9 Gol dari 101 Sentuhan, Erling Haaland Fenomenal!

Asad Arifin | 1 September 2022, 06:56
9 Gol dari 101 Sentuhan, Erling Haaland Fenomenal!
Penyerang Manchester City Erling Haaland merayakan gol ke gawang Nottingham Forest dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-5, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Erling Haaland memberi warna baru bagi Manchester City dan Premier League musim 2022/2023. Haaland menjadi monster gol dan membuat dua hattrick dari lima laga pertamanya.

Man City berpesta gol ketika menjamu Nottingham pada pekan ke-5 Premier League, Kamis 1 September 2022. Pada duel yang digelar di Stadion Etihad tersebut, Man City menang dengan skor 6-0.

Hasil ini membuat Man City menempel ketat Arsenal di klasemen Premier League. Man City meraih 13 poin dan berada di posisi kedua klasemen, hanya terpaut dua poin dari Arsenal yang kini berada di puncak klasemen.

Sebelum menggelontor gawang Nottingham dengan enam gol, Man City juga menang dengan skor 4-2 atas Crystal Palace akhir pekan lalu. Pada dua laga tersebut, Haaland menjadi bintang bagi Man City.

1 dari 4 halaman

Fenomenal!

Erling Haaland punya reputasi yang sangat bagus ketika masih bermain di Dortmund dan FC Salzburg. Namun, pada awal kedatangannya ke Man City, Haaland sempat diragukan. Apalagi, dia tampil kurang meyakinkan di Community Shield.

Haaland kemudian memberi jawaban ketika Premier League 2022/2023 dibuka. Pada laga perdana, Haaland mencetak brace ke gawang West Ham. Haaland membawa Man City menang dengan skor 2-0.

Sempat absen mencetak gol pada duel lawan Bournemouth, setelah itu Haaland tidak terbendung. Haaland mencetak gol pada tiga laga beruntun. Haaland mencetak tujuh gol hanya dalam tiga laga terakhir.

Dua laga terakhir memberi kesan yang sangat fenomenal. Haaland mencetak hattrick ke gawang Crystal Palace pada durasi 19 menit. Sementara, pada duel lawan Crystal Palace, pemain 22 tahun itu membuat hattrick ketika laga baru berusia 38 menit.

2 dari 4 halaman

Monster Kotak Penalti

Penyerang Manchester City Erling Haaland berusaha menembak dari penjagaan ketat bek Nottingham Forest Joe Worrall dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-5, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB. (c)

Penyerang Manchester City Erling Haaland berusaha menembak dari penjagaan ketat bek Nottingham Forest Joe Worrall dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-5, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB. (c)

Pep Guardiola menyiapkan Erling Haaland untuk menjadi 'nomor 9' di Man City. Pep bahkan sampai mengubah gaya bermain dan melepas sejumlah pemain untuk bisa mewadahi dan memaksimalkan potensi bomber Timnas Norwegia tersebut.

Haaland, dikutip dari ESPN, hanya butuh 101 sentuhan bola untuk mencetak sembilan gol. Artinya, Haaland memang tidak banyak terlibat dalam permainan (sentuhan bola) tetapi sangat berbahaya ketika mendapat peluang.

Dikutip dari Whoscored, Haaland melepas 22 shots dari lima laga awal di Premier League 2022/2023. Dari 22 shots itu, hanya satu yang terjadi di luar kotak penalti. Haaland menjadi 'monster' di dalam kotak penalti.

3 dari 4 halaman

Penyerang Terbaik

Striker Manchester City Erling Haaland dan Josep Guardiola. (c) AP Photo

Striker Manchester City Erling Haaland dan Josep Guardiola. (c) AP Photo

Hattrick beruntun membuat Erling Haaland mendapat banyak pujian. Tidak banyak pemain yang bisa melakukannya di Premier League, apalagi pada usia 22 tahun. Kehebatan Haaland bahkan diakui oleh pelatih lawan.

"Haaland brilian. Dia punya bakat yang besar," kata pelatih Nottingham, Steve Cooper.

Mantan pemain Man City, Dion Dublin, meyakini bahwa banyak hal hebat yang bisa dicapat Haaland di Premier League ke depannya. "Man City memiliki penyerang terbaik di dunia saat ini. Jika dia bertahan di Premier League, dia akan memecahkan setiap rekor," kata Dublin.

Sumber: ESPN, Whoscored, BBC

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR