5 Pelatih Hobi Hambur-Hamburkan Uang di Bursa Transfer Pemain, Termasuk Jose Mourinho

Aga Deta | 23 Maret 2022, 13:15
Pelatih AS Roma musim 2021/2022, Jose Mourinho (c) AP Photo
Pelatih AS Roma musim 2021/2022, Jose Mourinho (c) AP Photo

Bola.net - Untuk meraih kesuksesan dalam sepak bola tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Karena itu, tidak mengherankan kalau ada pelatih yang menghabiskan banyak uang untuk urusan biaya transfer demi meraih trofi juara.

Makin sulit untuk bisa memenangkan trofi di sepak bola level atas tanpa merekrut pemain dengan talenta yang luar biasa. Tentunya untuk itu diperlukan biaya yang sangat besar.

Meski ada kecenderungan pemain kehabisan kontrak dan menjadi bebas transfer, klub masih perlu mengeluarkan dana untuk membangun skuad yang solid yang mampu bersaing mendapatkan gelar juara.

Tidak heran jika ada beberapa nama besar dalam pembinaan sepak bola yang masuk dalam daftar pelatih dengan tingkat boros yang sangat tinggi. Tapi, menariknya Jurgen Klopp yang begitu sukses di Borussia Dortmund dan Liverpool tak ada dalam 10 besar.

Sementara di urutan tertinggi ada Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal itu konsisten menginvestasikan dana besar untuk pemain dari pertama kalinya menjadi manajer Chelsea ketika mendapatkan dana dari Roman Abramovich hingga kini menjadi pelatih AS Roma. Totalnya adalah 1,54 miliar pound.

Pengeluaran terbesarnya datang dalam tiga kali bursa transfer musim panas ketika menjadi manajer Manchester United pada 2016, 2017, dan 2018 ketika menghabiskan 94,5 juta pound, 76,2 juta pound, dan 53,1 juta pound untuk mendapatkan Paul Pogba, Romelu Lukaku, dan Fred. Sayangnya, mereka tidak memberikan dampak yang sesuai harapan.

Namun, secara keseluruhan Anda tak bisa membantah rekor yang dibuat Mourinho. Ia menghabiskan banyak uang, tapi dia berhasil meraih 25 trofi juara, termasuk dua Liga Champions dan tiga trofi Premier League.

Selain Jose Mourinho, siapa lagi pelatih-pelatih yang sangat boros mengeluarkan dana besar dalam bursa transfer? Berikut daftarnya:

1 dari 5 halaman

Josep Guardiola

Ekspresi Josep Guardiola pada laga Sporting Lisbon vs Man City di babak 16 Besar Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Ekspresi Josep Guardiola pada laga Sporting Lisbon vs Man City di babak 16 Besar Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Pelatih asal Spanyol ini tercatat selalu menangani klub besar dalam sepanjang kariernya sebagai pelatih kepala. Guardiola sukses bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan kini bersama Manchester City.

Rekor pengeluaran terbesar Guardiola untuk seorang pemain berawal dari 62,5 juta pound yang dibayarnya untuk Zlatan Ibrahimovic bergabung bersama Barcelona pada musim panas 2009 hingga 100 juta pound ketika merekrut Jack Grealish ke Manchester City 12 tahun berselang.

Total pengeluaran yang sudah dibuat oleh Pep Guardiola mencapai 1,44 miliar pound.

2 dari 5 halaman

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti (c) AP Photo

Carlo Ancelotti (c) AP Photo

Carlo Ancelotti tercatat menangani begitu banyak klub besar di lima liga top Eropa. Jika berhasil mendapatkan trofi La Liga musim ini bersama Real Madrid, ia akan menjadi pelatih pertama yang meraih semau trofi domestik di liga top Eropa. Jangan lupakan juga ia sudah meraih tiga gelar juara Liga Champions.

Pengeluaran terbesar Carlo Ancelotti pun dibuat di Santiago Bernabeu, yaitu ketika mendatangkan Gareth Bale dan James Rodriguez, di mana mereka direkrut masing-masing dengan harga 90 juta pound dan 67,5 juta pound. Total pengeluaran Carlo Ancelotti untuk bursa transfer mencapai 1,30 miliar pound.

3 dari 5 halaman

Manuel Pellegrini

Manuel Pellegrini (c) whu

Manuel Pellegrini (c) whu

Pelatih terakhir yang memiliki total belanja pemain di atas 1 miliar pound. Pengeluaran totalnya mencapai 1,04 miliar pound.

Pelatih asal Chile itu menjadi bos Real Madrid pada 2009, ketika klub ibu kota Spanyol itu memecahkan rekor transfer sepanjang masa hanya dalam rentan satu pekan, diawali dengan merekrut Kaka dari AC Milan dan kemudian merekrut Cristiano Ronaldo dari Manchester United.

Selain itu, ia pernah menghabiskan 80 juta pound untuk mendatangkan Sebastian Haller dan Felipe Anderson ke West Ham United.

4 dari 5 halaman

Massimiliano Allegri

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri (c) AP Photo

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri (c) AP Photo

Ketika menangani Juventus pertama kalinya pada 2014 hingga 2019, Massimiliano Allegri melakukan investasi yang serius. Dua yang paling diingat adalah ketika merekrut Cristiano Ronaldo dengan nilai 105 juta pound dan 81 juta pound untuk mendatangkan Gonzalo Higuain.

Allegri juga menghabiskan dana ketika berada di AC Milan. Pemain paling mahal yang direkrutnya ke San Siro adalah Zlatan Ibrahimovic, yang diboyong dari Barcelona dengan nilai 21,6 juta pound pada 2011.

5 dari 5 halaman

Diego Simeone

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone (c) AP Photo

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone (c) AP Photo

Seorang underdog luar biasa dalam sepak bola. Pelatih yang harus berjuang keras di antara kekayaan dan kekuasaan dua raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Ia harus mampu membuat Atletico Madrid bersaing dengan dua klub tersebut.

Hal tersebut membuat Simeone harus melakukan belanja besar untuk bisa membentuk tim yang juga kuat demi menyaingi Real Madrid dan Barcelona.

Pelatih asal Argentina ini memainkan peran penting untuk mendorong Atletico Madrid berada di level saat ini, memenangi dua gelar juara La Liga, dua trofi Liga Europa, dan sebuah trofi Copa del Rey dalam satu dekade memimpin Atleti.

Ia tak selalu mendapatkan yang terbaik untuk bisa direkrut. Namun, satu yang paling diingat adalah Joao Felix yang direkrut dengan nilai 114,5 juta pound dari Benfica, tapi kemudian kesulitan di Atletico.

Total belanja pemain yang dilakukan Diego Simeone di Atletico Madrid adalah 887,42 juta pound.

Sumber: Planet Football
Disadur dari: Bola.com/Penulis Benediktus GP
Published: 23/3/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR