tak Bisa Ditiru Guardiola

Josep Guardiola disebut sebagai salah satu manajer terbaik di dunia saat ini. Ia sudah meraih sukses di Barcelona, Bayern Munchen dan Manchester City tentunya.

Namun ada anggapan bahwa Jurgen Klopp lebih baik darinya. Stan Collymore pun mengamininya dengan menyebut Guardiola tak bisa meniru hasil kerja Klopp, salah satunya dengan memoles pemain macam Andrew Robertson.

"Bisakah Anda menyebut saya satu pemain Steady Eddy (orang yang melakukan segalanya menurut aturan dan tak mengambil resiko) yang telah tiba di Manchester City di bawah masa kepemimpinan Guardiola dan sekarang dipandang sebagai pemain unggulan di posisinya?'"

"Klopp telah melakukan keajaiban dengan individu-individu, dan secara kolektif ia telah membuat ruang ganti itu [jadi sangat harmonis]," sambungnya.

Andrew Robertson sendiri menuai sukses berkat Liverpool. Setelah tampil apik di level klub ia kemudian dipercaya menjadi kapten timnas Skotlandia.

(Mirror)

KOMENTAR