BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain Liverpool Ini Bisa Jadi Ancaman Bagi Brighton

03-02-2021 06:35 | Ari Prayoga

Starting XI Liverpool saat melawan Tottenham, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Starting XI Liverpool saat melawan Tottenham, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool tidak bisa turun dengan komposisi terbaik ketika melawan Brighton and Hove Albion, Kamis (4/2/2021) pukul 03.15 WIB. The Reds harus kehilangan banyak pemain kuncinya.

Selain Virgil van Dijk, Diogo Jota, Joe Gomes, dan Naby Keita, Liverpool harus kehilangan Fabinho dan Joel Matip di lini pertahanan. Di sektor serangan, The Reds akan bermain tanpa Sadio Mane.

Sehingga pada pertandingan melawan Brighton, kemungkinan besar Klopp akan bermain dengan formasi 4-3-1-2. Atau hanya mengandalkan dua penyerang di lini depan.

Namun, absennya sejumlah pemain kunci diprediksi tidak akan terlalu mengubah kekuatan Liverpool. The Reds diyakini tetap bisa mengatasi Brighton dengan pemain berkualitas yang masih tersisa.

Bola.net memilih 5 pemain yang dinilai bisa menjadi kunci kemenangan Liverpool di Anfield tengah pekan ini. Siapa saja mereka? Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 5 halaman

Mohamed Salah

Mohamed Salah semakin menunjukkan ketajamannya di Premier League musim 2020/21. Baru-baru ini penyerang asal Mesir tersebut menjadi bintang kemenangan Liverpool di markas West Ham dengan mencetak dua gol.

Salah juga berhasil menjadi pemain pertama Liverpool yang mampu mencetak lebih dari 20 gol di semua ajang dalam empat musim berturut-turut. Hanya Ian Rush yang berhasil melakukannya pada musim 1981/82 sampai 1986/87.

Mantan pemain Chelsea itu berhasil mencetak 15 gol di Premier League, 3 gol di Liga Champions dan 3 gol di Piala FA. Salah juga masih memimpin daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris musim ini.

Selain rekor di atas, Salah juga hampir selalu mencetak gol ketika bertemu Brighton and Hove Albion dalam lima pertemuan terakhir. Sehingga keberadaannya di lini serang patut diwaspadai oleh anak asuh Graham Potter.

2 dari 5 halaman

Roberto Firmino

Firmino tidak seproduktif Mohamed Salah dalam urusan membobol gawang lawan pada Premier League 2020/21. Penyerang asal Brasil itu baru mengemas 6 gol dari 18 kali penampilannya.

Namun, Firmino semakin menunjukkan kontribusinya meskipun dengan cara yang berbeda. Dalam tiga pertandingan terakhirnya bersama Liverpool, penyerang 29 tahun itu lebih sering menjadi pelayan bagi rekan-rekannya.

Sejak bertemu Manchester United di Piala FA akhir Januari, Firmino terlibat dalam 4 dari 8 gol Liverpool. Dia menyumbang tiga assist dan 1 gol.

3 dari 5 halaman

Georginio Wijnaldum

Performa Georginio Wijnaldum semakin meningkat bersama Liverpool. Tak salah, jika dia disebut sebagai kunci permainan The Reds di lini tengah.

Wijnaldum adalah tipikal pemain versatile yang bisa memainkan beberapa peran berbeda. Dia bisa menjelma sebagai gelandang bertahan, gelandang tengah atau gelandang serang.

Ketika Liverpool membawa pulang poin dari markas West Ham pekan lalu, Wijnaldum turut mencatatkan namanya di papan skor. Gelandang timnas Belanda itu menyempurnakan kemenangan The Reds menjadi 3-1.

4 dari 5 halaman

Thiago Alcantara

Mendapat peran baru sejak pertandingan melawan Tottenham Hotspur, Thiago Alcantara mulai menemukan permainan terbaiknya. Penampilannya bahkan semaki meningkat ketika Liverpool bertemu West Ham.

Thiago ditempatkan di kanan dengan sedikit lebih tinggi dari dua gelandang lainnya. Meski belum sempurna, tapi penampilannya mendapat apresiasi dari manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

Pada laga melawan Brighton, Thiago kemungkinan akan tetap mendapat peran yang sama. Kelebihannya dalam dribbling dan passing bakal menjadi ancaman bagi The Albion.

5 dari 5 halaman

Nathaniel Philips

Cederanya Fabinho dan Joel Matip membuat Jurgen Klopp tidak punya banyak pilihan di lini belakang. Mau tidak mau, Klopp harus menunjuk Nathaniel Philips untuk menjaga pertahanan.

Pilihan Klopp nampaknya cukup tepat, karena dalam dua pertandingan terakhir penampilan Philips tidak mengecewakan. Dia mampu meredam serangan West Ham saat diduetkan dengan Jordan Henderson.

Philips unggul dalam duel area dan passing, serta mampu melaiukan tackling. Bermain dengan konsentrasi tinggi, membuat bek 23 tahun itu mampu menghalau lawan yang mencoba menerobos pertahanan Liverpool.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR