5 Pemain Legendaris yang Pernah Memperkuat Manchester United dan West Ham

Richard Andreas | 22 Januari 2022, 08:00
Liga Inggris/Premier League: Manchester United vs West Ham (c) Bola.net
Liga Inggris/Premier League: Manchester United vs West Ham (c) Bola.net

Bola.net - Manchester United akan menjamu West Ham dalam lanjutan Premier League 2021/2022. Pertandingan dijadwalkan berlangsung di Old Trafford, Sabtu (22/1/2022), pukul 22.00 WIB.


Manchester United dan West Ham merupakan tim yang memiliki sejarah panjang di persepakbolaan Inggris. Oleh karena itu, keduanya punya banyak cerita yang menarik untuk disajikan.

Satu di antaranya adalah, siapa saja pemain legendaris yang pernah memperkuat Manchester United dan West Ham. Tentu saja, daftar nama yang ada sangat panjang, tapi akan coba dibatasi menjadi lima saja.

Pembatasan ini didasarkan atas pemain yang pernah menjadi juara di salah satunya. Entah saat menjadi pemain Manchester United atau West Ham.

Lantas, siapa saja lima pemain legendaris tersebut? Berikut ulasannya, seperti dikumpulkan Bola.net dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

1. Teddy Sheringham

Teddy Sheringham (c) PA

Nama ini merupakan salah satu penyerang terkemuka di Premier League pada dekade pertama. Ia pernah memenangi penghargaan sepatu emas edisi pertama dari Premier League, ketika memperkuat Tottenham Hotspur.

Pada 1997, Teddy Sheringham dibeli Sir Alex Ferguson untuk mempertajam serangan Manchester United setelah kemampuan Eric Cantona berangsur menurun dan kontraknya sudah habis. Bersama Setan Merah hingga 2001, banyak trofi yang didapatkannya, di antaranya Premier League tiga kali, Piala FA satu kali, Liga Champions satu kali, dan Piala Dunia Klub satu kali.

Setelah keluar dari Manchester United, Teddy Sheringham sempat memperkuat kembali Tottenham Hotspur dan pernah ke Portsmouth. Baru pada 2004, pindah ke West Ham dan bermain di sana sampai 2007.

2 dari 5 halaman

2. Rio Ferdinand

Rio Ferdinand (c) AFP

Ia merupakan produk asli dari Akademi West Ham. Jalur sepak bola usia muda ditempuhnya di London pada 1992-1995. Setelah itu, ia dapat promosi ke tim utama.

Pada 2000, Rio Ferdinand pindah ke Leeds United. Permainannya yang kokoh sebagai bek tengah, menarik minat Manchester United. Bersama Setan Merah, rekam jejak kariernya dari 2002-2014.

Prestasinya bersama West Ham adalah juara Piala Intertoto pada 1999. Sementara di Manchester United sangat banyak, mulai dari Premier League sebanyak enam kali, Piala Liga dua kali, Community Shield empat kali, Liga Champions satu kali, dan Piala Dunia Klub satu kali.

3 dari 5 halaman

3. Michael Carrick

Michael Carrick (c) MUFC

Mantan manajer sementara Manchester United ini juga produk dari Akademi West Ham. Ia bermain di tim usia muda klub tersebut pada 1997-1998, lalu dapat panggilan ke tim utama mulai 1999 dan bertahan hingga 2004.

Michael Carrick sempat dipinjamkan ke Swindon Town pada 1999 dan Birmingham City (2000). Di musim panas 2004, ia dijual ke Tottenham Hotspur. Hanya bertahan dua tahun di sana, Manchester United datang memberi tawaran. Ia bermain bersama Setan Merah dari 2006 hingga 2018.

Bersama West Ham, prestasinya adalah juara Piala Intertoto 1999. Sedangkan di Manchester United adalah Premier League lima kali, Piala FA satu kali, Piala Liga dua kali, Community Shield enam kali, Liga Champions satu kali, Liga Europa satu kali, dan Piala Dunia Klub satu kali.

4 dari 5 halaman

4. Carlos Tevez

Carlos Tevez (c) AFP

Carlitos, begitu sebutannya, pertama kali merambah Premier League dengan memperkuat West Ham. Itu terjadi pada musim panas 2006. Di West Ham, ia bertahan satu musim karena setelah itu dipinjamkan ke Manchester United.

Di Setan Merah, masa peminjamannya berlangsung pada 2007 hingga 2009. Setelah itu, ia dijual West Ham ke Manchester City. Tidak ada prestasi yang didapat selama memperkuat West Ham.

Tapi, Carlitos punya lumayan banyak prestasi bersama Manchester United, walau hanya dua musim. Prestasi itu antara lain Premier League dua kali, Piala Liga satu kali, Community Shield satu kali, Liga Champions satu kali, dan Piala Dunia Klub satu kali.

5 dari 5 halaman

5. Patrice Evra

Patrice Evra (c) AFP

Ia pertama kali menginjakkan Tanah Inggris dengan bermain untuk Manchester United. Ia memperkuat Setan Merah mulai 2006 hingga 2014. Jadi, terhitung lama dan banyak prestasi didapatkan.

Selepas dari Manchester United, Patrice Evra pernah ke Juventus dan Marseille. Kemudian balik ke Inggris bersama West Ham pada 2018. Tapi di sana, ia hanya sedikit bermain.

Di West Ham tidak ada prestasi yang dicatat Patrice Evra. Tapi di Manchester United ia punya sederet trofi, seperti Premier League lima kali, Piala Liga tiga kali, Community Shield empat kali, Liga Champions satu kali, dan Piala Dunia Klub satu kali.

(Fitri Apriani/Bola.net)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR