BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

6 Pelajaran dari Duel Manchester United vs Liverpool: Bruno Fernandes Sang Pembeda

25-01-2021 09:30 | Dimas Ardi Prasetya

Gelandang Manchester United Bruno Fernandes merayakan golnya ke gawang Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool PA via AP Photo Gelandang Manchester United Bruno Fernandes merayakan golnya ke gawang Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool PA via AP Photo

Bola.net - Manchester United sukses mengalahkan Liverpool di laga babak keempat FA Cup 2020-21 di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB.

Duel big match antara Manchester United vs Liverpool ini berlangsung dengan seru. Kedua tim saling balas mencetak gol.

Liverpool bisa unggul lebih dahulu melalui Mohamed Salah. Namun Mason Greenwood bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Setelah itu, Marcus Rashford membuat MU berbalik unggul 2-1. Namun Liverpool berhasil menyamakan skor melalui Salah.

Man United bisa mencetak gol ketiganya melalui tendangan bebas apik Bruno Fernandes. Ia menjebol gawang Alisson Becker dari jarak sekitar 16 meter. Bola melesat ke pojok kiri gawang Liverpool.

Dari pertandingan Manchester United lawan Liverpool ini, apa saja pelajaran yang bisa dipetik? Simak ulasannya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Mason Greenwood, Pecah Telur, dan Rooney

Penyerang Manchester United Mason Greenwood saat beraksi menjebol gawang Liverpool, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool Getty via AP Photo Penyerang Manchester United Mason Greenwood saat beraksi menjebol gawang Liverpool, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool Getty via AP Photo

Di pertandingan ini, Manchester United memainkan Mason Greenwood sebagai starter. Ia tampil di sisi kanan lini serang Setan Merah.

Sebelum laga ini, pemain berusia 19 tahun tersebut sedang dalam paceklik gol. Ia gagal menjebol gawang lawan dari 10 laga terakhirnya di semua ajang kompetisi.

Ia terakhir kali mencetak gol pada awal Desember 2020 lalu. Saat itu MU berhadapan lawan West Ham.

Greenwood mencetak gol di laga lawan Liverpool ini berkat umpan ciamik Marcus Rashford pada menit ke-26. Gol ini sendiri terasa istimewa baginya.

Greenwood menjadi pemain United termuda (19 tahun dan 115 hari) yang mencetak gol melawan Liverpool sejak Wayne Rooney pada tahun 2005 silam. Saat itu Rooney berusia 19 tahun dan 83 hari.

2 dari 6 halaman

Rashford, Liverpool dan Assist

Selebrasi Marcus Rashford usai menjebol gawang Liverpool di babak keempat FA Cup 2020-21 di Old Trafford, Senin (25/01/21) dini hari WIB. (c) Pool PA via AP Photo Selebrasi Marcus Rashford usai menjebol gawang Liverpool di babak keempat FA Cup 2020-21 di Old Trafford, Senin (25/01/21) dini hari WIB. (c) Pool PA via AP Photo

Di pertandingan ini, Manchester United menempatkan Marcus Rashford di sayap kiri. Pemain Timnas Inggris itu pun tampil merepotkan sisi kanan pertahanan Liverpool.

Rashford pun tampil apik. Ia mencatatkan assist untuk terciptanya gol Mason Greenwood.

Itu adalah assist-nya yang ke-10 pada musim ini. Sekarang Rashford cuma membutuhkan dua assist untuk menyamai jumlah assist terbanyaknya untuk satu musim.

Namun ada catatan lain yang menarik perhatian. Dengan tambahan satu gol tersebut, Rashford kini sudah berhasil mengemas empat gol ke gawang Liverpool dalam empat lawatan terakhir The Reds ke Old Trafford di semua ajang kompetisi resmi.

3 dari 6 halaman

Lini Serang Liverpool Mulai Sembuh?

Penyerang Liverpool Mohamed Salah saat beraksi menjebol gawang Manchester United, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool Reuters vis AP Photo Penyerang Liverpool Mohamed Salah saat beraksi menjebol gawang Manchester United, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool Reuters vis AP Photo

Sebelum melawan Manchester United, Liverpool mengalami masalah yang pelik. Mereka kesulitan mencetak gol.

Dari lima laga terakhirnya di Premier League, mereka cuma bisa mencetak satu gol. Sebenarnya Liverpool sempat mencetak empat gol lawan Aston Villa di ronde ketiga FA Cup. Namun laga itu tak masuk hitungan karena Villa cuma memainkan para pemain U-23.

Lini serang Liverpool pun dianggap berada dalam krisis. Namun di laga lawan MU ini, lini tersebut tampak menemukan lagi sentuhan mereka yang sempat hilang.

Mohamed Salah berhasil mencetak dua gol sekaligus. Dan ini semata bukan karena kerja keras pemain Mesir itu sendiri.

Ia mendapat assist dari Roberto Firmino untuk dua gol tersebut. Gol pertama juga terbilang ciamik. Firmino memberikan umpan terobosan yang membelah pertahanan MU sementara Salah menuntaskan peluang itu dengan sontekan kaki kanannya yang bukan merupakan kaki terkuatnya.

Liverpool pantas mulai sedikit tersenyum. Kini lini serang mereka hanya perlu terus mempertahankan performanya seperti di laga lawan Man United tersebut.

4 dari 6 halaman

Liverpool Butuh Bek Baru

Penyerang Liverpool Roberto Firmino ikut merayakan gol Mohamed Salah ke gawang Manchester United, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool Reuters via AP Photo Penyerang Liverpool Roberto Firmino ikut merayakan gol Mohamed Salah ke gawang Manchester United, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool Reuters via AP Photo

Di pertandingan ini Liverpool masih setia ditemani masalah lamanya; para bek tengah mereka masih absen. Joel Matip bahkan tak ikut main di laga ini.

Hal tersebut diperparah oleh fakta bahwa Jordan Henderson juga sedang cedera. Padahal ia sebelumnya didapuk sebagai pemain yang mengisi posisi Matip saat sedang berhalangan.

Alhasil, Jurgen Klopp terpaksa memainkan Rhys Williams di pertandingan ini. Bek 19 tahun itu pun kesulitan menghadapi serbuah lini serang Manchester United.

Williams kerap kalah saat harus beradu lari dengan para pemain MU, termasuk Marcus Rashford. Ia juga ikut andil atas terciptanya gol kedua United yang dihasilkan oleh Rashford. Melihat hal ini, Klopp kemungkinan besar bakal ragu memainkannya lagi, khususnya di laga besar.

Masalah Liverpool tak berhenti sampai di situ. Fabinho, yang biasanya bisa sangat diandalkan, main di bawah standar di laga ini. Ia tak mampu memberikan perlindungan pada area yang ditinggalkan para bek sayapnya. Ini yang membuat Mason Greenwood bisa menembus pertahanan Liverpool.

Fabinho juga bersalah atas gol ketiga MU yang dicetak Bruno Fernandes. Sebab ia melakukan pelanggaran yang tak perlu pada Edinson Cavani dan menghasilkan tendangan bebas persis di luar kotak penalti Liverpool.

Laga ini jelas memberikan isyarat pada Liverpool bahwa mereka membutuhkan bek tengah baru.

5 dari 6 halaman

Thiago Masih Mencari Kemenangan Perdana Sebagai Starter

Mason Greenwood berduel berebut bola dengan Thiago Alcantara di laga antara Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool PA via AP Photo Mason Greenwood berduel berebut bola dengan Thiago Alcantara di laga antara Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool PA via AP Photo

Thiago Alcantara didatangkan oleh Liverpool sebagai solusi agar mereka bisa membongkar pertahanan tim-tim yang bertahan dengan blok rendah. The Reds berharap kreatifitasnya bisa membantu lini serang tetap tajam.

Nyatanya Thiago sampai saat ini masih belum bisa memberikan kontribusi apapun pada Liverpool. Ia bahkan belum mencatatkan satu assist pun dari delapan laga yang sudah dilakoninya.

Malah, pemain Spanyol itu mengukir rekor kurang bagus. Sejak ia dipercaya menjadi starter, Liverpool sama sekali belum pernah meraih kemenangan.

Dimulai dari laga lawan Everton, kemudian Southampton, Manchester United, dan Burnley. Semuanya di Premier League.

Dengan laga lawan Manchester United di pentas FA Cup ini, Thiago genap lima laga belum meraih kemenangan saat dijadikan starter oleh Liverpool.

6 dari 6 halaman

Bruno Fernandes Sang Pembeda

Bruno Fernandes saat mengeksekusi free kick di laga Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo Bruno Fernandes saat mengeksekusi free kick di laga Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bruno Fernandes tak dimainkan sebagai starter di pertandingan Manchester United vs Liverpool ini. Ia baru dimasukkan pada menit ke-66.

Fernandes menggantikan Donny van de Beek yang bermain sejak menit pertama, akan tetapi tak memberikan kontribusi berarti bagi permainan United. Tak butuh waktu lama bagi eks pemain Sporting Lisbon itu untuk menunjukkan pengaruhnya bagi MU.

Pada menit ke-78, Fernandes berhasil mengeksekusi tendangan bebas yang didapat MU tepat di luar kotak penalti Liverpool. Dengan cerdik ia mengarahkan bola ke pojok kiri bawah gawang The Reds. Bola melambung sedikit di atas Thiago Alcantara dan melesat masuk tanpa bisa dihalau Alisson Becker.

Fernandes kemudian nyaris mencatatkan assist. Umpan silangnya ke tiang jauh dari sebelah kanan berhasil ditanduk oleh Edinson Cavani. Sayangnya bola cuma membentur tiang kiri gawang Liverpool.

Selain itu, keberhasilan Fernandes membantu Liverpool mengalahkan Manchester United ini mencatatkan satu hal penting lainnya. Ia sukses mengikuti jejak Ole Gunnar Solskjaer. Pada tahun 1999 silam, Solskjaer masuk dari bangku cadangan dan membantu MU menekuk The Reds, juga di ronde keempat di ajang yang sama.

Catatan lawan Liverpool ini makin mengesahkan bahwa Bruno Fernandes memang sosok yang sangat berpengaruh dan menjadi sosok pembeda bagi Manchester United. Sejauh musim ini berjalan ia telah mengemas 16 gol dan 10 assist bagi MU di semua ajang kompetisi.

KOMENTAR