BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Alisson Lebih Layak Disebut Kiper Terbaik di Dunia Ketimbang Ederson, Apa Alasannya?

20-08-2021 23:15 | Dimas Ardi Prasetya

Kiper Liverpool Alisson Becker. (c) AP Photo
Kiper Liverpool Alisson Becker. (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Liverpool John Barnes mengklaim Alisson Becker lebih layak disebut kiper terbaik di dunia saat ini ketimbang Ederson.

Brasil saat ini memiliki dua penjaga gawang top kelas dunia. Mereka adalah Alisson dan Ederson.

Nama Ederson mencuat lebih dahulu bersama Manchester City. Setelah itu barulah muncul nama Alisson setelah ia dipinang Liverpool dari Roma.

Keduanya juga bersaing di bawah mistar gawang timnas Brasil. Alisson dan Ederson pun kerap bergantian mengawal gawang Selecao.

1 dari 2 halaman

Alisson Kiper Terbaik di Dunia

Alisson Becker mengawali musim dengan apik. Ia membantu Liverpool menghajar Norwich City di pekan perdana Premier League.

Alisson berperan cukup besar dalam kemenangan tersebut. Ia sempat melakukan tiga penyelamatan beruntun saat terjadi kemelut di depan gawang Liverpool.

John Barnes pun memberikan pujian setinggi langit pada Alisson. Ia merasa kiper 28 tahun itu layak dipuji sebagai kiper terbaik di muka bumi.

"Ya - saya pasti akan mengatakannya," seru Barnes pada Goal.

2 dari 2 halaman

Alasan Alisson Lebih Baik dari Ederson

John Barnes mengatakan Ederson juga merupakan kiper yang berkualitas. Akan tetapi Alisson Becker dinilainya punya nilai plus yang membuatnya layak disebut kiper terbaik dunia saat ini.

Menurut Barnes, Alisson mampu memberikan pengaruh besar pada tim yang dibelanya, khususnya Liverpool. Ia mampu menghadirkan rasa aman ekstra pada rekan-rekannya saat menyerang.

“Tentu saja Ederson di Manchester City juga ada di atas sana. Tapi Alisson adalah penjaga gawang yang fantastis dan selain hebat, ia juga membawa ketenangan yang sangat dibutuhkan tim dan saya pikir kita melihatnya ketika dirinya dan [Virgil] van Dijk datang ke klub, bagaimana semuanya menjadi tenang dan kalem," cetusnya.

“Dan kita telah melihat bahkan dengan Van Dijk bermain, tetapi ketika Alisson tidak bermain, maka mungkin kepercayaan itu tidak selalu ada. Jadi saya pikir selama tiga tahun terakhir, dirinya dan Van Dijk telah menjadi dua rekrutan yang paling penting," serunya.

"Ya, [Mohamed] Salah telah mencetak gol, tetapi cara dirinya bermain dengan keduanya sangat fantastis," tandas Barnes.

Alisson sejauh ini telah bermain sebanyak 131 kali bagi Liverpool di semua ajang kompetisi. Ia mencatatkan 60 clean sheet dan musim lalu sempat mencetak satu gol di Premier League.

(Goal)

KOMENTAR