BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

7 Algojo Penalti Liverpool yang Paling Produktif, Salah Satunya James Milner

08-04-2020 11:00 | Aga Deta

James Milner pamerkan trofi Liga Champions 2018-19. (c) AP Photo James Milner pamerkan trofi Liga Champions 2018-19. (c) AP Photo

Bola.net - James Milner merupakan satu di antara pemain senior yang ada di skuad Liverpool. Ia juga sering dipercaya untuk mengambil penalti oleh Jurgen Klopp.

Mengemban tugas jadi eksekutor penalti bukan perkara mudah bagi pesepak bola. Tak hanya ketepatan dalam mengarahkan bola ke gawang, tetapi ketenangan pemain saat menendang juga memengaruhi keberhasilan penalti.

Keadaan di lapangan juga tidak selalu memengaruhi keberhasilan pemain dalam mengeksekusi penalti. Banyak berlatih penalti akan membawa keuntungan bagi sang pemain, terutama sebagai antisipasi jika laga harus berakhir dengan adu penalti.

Bahkan, pemain berlabel bintang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo juga pernah gagal saat penalti. Di sisi lain, ada sejumlah pemain yang memang mampu menendang penalti dengan baik.

Pemain Liverpool lainnya yang piawai mencetak gol melalui penalti ialah Steven Gerrard. Pemain asal Inggris itu menunjukkan kapasitasnya dalam mengeksekusi penalti pada 2014.

Kala itu, Gerrard mampu mengonversi dua penalti dengan baik, sekaligus membawa Liverpool menang atas West Ham United dengan skor 2-1 di Premier League.

Eks kapten Liverpool itu mempunyai kemampuan sangat baik dalam mengeksekusi penalti. Tak hanya itu, banyak juga pemain the Reds yang hebat dalam hal menendang penalti.

Berikut ini 7 eksekutor penalti Liverpool paling produktif seperti dilansir Liverpool.com.

1 dari 7 halaman

1. Steven Gerrard

Hingga kini belum ada yang melampaui catatan sukses Steven Gerrard dalam urusan penalti. Dengan skill dan mental yang baik membuat Gerrard kerap sukses mengeksekusi penalti.

Gol pertama Gerrard melalui titik putih kali pertama dicatatkan saat melawan Birmingham City pada 2003. Adapun gol terakhir Gerard dari penalti dicetak saat bersua Tottenham Hotspur, yakni 11 tahun setelah gol penalti pertamanya.

Sepanjang kariernya di Liverpool, Steven Gerarad total mencetak 47 gol melalui tendangan 12 pas.

2 dari 7 halaman

2. Jan Molby

Saat berseragam Liverpool, Jan Molby hanya gagal melesakkan bola melalui titik putih sebanyak tiga kali. Total, 42 gol disarangkan Molby lewat penalti.

Menariknya, Molby pernah mencetak hattrick dari penalti, yakni saat bersua Coventry City pada 1986.

3 dari 7 halaman

3. Phil Neal

Phil Neal merupakan pemain pertama yang mencetak gol melalui penalti dalam 90 menit laga final Piala Eropa. Catatan tersebut ditorehkan saaat Liverpool meraih kemenangan 3-1 atas Borussia Moenchengladbah di Roma pada 1977.

Sepanjang membela panji Liverpool, Phil Neal mencetak 38 gol dari titik putih.

4 dari 7 halaman

4. Billy Liddel

Dua menit setelah mencetak penalti pertamanya untuk Liverpool melawan Middlesbrough, Billy Liddell justru gagal pada percobaan keduanya. Namun, kegagalan tersebut jarang terjadi sepanjang kariernya di Liverpool.

Total 34 gol berhasil ia catatkan melalui titik putih saat berseragam the Reds.

5 dari 7 halaman

5. Tommy Smith

Tommy Smith dengan senang hati mengambil tanggung jawab dari titik penalti. Meski, posisinya sebagai bek.

Smith mampu menyarangkan 22 gol lewat penalti bersama Liverpool.

6 dari 7 halaman

6. Robbie Fowler

Robbie Fowler dikenal pernah menolak menendang penalti karena merasa tidak dilanggar. Fowler menolaknya dengan cara sengaja menggagalkannya saat sudah bersiap menendang penalti.

Momen tersebut terjadi pada 1997 saat Liverpool bersua Arsenal. Aksi Fowler tersebut langsung dipuji oleh UEFA.

Selama memperkuat the Reds, Fowler mampu mengemas 20 gol melalui penalti.

7 dari 7 halaman

7. James Milner

Wakil kapten Liverpool, James Milner, terus menaiki daftar pencetak gol terbanyak Liverpool melalui penalti. Musim ini, Milner sudah mencatatkan tiga gol lewat titik putih.

Dalam lima musim terakhir, Milner hanya gagal mengeksekusi penalti sebanyak dua kali. Total Milner sudah memasukkan 19 gol dari titik putih.

Angka tersebut tentunya masih bisa bertambah karena James Milner masih aktif bermain untuk Liverpool.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Faozan Tri Nugroho/Editor Aning Jati
Published: 7 April 2020

KOMENTAR