BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

7 Pemain Terbaik Chelsea Sejauh Ini: Nomor Satu Mengejutkan Nggak Sih?

28-12-2020 12:00 | Afdholud Dzikry

Timo Werner dan Mason Mount merayakan gol Chelsea ke gawang Southampton di pekan kelima Premier League musim 2020/2021 (c) AP Photo
Timo Werner dan Mason Mount merayakan gol Chelsea ke gawang Southampton di pekan kelima Premier League musim 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Performa Chelsea disorot ketika dikalahkan Arsenal akhir pekan lalu. Banyak pengamat menilai, inkonsistensi adalah penyakit yang harus segera ditemukan obatnya oleh Frank Lampard selaku manajer tim.

Chelsea datang ke Emirates dengan kepercayaan tinggi, Minggu (27/12/2020) dini hari berkat modal kemenangan 3-0 atas West Ham di laga sebelumnya. Sementara itu tuan rumah Arsenal justru menyongsong laga ini dengan sederet hasil negatif, di mana The Gunners tak pernah menang sejak terakhir kalah menang 1-0 atas Manchester United pada awal November lalu.

Namun yang terjadi di lapangan di luar prediksi banyak orang. Alih-alih menang atau mencuri poin tandang, Thiago Silva dkk justru dipermalukan dengan skor 3-1. Tiga gol kemenangan dari Alexandre Lacazette, Granit Xhaka, dan Bakayo Saka hanya mampu dibalas lewat gol Tammy Abraham.

Performa pemain Chelsea selama 15 laga Premier League yang sudah dijalani memang naik turun. Di satu laga mereka tampil brilian dan menakutkan, namun tak jarang juga melempem tak sesuai harapan.

Memasuki akhir tahun 2020, menarik untuk melihat siapa sih pemain terbaik Chelsea sejauh ini di musim 2020-2021. Berdasarkan catatan statistik dari Whoscored, berikut daftar pemain The Blues dengan rating terbaik dan memiliki 5 penampilan atau lebih di Premier League.

1 dari 8 halaman

7. Hakim Ziyech (7.04)

Pemain Chelsea, Hakim Ziyech (c) AP Photo
Pemain Chelsea, Hakim Ziyech (c) AP Photo

Banyak yang percaya bahwa Hakim Ziyech adalah sumber kreativitas utama dalam permainan Chelsea. Bisa dilihat, ketika ia bermain permainan The Blues membaik dan hasil positif didapatkan. Sebaliknya ketika ia harus menepi karena cedera.

Di Premier League, Ziyech baru bermain 7 laga dengan 5 di antaranya sebagai starter. Dalam waktu itu, pemain Maroko berusia 27 tahun mampu membuat 1 gol dan 3 assist.

Untuk urusan umpan kunci, Ziyech pun tak perlu lagi diragukan kemampuannya. Dengan jumlah laga yang minim itu, ia mampu melepas rata-rata 1.7 umpan kunci, terbaik kedua setelah Mason Mount. Dan Whoscored memberikan rating 7.04 untuk mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut.

2 dari 8 halaman

6. Tammy Abraham (7.04)

Selebrasi Tammy Abraham, striker Chelsea. (c) AP Photo
Selebrasi Tammy Abraham, striker Chelsea. (c) AP Photo

Tammy Abraham merupakan top skor Chelsea di Premier League sejauh ini dengan torehan 6 gol dan 1 assist. Dari 15 laga Chelsea di Premier League, Tammy sudah tampil di 14 laga The Blues dengan 8 laga di antaranya sebagai starter, sisanya sebagai pemain pengganti.

Menurut catatan Whoscored, Tammy adalah pemain keenam dengan rating terbaik di skuad Chelsea dengan rating 7.04. Dari 14 laga Premier League, Tammy rata-rata melepas 1.9 tembakan per laga, memenangi rata-rata 2.3 duel udara per laga.

3 dari 8 halaman

5. Reece James (7.06)

Pemain Chelsea, Reece James. (c) AP Photo
Pemain Chelsea, Reece James. (c) AP Photo

Reece James menjadi salah satu dari beberapa pemain akademi Chelsea yang dipercaya Lampard promosi ke tim utama. Sejak musim lalu, Reece James sudah mendapatkan banyak kesempatan bermain dari Lampard untuk mengisi pos bek kanan.

Bahkan musim ini pos bek kanan telah menjadi miliknya, menggeser sang kapten tim, Cesar Azpilicueta. Dan dari catatan Whoscored, pemain 21 tahun ini memiliki rating 7.06 dan sudah mencetak 1 gol dan 2 assist.

Dari sisi defensif, James rata-rata membuat 2.1 tekel per laga, dan 1.8 sapuan. Sementara dari sisi ofensif, dia melepas 1.2 tembakan per laga dan membuat 1.3 umpan kunci per laga. Bukan itu saja, rata-rata ia juga membuat 1.5 umpan silang, dan 58.8 umpan per laga serta prosentasi umpan suksesnya mencapai 88.6%.

