BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Andai Raphael Varane Merapat, 4 Formasi yang Cocok untuk Manchester United

03-03-2021 12:03 | Asad Arifin

Raphael Varane [kiri] ketika membela Real Madrid pada pertandingan La Liga (c) AP Photo Raphael Varane [kiri] ketika membela Real Madrid pada pertandingan La Liga (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid santer disebut akan melepas Raphael Varane pada akhir musim 2020/2021 ini. Selain Liverpool, Manchester United diklaim jadi tujuan potensial bagi bek asal Prancis.

Raphael Varane telah menolak tawaran kontrak baru dari Real Madrid. Walau kontraknya belum akan habis dalam waktu dekat, hal itu tetap memicu spekulasi tentang masa depannya.

Real Madrid, dikutip dari Mundo Deportivo, tidak keberatan untuk melepas Varane. Salah satu syarat yang diminta Los Blancos adalah proposal penawaran dengan nilai 70 juta pounds untuk transfer bek 27 tahun.

1 dari 5 halaman

Madrid Terlilit Utang

Raphael Varane sejatinya menjadi pilar penting bagi Real Madrid. Dia juga menjadi pemain dengan masa bakti panjang dan telah meraih banyak gelar. Varane juga sangat penting di ruang ganti Real Madrid.

Namun, dikutip dari Manchester Evening News, Real Madrid tidak dalam kondisi yang bagus secara finansial. Madrid terlilit utang dan berencana menjual sejumlah pemain kuncinya akhir musim nanti.

Raphael Varane disebut sebagai salah satu pemain yang mungkin dijual. United pun merespon kabar itu. Ole Gunnar Solskjaer diyakini sangat butuh jasa Varane untuk menambal lubang di lini belakang United.

Lantas, seperti apa formasi Manchester United jika Raphael Varane bergabung? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

2 dari 5 halaman

Formasi 4-2-3-1

Formasi Manchester United bersama Raphael Varane (c) BuildLineUpFormasi Manchester United bersama Raphael Varane (c) BuildLineUp

Formasi yang paling sering dipakai United pada era Solksjaer adalah 4-2-3-1. Bagi Raphael Varane, dia sangat fasih dengan formasi ini. Real Madrid dan timnas Prancis bisa memakai formasi yang sama.

Varane bisa berduet dengan Harry Maguire. Seperti saat berduet dengan Sergio Ramos, Varane akan memberi sedikit lisensi bagi Maguire untuk membantu serangan tanpa takut ada lubang di lini belakang.

Varane juga bisa membantu United mencetak gol dari situasi bola mati.

3 dari 5 halaman

Formasi 4-2-3-1 versi Ofensif

Formasi Manchester United bersama Raphael Varane (c) BuildLineUpFormasi Manchester United bersama Raphael Varane (c) BuildLineUp

Raphael Varane bisa memberikan jaminan bagi pemain United untuk tidak ragu menyerang. Sebab, dia punya kemampuan bertahan yang lengkap. Varane sangat kuat secara teknis, fisik, maupun taktikal.

Solskjaer bisa bermain lebih ofensif dengan memainkan satu gelandang bertahan. Pilihannya bisa Fred, Nemanja Matic, atau Scott McTominay. Sedangkan Paul Pogba dan Bruno Fernandes bisa leluasa menyerang.

4 dari 5 halaman

Formasi 4-3-3

Formasi Manchester United bersama Raphael Varane (c) BuildLineUpFormasi Manchester United bersama Raphael Varane (c) BuildLineUp

Formasi ini sangat familiar bagi Raphael Varane. Dia sudah bisa bermain pada formasi ini bersama Real Madrid. Jadi, kecuali jika ada peran khusus, Varane tidak butuh adaptasi dengan formasi ini.

United punya segala aspek yang dibutuhkan untuk memakai formasi 4-3-3. Solskjaer punya barisan winger yang bisa jadi penyerang. Dia juga punya gelandang yang bisa memainkan banyak peran di lapangan.

5 dari 5 halaman

Formasi 3-4-1-2

Formasi Manchester United bersama Raphael Varane (c) BuildLineUpFormasi Manchester United bersama Raphael Varane (c) BuildLineUp

Solskjaer beberapa kali memakai formasi tiga bek, khususnya saat berjumpa tim-tim besar. United bisa tampil lebih solid karena dalam situasi tertentu mereka punya lima pemain di belakang.

Raphael Varane, pada musim 2020/2021, beberapa kali bermain pada formasi tiga bek untuk Real Madrid. Harusnya, pemain 27 tahun tidak mengalami kendala berarti untuk bermain pada peran ini.

Sumber: Manchester Evening News

KOMENTAR