5 Pembelian Termahal Chelsea, Wesley Fofana Nomor Berapa?

Gia Yuda Pradana | 1 September 2022, 11:48
5 Pembelian Termahal Chelsea, Wesley Fofana Nomor Berapa?
Bek Chelsea, Wesley Fofana (c) Chelsea FC

Bola.net - Chelsea merekrut Wesley Fofana untuk memperkuat lini belakang dalam mengarungi Premier League 2022/2023. Dia ditebus dari Leicester dengan harga 82,5 juta euro.

Dengan mahar yang menembus angka lebih dari 80 juta membuat Wesley Fofana menjadi salah satu bek termahal di Eropa. Dia nyaris menyamai harga Virgil van Dijk.

Di sisi lain, Wesley Fofana juga masuk dalam daftar belanja pemain termahal dalam sejarah Chelsea. Namun, sejauh ini, rekor pembelian masih dipegang oleh Romelu Lukaku.

Berikut lima pembelian termahal dalam sejarah transfer Chelsea berdasarkan data Transfermarkt. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Alvaro Morata

Alvaro Morata (c) AP Photo

Alvaro Morata (c) AP Photo

Alvaro Morata didatangkan Chelsea dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2017. Penyerang asal Spanyol itu dibeli dengan mahar 66 juta euro.

Alvaro Morata menjadi pembelian termahal kelima Chelsea. Namun, jebolan Akademi Atletico Madrid tersebut gagal bersinar bersama The Blues.

Catatan terbaik Morata adalah mencetak 11 gol dan 6 assist dari 31 penampilan pada Premier League 2017/2018. Setelah itu, dia dilepas ke Atletico Madrid dengan status pinjaman hingga dipermanenkan.

2 dari 6 halaman

Kepa Arrizabalaga

Aksi Kepa Arrizabalaga pada laga Carabao Cup melawan Tottenham (c) AP Photo

Aksi Kepa Arrizabalaga pada laga Carabao Cup melawan Tottenham (c) AP Photo

Kepa Arrizabalaga didatangkan Chelsea dari Athletic Bilbao pada bursa transfer musim panas 2018. The Blues menebusnya dengan mahar sebesar 80 juta euro.

Karena itu, Kepa menjadi pemain termahal keempat yang pernah didatangkan Chelsea. Dia juga masih memegang rekor sebagai kiper yang paling tinggi harganya di Premier League.

Kepa Arrizabalaga langsung menjadi andalan Chelsea pada musim 2019/2019 dan 2019/2020. Namun, dalam tiga tahun terakhir, menit mainnya makin berkurang, bahkan belum diturunkan musim ini.

3 dari 6 halaman

Kai Havertz

Pemain Chelsea Kai Havertz. (c) AP Photo

Pemain Chelsea Kai Havertz. (c) AP Photo

Kai Havertz bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2020. Dia dibeli The Blues dari Bayer Leverkusen seharga 80 juta euro dan menempatkannya di posisi ketiga pembelian termahal.

Saat didatangkan, dia baru mencetak 12 gol dan 6 assist di Bundesliga 2019/2020. Total, dia membukukan 46 gol dan 31 assist dari 150 kali penampilan bersama tim utama Bayer Leverkusen.

Hingga saat ini, Kai Havertz masih menjadi andalan Chelsea. Dia juga kerap mendapatkan peran baru sebagai false nine dalam skuad The Blues.

4 dari 6 halaman

Wesley Fofana

Wesley Fofana resmi bergabung dengan Chelsea (c) Chelsea FC

Wesley Fofana resmi bergabung dengan Chelsea (c) Chelsea FC

Baru didatangkan pada bursa transfer musim panas 2022, Wesley Fofana langsung menjadi pembelian termahal kedua Chelsea. Dia ditebus senilai 82,5 juta euro dari Leicester City.

Wesley Fofana juga menjadi pemain keenam yang didatangkan Chelsea pada musim panas 2022. Dia diproyeksikan untuk memperkokoh lini pertahanan The Blues.

Sebelum Wesley Fofana, Chelsea merekrut Marc Cucurella, Raheem Sterling, Kalidou Koulibaly, Carney Chukwuemeka, dan Gabriel Slonina.

5 dari 6 halaman

Romelu Lukaku

Ekspresi Romelu Lukaku usai membobol gawang Wolverhampton, Sabtu (7/5/2022) (c) AP Photo

Ekspresi Romelu Lukaku usai membobol gawang Wolverhampton, Sabtu (7/5/2022) (c) AP Photo

Romelu Lukaku masih memegang rekor pembelian termahal Chelsea. Penyerang Timnas Belgia tersebut didatangkan dari Inter Milan seharga 113 juta euro.

Bagi Romelu Lukaku, itu menjadi kesempatan kedua membela Chelsea. Sebelumnya, dia pernah memperkuat The Blues pada 2011 hingga 2014.

Sayangnya, pada periode kedua membela Chelsea, Romelu Lukaku gagal bersinar. Dia kemudian dipinjamkan ke Inter Milan hingga musim panas 2023.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR