BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Aduh, 4 Bintang Liverpool Bisa Absen di Bulan September karena Aturan FIFA

17-08-2021 06:06 | Yaumil Azis

Ekspresi Mohamed Salah usai menjebol gawang lawan, Norwich vs Liverpool, Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Ekspresi Mohamed Salah usai menjebol gawang lawan, Norwich vs Liverpool, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Batu kerikil kecil sepertinya akan mengganggu perjalanan Liverpool mengarungi Premier League 2021/22. Pada bulan September nanti, mereka terancam tak bisa diperkuat oleh empat pemain bintangnya.

Langkah perdana the Reds sudah dimulai pada akhir pekan kemarin. Pertandingan melawan Norwich City yang digelar di Carrow Road berhasil dimenangkan James Milner dkk dengan skor telak 3-0.

Ketiga golnya dipersembahkan oleh barisan penyerangnya, yakni Diogo Jota, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah. Hasil ini seolah menunjukkan bahwa Liverpool siap untuk merebut takhta juara Premier League lagi seperti di musim 2019/20.

Namun, meraih titel Premier League tidaklah mudah. Liverpool bahkan sudah harus bersiap menghadapi batu kerikil yang menantinya di bulan September nanti. Batu kerikil ini punya kaitan erat dengan regulasi yang ditetapkan FIFA.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Regulasi FIFA

Pada awal tahun ini, FIFA menghentikan aturan yang membolehkan klub untuk mencegah pemainnya ikut laga internasional kalau masih ada regulasi terkait pembatasan perjalanan atau karantina lima hari setelah kembali ke klub.

Artinya, Liverpool tidak lagi punya wewenang untuk menahan para pemainnya memperkuat negara masing-masing. Bukan masalah seharusnya kalau mereka tidak memiliki pemain yang asalnya dari luar benua Eropa seperti Brasil atau Mesir.

Kedua negara tersebut masuk dalam daftar merah Pemerintah Inggris terkait perjalanan antar negara. Sebagai informasi, orang yang tiba dari negara daftar merah diharuskan untuk menjalani proses karantina selama 10 hari.

2 dari 2 halaman

4 Pemain Terancam Absen

Pekan internasional terdekat akan digelar di bulan September. Brasil akan menjalani tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL, di mana yang terakhir dilangsungkan pada tanggal 10 September 2021 - tiga hari sebelum the Reds bertemu Leeds United.

Tiga pemain Liverpool diyakini akan memperkuat Brasil pada laga tersebut, yakni Roberto Firmino, Fabinho, dan juga Alisson Becker. Mengingat sedikitnya jeda waktu antar laga, mereka dipastikan takkan ikut serta kalau mendapat panggilan dari Brasil.

Regulasi karantina juga akan menghalangi ketiganya tampil saat Liverpool bertemu Crystal Palace di Premier League, pada laga pertama fase grup Liga Champions dan mungkin babak ketiga FA Cup. Hal yang sama juga berlaku buat Mohamed Salah yang kemungkinan akan dipanggil oleh Timnas Mesir.

(Mirror)

KOMENTAR