BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Akhirnya Tuchel Sadar, Formasi Empat Bek Chelsea Oke!

25-01-2022 05:00 | Richard Andreas

Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo
Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo

Bola.net - Thomas Tuchel semakin fleksibel dalam menentukan formasi Chelsea untuk pertandingan. Tuchel tidak lagi memaksakan formasi tiga bek seperti beberapa bulan lalu.

Chelsea-nya Tuchel memang dikenal dengan formasi tiga bek yang mematikan. Mereka bisa bermain begitu dominan, menyerang dengan kecepatan pemain-pemain sayap.

Masalahnya, formasi tiga bek ini mulai tidak bekerja sejak akhir tahun 2021 lalu. Chelsea kehilangan banyak pemain penting yang jadi pilar taktik tersebut.

Di tengah situasi sulit itu, Tuchel masih bersikeras memainkan formasi yang sama, tanpa ada perubahan. Karena itulah dia sempat dikritik keras.

1 dari 3 halaman

Formasi 4-1-4-1

Tuchel menurunkan formasi empat bek lawan Tottenham di leg pertama semifinal Carabao Cup, hasilnya memuaskan. The Blues menang 2-0 di Stamford Bridge dan tampak nyaman dengan formasi tersebut.

Di leg kedua, Tuchel mempertahankan formasi 4-4-2. Namun, terlihat Chelsea tidak bermain sebaik di leg pertama. Tuchel belum puas dengan formasi tersebut.

Lalu, dalam duel Premier League kemarin (23/1/2022), Tuchel membuat kejutan dengan formasi 4-1-4-1 dalam duel kontra Spurs di Premier League. hasilnya memuaskan, Chelsea mengontrol pertandingan dengan baik.

2 dari 3 halaman

Kata Tuchel

Keputusan Tuchel mengubah formasi jadi 4-1-4-1 kemarin terbilang memuaskan. Sebagian pemain tampil menonjol karena bisa turun di posisi favorit mereka, contohnya Hakim Ziyech.

"Kami mencoba formasi 4-1-4-1 hari ini karena sebelumnya kami bermain dengan 4-4-2 lawan mereka di leg pertama dan itu menguntungkan, tapi kemudian mereka merespons di leg kedua," kata Tuchel.

Tentunya perubahan formasi empat bek itu tidak permanen. Tuchel masih lebih menyukai formasi tiga bek, khususnya jika setiap pemain fit.

Meski begitu, paling tidak sekarang Tuchel menyadari bahwa timnya juga bisa bermain sangat baik dengan formasi empat bek.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

Sumber: Football London

KOMENTAR