BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pelajaran Liverpool vs Tottenham: Parkir Bus Mourinho Memang Top, tapi Hasil Akhirnya Tetap Kalah

17-12-2020 08:50 | Ari Prayoga

Roberto Firmino mencetak gol kemenangan Liverpool atas Tottenham, Kamis (17/12/2020) (c) AP Photo Roberto Firmino mencetak gol kemenangan Liverpool atas Tottenham, Kamis (17/12/2020) (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool sukses mengalahkan Tottenham dengan skor tipis 2-1 dalam partai Premier League 2020/21 pekan ke-13 yang digelar di Anfield, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB.

Gol pembuka Liverpool lewat tembakan Mohamed Salah yang sempat mengenai bek lawan berhasil disamakan oleh Son Heung-min lewat sebuah serangan balik.

Ketika laga sepertinya akan berakhir imbang, Roberto Firmino muncul sebagai pahlawan kemenangan Liverpool lewat sundulannya di masa injury time.

Beberapa poin penting pun bisa diambil dari kemenangan yang diraih Liverpool kala menjamu Tottenham ini. Menukil Squawka, berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Firmino Sang Pahlawan

Performa Firmino di lini depan Liverpool sempat menjadi sorotan karena produktivitas golnya yang menurun drastis ketimbang musim-musim sebelumnya.

Musim ini sorotan tersebut semakin tajam ditujukan pada Firmino. Pasalnya, Diogo Jota yang merupakan rekrutan baru Liverpool berhasil menunjukkan performa luar biasa.

Firmino pun menunjukkan bahwa dirinya belum habis dengan menjadi pahlawan kemenangan Liverpool atas Tottenham berkat gol yang ia cetak di menit akhir.

Dalam laga ini, Firmino tercatat melepas lima tembakan. Bomber asal Brasil itu akhirnya mengonversi tembakan kelimanya menjadi gol yang sangat krusial bagi perjalanan Liverpool musim ini.

2 dari 5 halaman

Taktik Mourinho Hampir Sempurna

Sejak awal, Jose Mourinho sudah menegaskan bahwa dirinya ingin membawa pulang poin maksimal dari Anfield dengan caranya, yakni taktik bertahan total yang dikenal dengan parkir bus.

Mourinho pun membuktikan ucapannya. Tottenham bermain sangat dalam hingga hanya memiliki penguasaan bola sebesar 24 persen.

Mourinho pun menjalankan taktiknya secara hampir sempurna. Skenario yang ia inginkan berjalan lancar, termasuk ketika Son mencetak gol penyama kedudukan.

Namun, hasil akhir yang diincar Mourinho akhirnya gagal menjadi kenyataan setelah Liverpool mencetak gol kemenangan di penghujung pertandingan.

3 dari 5 halaman

Salah Selalu Sendiri

Meski tercipta dengan bantuan keberuntungan, akan tetapi satu gol ke gawang Tottenham tetap menjadi buah dari kerja keras yang ditunjukkan Salah sepanjang pertandingan.

Sepanjang laga, Salah tercatat melepas empat tembakan, seluruhnya tepat sasaran. Salah pun berulang kali memberikan ancaman bagi pertahanan tim tamu.

Bersama Son dan Dominic Calvert-Lewin, Salah kini menduduki puncak daftar pencetak gol terbanyak di Premier League musim ini dengan 11 gol.

Namun, Liverpool tetap saja butuh pemain lain yang juga harus mencetak gol secara reguler jika mereka mau tetap menjaga peluang mempertahankan gelar juara.

4 dari 5 halaman

Spurs Kehilangan Insting Membunuh

Musim ini Tottenham dikenal sebagai salah satu tim yang paling produktif. Spurs memiliki duet Son dan Harry Kane yang sudah mencetak banyak gol.

Namun, ketajaman barisan depan Spurs seakan ditelan bumi ketika melawat ke markas Liverpool, meski secara penampilan keseluruhan tim asuhan Mourinho tetap impresif.

Masalahnya adalah penyelesaian akhir Spurs yang cukup buruk. Steven Bergwijn dan Kane memiliki peluang emas untuk membawa timnya unggul, sayang tak ada yang berbuah gol.

Mourinho boleh saja menganggap timnya merupakan yang terbaik. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat tim tamu harus membayar mahal dengan kekalahan.

5 dari 5 halaman

Performa Impresif Fabinho

Satu lagi yang menjadi faktor kemenangan Liverpool adalah betapa bagusnya performa Fabinho di lini pertahanan, yang terpaksa digeser karena krisis di sektor belakang.

Fabinho tampil penuh percaya diri untuk mempersempit ruang gerak Kane dan ia membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi pengganti yang sepadan bagi Virgil van Dijk.

Tak hanya itu, keberadaan Fabinho juga yang menyebabkan sang partner, Rhys Williams menunjukkan performa apik dalam laga debutnya di pentas Premier League.

Sumber: Squawka

KOMENTAR