Analisis Penyebab Kekalahan MU: Kesalahan Lini Tengah dan Lini Depan?

Richard Andreas | 3 Oktober 2022, 12:00
Raphael Varane gagal menghentikan Erling Haaland di laga Manchester City vs Manchester United, Minggu (2/10/2022) (c) AP Photo
Raphael Varane gagal menghentikan Erling Haaland di laga Manchester City vs Manchester United, Minggu (2/10/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United harus mengakui ketangguhan Manchester City dalam duel lanjutan Premier League 2022/23, Minggu (2/10/2022). Setan Merah babak belur dengan skor 3-6 di Etihad Stadium.

Hujan sembilan gol ini membuktikan ketangguhan Man City sebagai tim juara. Pasukan Josep Guardiola tampil dominan sejak awal laga dan sudah unggul 4-0 ketika memasuki ruang ganti di jeda paruh waktu.

Kebobolan empat gol di babak pertama jadi awal bencana bagi MU. Man City terbukti terlalu tangguh bagi pasukan Erik ten Hag. Bruno Fernandes dkk. pun tampak grogi dan gugup di lapangan.

Ada banyak faktor penyebab kekalahan MU, salah satunya karena kesalahan-kesalahan sendiri di lapangan. Apa maksudnya?

1 dari 3 halaman

Kurang tenang

Kekalahan MU kali ini coba dianalisis oleh si mantan pemain, Gary Neville. Jika diperhatikan, dia yakin bahwa MU sebenarnya memulai laga dengan susunan pemain yang meyakinkan, tapi mereka kalah mental dari Man City.

"Saya tahu ada gangguan jeda internasional dan kematian Ratu, itu tidak membantu bagi tim yang sedang dalam momentum bagus. Namun, para pemain yang turun di lapangan kemarin cukup percaya diri main bersama," kata Neville.

"Persoalannya adalah kesalahan-kesalahan sendiri, grogi saat membawa bola, dan kurangnya ketenangan di lapangan."

2 dari 3 halaman

Salah di babak pertama

Neville menilai bahwa kebobolan empat gol di babak pertama bukan hanya kesalahan lini belakang. Justru dia melihat bahwa lini tengah dan lini depanlah yang tampak grogi dan mudah membuat kesalahan sendiri.

"Saya tidak bicara soal bek-bek yang menghadapi tekanan lawan, tapi soal lini tengah dan lini depan, yaitu Rashford, Eriksen, Fernandes, dan McTominay," lanjut Neville.

"Mereka dengan mudahnya kehilangan bola di babak pertama dan ketika pemain-pemain terbaik Anda tidak mengontrol bola dengan baik, kondisi tim jadi ikut negatif."

"Fakta yang paling mencolok bagi saya dari laga ini adalah betapa buruknya pemain MU di tengah dan di depan dalam mengontrol bola di babak pertama," tutupnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR