BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain Akademi Arsenal Yang Diberi Debut Oleh Unai Emery, Bagaimana Nasibnya Kini?

30-12-2020 16:26 | Aga Deta

Mantan manajer Arsenal, Unai Emery (c) AP Photo Mantan manajer Arsenal, Unai Emery (c) AP Photo

Bola.net - Unai Emery pernah menjadi bagian dari Arsenal. Pria asal Spanyol itu mendapat kesempatan menangani The Gunners selama 18 bulan

Emery diangkat menjadi manajer Arsenal pada tahun 2018. Ia mendapat tugas berat untuk meneruskan pekerjaan Arsene Wenger yang sudah 22 tahun melatih The Gunners.

Namun, Emery gagal memenuhi ekspektasi di Emirates. Pelatih Villarreal itu akhirnya dipecat karena tidak mampu mengangkat performa Arsenal.

Selama bekerja di Arsenal, Emery tercata membeli beberapa pemain. Salah satunya adalah Nicolas yang didatangkan dengan status pemain termahal klub kala itu.

Meski begitu, Emery juga tak segan memberikan kesempatan kepada pemain muda. Ada beberapa pemain akademi Arsenal yang dipromosikan ke tim utama.

Berikut ini adalah 5 pemain dari akademi Arsenal yang diberikan kesempatan bermain di tim utama oleh Unai Emery seperti dilansir Planet Football.

1 dari 5 halaman

Emile Smith Rowe

Emile Smith Rowe (c) Arsenal Official Twitter Emile Smith Rowe (c) Arsenal Official Twitter

Smith Rowe mendapatkan debutnya di tim utama Arsenal pada awal kepemimpinan Emery. Dia masuk, dari bangku cadangan saat melawan Vorskla Poltava di Liga Europa pada September 2018.

Sang gelandang mencetak gol pada debut penuhnya melawan Qarabag. Ia kemudian mencetak gol dalam kemenangan atas Blackpool dan Vorskla Poltava sebelum menghabiskan paruh kedua 2018-19 dengan status pinjaman di RB Leipzig.

Setelah membuat dua penampilan pada ajang Premier League di bawah Freddie Ljungberg pada Desember 2019, ia bergabung dengan Huddersfield dengan status pinjaman. Ia mencatatkan dua gol dan tiga assist dalam 19 penampilan di sana.

Pemain berusia 20 tahun itu sudah membuat tujuh penampilan untuk The Gunners pada 2020-21. Smith Rowe diharapkan bisa mengatasi masalah kreativitas mereka.

2 dari 5 halaman

Charlie Gilmour

Gilmour bergabung dengan akademi Arsenal pada usia enam tahun. Dia tampil pertama kali di tim utama The Gunners saat melawan Vorskla Poltava pada November 2018.

Setelah dilepas oleh The Gunners pada 2019, Gilmour bergabung dengan Norwich City sebelum dipinjamkan ke Telstar. Sang pemain membuat 24 penampilan di divisi kedua.

Gelandang Skotlandia itu sepakat untuk mengakhiri kontrak dua tahunnya bersama The Canaries pada 2020. Dia saat ini tidak memiliki klub.

3 dari 5 halaman

Zech Medley

Setelah bergabung dengan akademi Arsenal dari Chelsea pada 2016, Medley menjalani debutnya di tim utama melawan Vorskla Poltava pada November 2018.

Bek tengah itu hanya membuat dua penampilan lagi untuk klub. Ia menghabiskan musim 2020-21 dengan status pinjaman di tim League One Gillingham.

4 dari 5 halaman

Bukayo Saka

Pemain Arsenal, Bukayo Saka merayakan gol ke gawang Chelsea, Minggu (27/12/2020) (c) Pool Reuters via AP Photo Pemain Arsenal, Bukayo Saka merayakan gol ke gawang Chelsea, Minggu (27/12/2020) (c) Pool Reuters via AP Photo

Saka membuat debut di tim utama Arsenal dalam pertandingan Liga Europa melawan Vorskla Poltava pada 2018. Ia masuk menggantikan Aaron Ramsey dalam pertandingan tersebut.

Cedera yang dialami Sead Kolasinac dan Kieran Tierney menjadi berkah buat Saka. Bintang muda asal Inggris itu kemudian dipercaya menjadi pemain reguler di tim utama Arsenal.

Saka kini menjadi salah satu pemain andalan Mikel Arteta di Arsenal. Musim ini sang pemain sudah mencatatkan 19 penampilan dengan mencetak dua gol dan tiga assist.

5 dari 5 halaman

Julio Pleguezuelo

Julio Pleguezuelo (c) AFC Julio Pleguezuelo (c) AFC

Pleguezuelo bergabung dengan Arsenal dari Barcelona tepat setelah berusia 16 tahun. Dia berharap bisa mengikuti jejak Cesc Fabregas dan Hector Bellerin.

Pleguezuelo membuat penampilan pertam dan terakhirnya untuk The Gunners saat melawan Blackpool di Carabao Cup pada Oktober 2018. Dia kemudian dilepas beberapa bulan kemudian.

Pemain berusia 23 tahun itu bergabung dengan tim Eredivisie FC Twente dengan status bebas transfer pada 2019. Ia sekarang sudah membuktikan dirinya sebagai pemain reguler di tim utama.

Sumber: Planet Football

KOMENTAR