BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pelajaran Tottenham vs Liverpool: Murka Jose Mourinho, Senyum Jurgen Klopp

29-01-2021 07:21 | Asad Arifin

Skuad Liverpool merayakan gol Sadio Mane di markas Tottenham, Jumat (29/1/2021) (c) Pool Getty via AP Photo Skuad Liverpool merayakan gol Sadio Mane di markas Tottenham, Jumat (29/1/2021) (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Liverpool meraih kemenangan pertama di Premier League pada tahun 2021. The Reds menang atas Tottenham pada laga pekan ke-20, Jumat (29/1/2021) dini hari WIB, dengan skor 3-1.

Bermain di Tottenham Hotspur Stadium, Liverpool harus menunggu hingga menit 45+4 untuk membuka keunggulan. Roberto Firmino mencatatkan namanya di papan skor lewat umpan Sadio Mane.

Liverpool kemudian menambah skor dari gol Trent Alexander-Arnold pada menit ke-47. Tottenham sempat memperkecil kedudukan dari Pierre Hojbjerg, tetapi Liverpool kembali mencetak gol lewat Sadio Mane.

Hasil ini membuat Liverpool berada di posisi ke-4 dengan 37 poin. Sedangkan, Tottenham berada di posisi keenam dengan raihan 33 poin.

Apa saja pelajaran yang bisa dipetik dari duel Tottenham vs Liverpool? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Performa Apik TAA

Bintang Liverpool, Trent Alexander-Arnold merayakan gol ke gawang Tottenham, Jumat (29/1/2021) (c) Pool Getty via AP Photo Bintang Liverpool, Trent Alexander-Arnold merayakan gol ke gawang Tottenham, Jumat (29/1/2021) (c) Pool Getty via AP Photo

Trent Alexander-Arnold mendapat banyak kritik atas performa buruknya di laga melawan Manchester United. Namun, kini pemain 22 tahun tampil begitu apik.

Bukan hanya tentang golnya, tapi permainan aktif Alexander-Arnold sepanjang laga.

Alexander-Arnold menjadi pemain yang sangat merepotkan bagi lini belakang Tottenham. Selain itu, dia juga mampu membatasi aksi Son Heung-min dari sisi kiri lini serang Tottenham. Performa yang solid dari Alexander-Arnold.

2 dari 5 halaman

Cedera Harry Kane

Tottenham sebenarnya bermain solid di babak pertama. Namun, mereka harus kehilangan Harry Kane saat memulai babak kedua. Kane mengalami cedera dan itu mengubah segalanya.

Pemain 27 tahun mengalami cedera engkel.

Tanpa Kane di lini depan, Son Heung-min kesulitan menemukan ruang. Tottenham pun tidak punya pemain yang bisa berperan sebagai tembok sekaligus kreator serangan layaknya Kane.

3 dari 5 halaman

Firmansah Tajam Lagi

Striker Liverpool, Roberto Firmino. (c) AP Photo Striker Liverpool, Roberto Firmino. (c) AP Photo

Jurgen Klopp pasti tersenyum lebar melihat aksi pasukannya di laga melawan Tottenham. Liverpool telah kembali ke marwahnya, tim yang tampil atraktif dan mencetak banyak gol.

Tiga pemain di lini depan kembali tajam. Sadio Mane memulai banyak serangan dan membuat manuver berbahaya. Roberto Firmino juga banyak membuka ruang dan mencetak gol.

Mohamed Salah? Dia hanya kurang beruntung karena tidak mencetak gol. Salah sebenarnya punya satu gol tapi dianulir wasit karena pada prosesnya lebih dulu terjadi handball.

4 dari 5 halaman

Peran Thiago Alcantara

Jurgen Klopp memberikan peran yang lebih bebas bagi Thiago pada duel ini. Keberdaan Jordan Herderson mengurangi beban Thiago untuk membantu pertahanan.

Thiago cenderung memainkan peran sebagai 'Nomor 8' pada duel ini. Thiago menjadi lebih dekat dengan area pertahanan lawan. Biasanya, dia berada di garis tengah untuk mengatur distribusi bola.

Peran ini membuat Liverpool punya banyak opsi saat menyerang. Thiago membuat serangan Liverpool tak hanya bertumpu pada pemain sayap.

5 dari 5 halaman

Apa Kata Mourinho?

Jose Mourinho tipe manajer yang terbuka. Dia tidak akan menutupi aib dan kesalahan timnya. Hal ini terjadi usai timnya kalah melawan Liverpool. Mourinho menyalahkan anak asuhnya.

"Sangat sulit untuk menahan begitu banyak kesalahan individu di pertahanan, kecuali Anda mencetak empat gol melawan Liverpool. Setiap kali kami bangkit, kesalahan berikutnya datang," ucapnya.

Lini belakang Tottenham membuat sejumlah kesalahan. Tengok saja gol ketiga Liverpool. Eric Dier dengan mudah melewatkan bola dan disambar Sadio Mane menjadi gol.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR