BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Analisis: Lukaku ke Chelsea, Kane ke Man City, Musim Depan Haaland ke Manchester United?

05-08-2021 09:16 | Asad Arifin

Jadon Sancho dan Erling Haaland berpose bersama trofi DFB Pokal. (c) AP Photo
Jadon Sancho dan Erling Haaland berpose bersama trofi DFB Pokal. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United mungkin diuntungkan dari dua transfer besar yang akan terjadi pada awal musim 2021/2022. United bisa mengambil untung dari transfer Romelu Lukaku ke Chelsea dan Harry Kane ke Manchester City.

Saat ini, Chelsea dalam posisi makin dekat dengan kesepakatan transfer Lukaku. Proposal transfer senilai 130 juta euro yang dilayangkan tidak dapat ditolak Inter. Lukaku pun tertarik kembali ke London Barat.

Di pihak lain, ada Man City yang bekerja keras untuk mengamankan jasa Harry Kane. Sang bomber tidak muncul dalam sesi pramusim Tottenham. Dia bersikeras untuk pindah dan mengklaim punya kesepakatan bahwa klub membolehkan pindah.

1 dari 3 halaman

Menguntungkan Bagi MU

Jurnalis Sky Sports, Dharmesh Sheth, menyebut transfer Lukaku ke Chelsea sekaligus mengakhiri ketertarikan mereka pada Erling Haaland. Chelsea tidak akan bisa membeli Lukaku dan Haaland pada bursa transfer yang sama karena harga sangat mahal.

Hal yang sama mungkin berlaku bagi Man City. Situasi di Stadion Etihad lebih rumit jika harus membeli Haaland. Sebab, selain berupaya merealisasikan transfer Kane, Man City kini sedang bekerja untuk transfer Jack Grealish.

Lantas, siapa yang diuntungkan dari dua transfer besar ini? Manchester United!

Haaland tidak akan pindah dari Dortmund musim ini. Sementara, untuk musim depan, sulit melihat Haaland bersanding dengan Lukaku di Chelsea dan Kane di Man City. Haaland mungkin akan memilih klub yang menjadikannya bintang utama dan itu adalah United.

2 dari 3 halaman

Faktor Jadon Sancho dan Solskjaer

Erling Haaland merayakan gol ke gawang Borussia Monchengladbach di pekan pertama Bundesliga 2020/2021 bersama Jadon Sancho (c) Dortmund
Erling Haaland merayakan gol ke gawang Borussia Monchengladbach di pekan pertama Bundesliga 2020/2021 bersama Jadon Sancho (c) Dortmund

Manchester United sejal lama membidik jasa Haaland. Akan tetapi, mereka melewatkan dua peluang untuk bisa membawa pemain 21 tahun itu ke Old Trafford. Musim depan, peluang itu akan datang lagi.

Haaland punya klausul yang membuatnya bisa pindah dari Dortmund dengan harga 75 juta euro pada Juni 2022 nanti. Artinya, jika menebus klausul itu, United bisa mendapatkan Haaland dengan harga lebih murah dari Lukaku dan Kane.

Ada banyak faktor yang membuat Haaland mungkin akan menerima tawaran United musim depan. United kini tengah membangun proyek besar. Selain itu, Haaland akan kembali berjumpa dengan temannya Jadon Sancho dan pelatihnya Ole Gunnar Solskjaer.

United sendiri tidak mungkin membeli Haaland musim ini. United masih punya Edinson Cavani dan Anthony Martial. Keduanya mendapat gaji yang tinggi dan masih kompetitif. Musim depan, mungkin mereka akan digantikan Haaland.

3 dari 3 halaman

Tapi....

United memang punya peluang untuk bisa membeli Haaland musim depan. Akan tetapi, United bukan satu-satunya klub yang bakal meramaikan saga transfer pemain timnas Norwegia tersebut. Ada banyak klub yang tertarik pada Haaland.

Juventus membutuhkan Haaland sebagai calon pengganti Cristiano Ronaldo. Juventus punya dukungan dana dan punya dari tarik yang besar karena peluang meraih gelar juara sangat tinggi.

Lalu, ada Real Madrid yang mencari bintang besar untuk menggantikan Karim Benzema. Jangan lupa, ada Barcelona yang telah bertemu dengan Mino Raiola dan Alfe-Inge Haaland akahir musim 2020/2021 lalu.

KOMENTAR