4 dari 8 halaman

4. Timo Werner (7.07)

Striker Chelsea, Timo Werner (c) AP Photo
Striker Chelsea, Timo Werner (c) AP Photo

Ketika didatangkan pada musim panas lalu, banyak yang yakin bahwa Timo Werner akan melanjutkan performa apik seperti yang ia tunjukkan di musim terakhir bersama RB Leipzig. Musim lalu, Werner mampu mencetak 28 gol dari 34 laga untuk Leipzig.

Namun kritikan datang ketika musim berjalan bersama Chelsea. Bukan hanya karena performa Werner, tapi juga karena keputusan Lampard memainkannya mayoritas sebagai winger kiri, bukan sebagai penyerang utama.

Meskipun begitu, Werner tetap mampu mengoleksi 4 gol dan 4 assist. Torehan yang tak bisa dikatakan buruk bagi seorang pemain yang bermain di bukan posisi terbaiknya.

Menurut catatan statistik Whoscored, Werner memiliki rating 7.07 yang merupakan nomor 4 terbaik untuk pemain yang memiliki 5 penampilan atau lebih di skuad Chelsea.

5 dari 8 halaman

3. Ben Chilwell (7.21)

Pemain Chelsea, Ben Chilwell, merayakan golnya ke gawang Crystal Palace dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (3/10/2020). (c) AP Photo
Pemain Chelsea, Ben Chilwell, merayakan golnya ke gawang Crystal Palace dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (3/10/2020). (c) AP Photo

Frank Lampard adalah penggemar Ben Chilwell. Bahkan ketika sang pemain masih bermain di Leicester City, Lampard tak menampik bahwa Chilwell adalah bek kiri pilihan pertama dalam sistem permainannya.

Dan pada musim panas lalu, Chilwell pun didatangkan ke Stamford Bridge. Sejauh ini, bek timnas Inggris ini sudah tampil di 12 laga Premier League dengan membuat 2 gol dan 3 assist.

Dari sisi defensif, Chilwell tercatat rata-rata melakukan 1.5 tekel per laga, 1 intersep, dan 2 sapuan per laga. Sementara itu dari sisi ofensif, selain torehan gol dan assist, bek 24 tahun ini juga rata-rata membuat 1.3 umpan kunci, 1.3 umpan silang, dan rata-rata memiliki prosentasi umpan sukses mencapai 81.4% per laga. Catatan yang apik untuk seorang bek sayap.

6 dari 8 halaman

2. Kurt Zouma (7.28)

Kurt Zouma (c) AP Photo
Kurt Zouma (c) AP Photo

Di tangan Frank Lampard, Kurt Zouma seperti terlahir kembali. Sempat diperkirakan tak akan bisa kembali ke performa terbaik setelah cedera ACL beberapa musim silam, pelan tapi pasti kepercayaan diri Zouma kembali.

Musim ini Zouma menunjukkan bahwa dia adalah bek terbaik The Blues. Di awal musim, Lampard memang sering mengotak-atik komposisi pertahanan, namun siapa pun yang dipilih, selalu ada nama Zouma. Sejauh ini, bek Prancis tersebut telah tampil di 14 laga Premier League atau total 1260 menit bermain.

Secara statistik bahkan memperlihatkan bahwa Zouma adalah pemain terbaik kedua Chelsea. Selain torehan 4 gol sejauh ini, catatan yang sangat bagus untuk seorang bek, Zouma juga memiliki rata-rata memenangi 3,9 duel udara per pertandingan. Selain itu, ia juga membuat rata-rata 0.6 tekel sukses, 1.1 intersep, dan 4.8 sapuan per pertandingan.

7 dari 8 halaman

1. Mason Mount (7.37)

Mason Mount menjadi pemain dengan rating terbaik di skuad Chelsea. (c) AP Photo
Mason Mount menjadi pemain dengan rating terbaik di skuad Chelsea. (c) AP Photo

Berdasarkan catatan statistik dari Whoscored, Mason Mount adalah pemain dengan rating terbaik di skuad Chelsea. Produk akademi Chelsea ini hampir selalu menjadi andalan Frank Lampard di laga Premier League.

Di liga, Mount sudah tampil 14 kali dari 15 laga Chelsea sejauh ini dengan 13 di antaranya sebagai starter. Keputusan Lampard banyak memberi menit bermain kepada Mount ini banyak menimbulkan pro dan kontra. Namun melihat kontribusinya, bisa jadi pemain 21 tahun ini memang layak untuk dipercaya Lampard.

Dalam 14 penampilannya, Mount tercatat membuat satu gol dan 3 assist dengan rata-rata melepas 2 tembakan per laga. Selain itu, ia juga mencatatkan rata-rata 2,2 umpan kunci per laga yang merupakan terbaik di skuad Chelsea, kemudian 48,3 umpan per laga, dan memiliki prosentasi umpan sukses mencapai 86,2%.

Sumber: Whoscored

8 dari 8 halaman

KOMENTAR