BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ajaib! Cederai Van Dijk, Pickford tak Bakal Kena Hukuman dari FA

19-10-2020 19:24 | Dimas Ardi Prasetya

Momen ketika Virgil van Dijk mendapatkan tekel brutal dari Jordan Pickford di Derby Merseyside antara Everton vs Liverpool. (c) Pool Getty via AP Photo
Momen ketika Virgil van Dijk mendapatkan tekel brutal dari Jordan Pickford di Derby Merseyside antara Everton vs Liverpool. (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Jordan Pickford dikabarkan tak akan mendapatkan hukuman dari pihak FA meski telah melakukan pelanggaran yang membuat bek Liverpool Virgil van Dijk cedera parah.

Duel Everton vs Liverpool pada matchday kelima Premier League 2020-21 pada hari Sabtu (17/10/2020) kemarin menciptakan kontroversi besar. Di laga itu Pickford melayangkan tekel gunting pada Van Dijk.

Alhasil lutut kanan bek Belanda itu cedera ACL. Dari pemeriksaan scan, Van Dijk diketahui harus menjalani operasi agar bisa memulihkan cederanya.

Pickford sendiri tak mendapatkan kartu kuning atau pun merah dari insiden itu. Namun ada dugaan ia bisa saja mendapatkan hukuman dari pihak FA.

1 dari 2 halaman

Pickford Lolos dari Hukuman FA

Akan tetapi kini muncul kabar menyesakkan bagi Liverpool dan Virgil van Dijk. Jordan Pickford tak akan dikenai sanksi dari pihak FA.

Kabar ini disampaikan oleh Sky Sport. Laporan itu menyebut bahwa pihak FA hanya akan mempertimbangkan hukuman retrospektif untuk insiden yang tidak dilihat oleh ofisial pertandingan di lapangan atau di markas VAR di Stockley Park.

Insiden antara Van Dijk dan Pickford sendiri disebut sudah masuk dalam pantauan wasit yang bertugas menangani VAR tersebut yakni David Coote. Namun Coote memutuskan bahwa pelanggaran sang kiper tak layak diberi kartu merah.

Liverpool sendiri sebelumnya dikabarkan sudah mengontak asosiasi yang menaungi para wasit, PGMOL. Mereka meminta klarifikasi atas sejumlah keputusan yang dianggap merugikan tim asuhan Jurgen Klopp tersebut.

2 dari 2 halaman

Pickford Panen Kecaman

David Coote memang menganggap insiden tekel Jordan Pickford pada Virgil van Dijk itu tak layak mendapat kartu merah. Namun banyak pandit yang menyebut tekel brutal itu harusnya berbuah pengusiran pada Pickford.

Salah satunya adalah eks pemain Chelsea, Tony Cascarino. Ia menyebut tekel brutal itu sama parahnya dengan tekel Roy Keane pada Alf-Inge Haaland dulu.

"Kartu kuning diberikan dengan mudah dan cepat di insiden yang kecil, dan saat anda melihat tekel itu, sama buruknya dengan yang dilakukan Roy Keane kepada Alf-Inge Haaland," cetus Cascarino, via Express.

"Kita berbicara soal tekel yang berbahaya dan memakai dua kaki saat menerjang dengan sembrono - Jordan Pickford adalah yang terburuk dari segalanya," kritiknya.

Saat Jordan Pickford lolos dari sanksi, Virgil van Dijk harus menunggu dirinya masuk ke meja operasi. Ada kemungkinan bek 29 tahun itu bisa absen lebih dari enam bulan.

(Sky Sports)

KOMENTAR