5 Pemain Italia Terakhir yang Membela Chelsea Sebelum Cesare Casadei, Banyak yang Memble?

Asad Arifin | 16 Agustus 2022, 12:20
Cesare Casadei.  (c) Inter Milan Official
Cesare Casadei. (c) Inter Milan Official

Bola.net - Nama gelandang jebolan tim primavera Inter Milan, Cesare Casadei mendadak ramai diperbincangkan. Sebab, Chelsea tertarik dan sangat dekat untuk merampungkan transfer Cesare Casadei.

The Blues nyatanya sudah memonitor bakat Casadei saat ia memperkuat tim muda Inter. Sudah mengetahui jika mempunyai bakat yang di atas rata-rata, Chelsea pun mulai memperlihatkan keseriusan untuk mendaratkan talenta berusia 19 tahun ini.

Chelsea mempunyai sejarah gemar mendatangkan pemain asal Italia. Dilansir dari situs Transfermarkt, The Blues total sudah pernah mendaratkan 17 pemain asal Negeri Pizza tersebut. Jumlah tersebut menjadikan Italia sebagai negara ketiga terbanyak yang mengekspor pemain ke tim yang bermarkas di Stamford Bridge itu.

Tentunya, dari sekian banyak pemain-pemain Italia yang sudah atau bahkan masih membela Chelsea, tak sedikit yang mencatatkan prestasi dan ada juga yang flop saat membela The Blues. Yuk, mari disimak Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Fabio Borini

Fabio Borini. (c) AFP

Fabio Borini. (c) AFP

Tak disangka, Fabio Borini juga pernah membela Chelsea di musim 2009 hingga 2011. Sayangnya, ia tidak memberikan dampak yang signifikan selama membela The Blues.

Borini tercatat hanya tampil dengan Chelsea di ajang Premier League sebanyak empat kali. Setelah itu, ia dipinjamkan ke Swansea sebelum dilepas secara permanen ke Parma pada musim panas 2011. Padahal, sang pemain memiliki karier yang menjanjikan saat masih di akademi Chelsea. Ia pernah mencetak 10 gol dari 11 pertandingan.

Kini pemain berusia 31 tahun tengah bermain bersama klub asal Turki, Fatih Karagumruk.

2 dari 5 halaman

Marco Amelia

Marco Amelia bukan nama kaleng-kaleng saat didatangkan Chelsea pada tahun 2015. Ia merupakan kiper juara Piala Dunia 2006 dan mampu meraih beragam gelar bersama klub top seperti AC Milan.

Pada Oktober 2015, Chelsea merekrut Marco Amelia secara gratis. The Blues menariknya guna menjadi kiper ketiga. Sayangnya, Amelia hanya menjalani kehidupan di Chelsea sebagai teman latihan saja selama satu musim. Tak pernah sekali pun ia dimainkan oleh The Blues.

Kiper yang kini sudah gantung sepatu itu, pada 2016 Chelsea memutuskan untuk melepasnya dan membuatnya berstatus tanpa klub.

3 dari 5 halaman

Davide Zappacosta

Davide Zappacosta (c) AFP

Davide Zappacosta (c) AFP

Selama dua musim berseragam Chelsea, Zappacosta kesulitan mendapat menit bermain di Chelsea dan menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman di AS Roma pada 2019/20 dan Genoa 2020/21.

Pemain berusia 30 tahun itu hanya mengemas 52 kali penampilan dan mencetak dua gol serta empat assist. Selama berada di Chelsea, Zappacosta meraih dua medali juara untuk Piala FA 2017/18 dan Liga Europa 2018/19.

4 dari 5 halaman

Emerson

Emerson Palmieri merayakan golnya ke gawang Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 Besar Liga Champions (c) AP Photo

Emerson Palmieri merayakan golnya ke gawang Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 Besar Liga Champions (c) AP Photo

Emerson Palmieri datang ke Chelsea saat era kepelatihan Antonio Conte pada 2018. Namun sayang, ia malah mengalami masa-masa sulit selama berseragam The Blues.

Walau sempat mendapat kepercayaan ketika diasuh oleh Maurizio Sarri, eks pemain AS Roma itu gagal memikat para manajer yang datang ke Chelsea setelahnya, yakni Frank Lampard dan Thomas Tuchel.

Ia sempat dipinjamkan ke klub Prancis, Lyon. Bersama klub berjuluk Les Gones, sebenarnya Emerson tampil cukup baik dengan mencatatkan 35 kali starter dan mengemas satu gol serta dua assist.

Kini dengan kehadiran Marc Cucurella dan sudah pulihnya Ben Chilwell, nampaknya pemain yang memiliki darah Brasil ini harus mencari klub baru di bursa transfer musim ini.

5 dari 5 halaman

Jorginho

Selebrasi gol Jorginho pada duel melawan Everton di matchday pertama Premier League 2022/2022, Sabtu 6 Agustus 2022 (c) AP Photo

Selebrasi gol Jorginho pada duel melawan Everton di matchday pertama Premier League 2022/2022, Sabtu 6 Agustus 2022 (c) AP Photo

Chelsea membeli Jorginho pada musim panas 2018 bukan tanpa alasan. Apalagi, uang yang dikeluarkan mencapai 57 juta euro.

Saat itu, The Blues rela mengucurkan uang sebesar itu karena ingin memenuhi permintaan Maurizio Sarri. Sang pelatih menilai, Jorginho adalah kepingan yang hilang di lini kedua tim asal London tersebut. Apalagi, Sarri sudah mengenal Jorginho karena pernah bekerja sama di Napoli.

Pembelian tersebut berbuah manis. Jorginho mampu membawa Chelsea juara Liga Champions, Liga Europa, dan Piala Super Eropa. Gelandang berusia 30 tahun itu pun pernah terpilih sebagai pemain terbaik UEFA 2021.

(Bola.net/Yoga Radyan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR