Adrien Rabiot dan Para Pemain dengan Dribble Terbaik di Kompetisi Eropa

Gia Yuda Pradana | 10 Agustus 2022, 13:55
Gelandang Timnas Prancis, Adrien Rabiot. (c) AP Photo
Gelandang Timnas Prancis, Adrien Rabiot. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United terus berupaya menambah amunisi mereka pada bursa transfer musim panas 2022/2023. Kali ini, pemain yang menjadi bidikan Setan Merah adalah Adrien Rabiot.

Rabiot diplot untuk menambah kekuatan lini tengah United. Hal ini tak lepas dari evaluasi Erik Ten Hag terhadap permainan timnya, kala dikalahkan Brighton and Hove Albion, akhir pekan lalu.

Dalam laga tersebut, United tak memiliki pemain yang bisa menjadi penyambung antara lini belakang dan lini tengah mereka. Duet Fred dan Scott McTominay gagal menjalankan peran tersebut.

Kebutuhan ini sejatinya sudah sejak lama menjadi perhatian Ten Hag. Terbukti, sejak awal, pelatih asal Belanda ini meminta agar Frenkie de Jong didatangkan ke Old Trafford. Namun, sampai saat ini, proses transfer De Jong masih belum menemui titik terang. Tak mau menunggu dalam ketidakpastian, Ten Hag mengalihkan bidikannya kepada Rabiot.

Kendati bukan sebagai pilihan utama, Rabiot bukan pemain sembarangan. Pemain asal Prancis tersebut memiliki kemampuan apik sebagai penyambung alur permainan. Selain itu, Rabiot juga merupakan pemain dengan kemampuan dribble ciamik.

Kemampuan dribble Rabiot merupakan salah satu yang terbaik. Pemain Juventus ini -dalam catatan laman Whoscored- memiliki rataan dribble sukses yang luar biasa. Bahkan, ia masuk ke dalam daftar pemain dengan rataan dribble sukses di kompetisi Eropa musim lalu.

Ada sejumlah pemain, termasuk Rabiot, yang masuk ke dalam daftar tersebut. Siapa saja selengkapnya para pemain tersebut? Berikut enam orang di antara mereka.

1 dari 6 halaman

Etienne Capoue - 74,5%

Etienne Capoue dikepung dua pemain lawan di laga Villarreal vs Bayern Munchen, Liga Champions 2021/22 (c) AP Photo

Etienne Capoue dikepung dua pemain lawan di laga Villarreal vs Bayern Munchen, Liga Champions 2021/22 (c) AP Photo

Di peringkat keenam dalam daftar enam pesepak bola dengan tingkat sukses dribble tertinggi di kompetisi Eropa musim lalu ada nama Etienne Capoue. Gelandang asal Prancis tersebut memiliki tingkat dribble sukses sebesar 74,5% musim lalu.

Capoue sendiri mencatatkan rata-rata 1,4 dribble per pertandingan di ajang La Liga. Semusim lalu, total, pemain Villarreal ini mencatatkan 42 dribble. Dari 42 dribble tersebut, 31,29 dribble di antaranya sukses melewati pemain lawan.

Selain apik melewati lawan, Capoue juga apik dalam mendistribusikan bola. Di ajang La Liga musim lalu, pemain berusia 34 tahun tersebut melepas total 1.314 umpan dengan akurasi mencapai 88,4%.

2 dari 6 halaman

Santiago Comesana - 75%

Urutan kelima dalam daftar enam pesepak bola dengan tingkat sukses dribble tertinggi di kompetisi Eropa musim lalu ditempati Santiago Comesana dari Rayo Vallecano. Musim lalu, gelandang asal Spanyol tersebut mencatatkan tingkat dribble sukses sebesar 75%.

Musim lalu, Comesana mencatatkan rata-rata 1,8 dribble di kompetisi La Liga. Total, dalam semusim, ia mencatatkan 63 upaya dribble. Dari 63 upaya dribble tersebut, 48 dribble di antaranya berhasil melewati adangan lawan.

Berposisi sebagai gelandang, Comesana juga apik dalam mengalirkan bola. Musim lalu, ia mencatatkan 1383 umpan akurat dari 1.672 umpan yang dilepaskannya.

3 dari 6 halaman

Adrien Rabiot - 77,2%

Duel antara Edin Dzeko dan Adrien Rabiot di laga Juventus vs Inter Milan pada pekan ke-31 Serie A di Allianz Stadium, Senin (04/04/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Duel antara Edin Dzeko dan Adrien Rabiot di laga Juventus vs Inter Milan pada pekan ke-31 Serie A di Allianz Stadium, Senin (04/04/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Adrien Rabiot menempati posisi empat dalam daftar enam pesepak bola dengan tingkat sukses dribble tertinggi di kompetisi Eropa musim lalu. Gelandang asal Prancis tersebut mencatatkan tingkat dribble sukses sebesar 77,2% pada musim lalu.

Rata-rata, musim lalu, Rabiot melakukan 1,4 dribble dalam tiap pertandingan. Secara total, pemain Juventus tersebut mencatatkan 45 percobaan dribble musim lalu. Dari 45 percobaan tersebut, 35 dribble di antaranya sukses melewati lawan.

Rabiot juga memiliki kemampuan apik dalam bertahan. Musim lalu, ia mencatatkan 64 tackle, 19 intersep, dan 32 sapuan.

4 dari 6 halaman

Adama Traore - 78,1%

Aksi Adama Traore dalam laga Barcelona vs Villarreal, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo

Aksi Adama Traore dalam laga Barcelona vs Villarreal, Senin (23/5/2022) (c) AP Photo

Di urutan ketiga dalam daftar enam pesepak bola dengan tingkat sukses dribble tertinggi di kompetisi Eropa musim lalu ada nama Adama Traore. Musim lalu, winger asal Spanyol ini mencatatkan tingkat dribble sukses sebesar 78,1%.

Musim lalu, Traore memperkuat dua klub. Awal musim, Traore memperkuat klub Premier League, Wolverhampton Wanderers. Kemudian, pada bursa transfer musim dingin, ia dipinjamkan ke klub La Liga, Barcelona.

Bersama Wolves, Traore mencatatkan rata-rata 4,2 percobaan dribble. Total, bersama klub tersebut, ia mencatatkan 84 upaya dribble. Kemudian, kala memperkuat Barcelona, Traore mencatatkan 24 upaya dribble. Dari 108 upaya dribble tersebut, 85 di antaranya terhitung sukses melewati pemain lawan.

Tak hanya jago dribble, Traore juga agresif melepas tembakan ke gawang lawan. Musim lalu, tercatat, ia melepas 32 tembakan ke gawang lawan.

5 dari 6 halaman

Marco Verratti - 80,7%

Kylian Mbappe (kanan) dan Marco Verratti setelah laga Real Madrid vs PSG di leg kedua 16 besar Liga Champions di Bernabeu, Kamis (10/3/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Kylian Mbappe (kanan) dan Marco Verratti setelah laga Real Madrid vs PSG di leg kedua 16 besar Liga Champions di Bernabeu, Kamis (10/3/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Posisi dua dalam daftar enam pesepak bola dengan tingkat sukses dribble tertinggi di kompetisi Eropa musim lalu ditempati Marco Verratti. Gelandang asal Italia ini mencatatkan tingkat dribble sukses sebesar 80,7% musim lalu.

Verratti, rata-rata, mencatatkan 1,9 upaya dribble dalam tiap pertandingan musim lalu. Total, sepanjang musim lalu, penggawa PSG tersebut mencatatkan 46 upaya dribble. Dari 46 upaya tersebut, 37 dribble di antaranya sukses melewati adangan lawan.

Piawai melewati adangan lawan, Verratti juga mumpuni dalam mengadang serangan lawan. Musim lalu, pemain berusia 29 tahun ini mencatatkan 60 tackle, 19 intersep, sepuluh sapuan, dan sepuluh blok.

6 dari 6 halaman

Frenkie de Jong - 85%

Gelandang Barcelona Frenkie De Jong dalam laga melawan Real Sociedad di Reale Arena pada lanjutan La Liga, Jumat (22/4/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Gelandang Barcelona Frenkie De Jong dalam laga melawan Real Sociedad di Reale Arena pada lanjutan La Liga, Jumat (22/4/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Frenkie de Jong menempati peringkat pertama dalam daftar enam pesepak bola dengan tingkat sukses dribble tertinggi di kompetisi Eropa musim lalu. Musim lalu, gelandang asal Belanda tersebut mencatatkan tingkat dribble sukses sebesar 85%.

De Jong mencatatkan rata-rata 1,6 dribble dalam tiap pertandingan musim lalu. Secara keseluruhan, pada musim lalu, pemain asal Belanda tersebut mencatatkan 51 percobaan dribble. Dari 51 upaya tersebut, 44 di antaranya berhasil melewati lawan.

De Jong tak hanya piawai membawa bola melewati adangan lawan. Ia pun ciamik dalam mengirimkan umpan ke rekan satu tim. Musim lalu, akurasi umpan pemain berusia 25 tahun tersebut mencapai 91,3%. Dari 1.639 umpan yang ia lepaskan, 1491 di antaranya tepat sasaran.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR