BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Laga Liverpool vs Arsenal: Peluang Juara The Gunners Makin Terbuka

02-10-2020 09:47 | Ari Prayoga

Penyerang Arsenal, Eddie Nketiah (kiri) berduel dengan bek Liverpool, Virgil van Dijk, dalam laga babak 16 besar Carabao Cup hari Jumat (2/10/2020). (c) AP Photo Penyerang Arsenal, Eddie Nketiah (kiri) berduel dengan bek Liverpool, Virgil van Dijk, dalam laga babak 16 besar Carabao Cup hari Jumat (2/10/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal sukses melaju ke babak perempat final Carabao Cup usai menyingkirkan Liverpool lewat adu penalti dalam laga putaran keempat, Jumat (2/10/2020) dini hari WIB.

Dalam laga yang dihelat di Anfield ini, Liverpool dan Arsenal bermain tanpa gol sepanjang waktu normal plus babak tambahan. Pemenang pun ditentukan lewat babak adu penalti.

Di babak ini, dua eksekutor Liverpool, yakni Divock Origi dan Harry Wilson gagal menunaikan tugasnya dengan sempurna, sedangkan di kubu Arsenal hanya Mohamed Elneny yang gagal.

Jurgen Klopp dan Mikael Arteta sama-sama menurunkan skuad yang bermaterikan campuran pemain senior dan pemain muda. Sejumlah poin penting pun bisa diambil dari laga ini.

Bola.net merangkum lima pelajaran penting dari laga Liverpool versus Arsenal ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Peluang Juara Arsenal

Mikael Arteta memiliki catatan bagus di turnamen piala. Sebelumnya, ia sukses mengatar Arsenal meraih gelar Piala FA dan Community Shield.

Kemenangan atas Liverpool jelas membuat peluang juara Arsenal di Carabao Cup musim ini semakin terbuka lebar, meski harus bertemu juara bertahan Manchester City di babak perempat final.

2 dari 5 halaman

Skuad Kompetitif Arsenal

Setelah kekalahan atas Liverpool di Anfield akhir pekan kemarin, banyak yang mulai pesimis dengan perjalanan Arsenal dibawah asuhan Arteta musim ini.

Namun, dari laga di Carabao Cup ini terlihat bahwa skuad milik Arteta masih cukup kompetitif untuk bisa bersaing di papan atas Premier League.

Skuad The Gunners bakal semakin lengkap jika mereka sukses menggaet sang incaran utama, Houssem Aouar dari Lyon sebelum jendela transfer ditutup.

3 dari 5 halaman

Taktik Mikel Arteta

Mikael Arteta tampaknya sudah belajar banyak dari kekalahan di Anfield sebelumnya. Kini, Arsenal bermain cenderung lebih hati-hati.

Arteta menginstruksikan anak asuhnya untuk membangun pertahanan rapat guna membendung serangan Liverpool sembari menantikan kesempatan melakukan serangan balik.

Hasilnya pun terbukti efektif. Keunggulan Liverpool dari sisi penguasaan bola dan jumlah serangan seakan tak berarti karena pada akhirnya Arsenal lah yang lolos.

4 dari 5 halaman

Sinar Marko Grujic dan Diogo Jota

Terlepas dari tersingkirnya Liverpool, ada poin plus yang bisa diambil Jurgen Klopp, yakni gemilangnya penampilan Marko Grujic dan Diogo Jota.

Grujic tercatat sebagai pemain yang paling banyak melepas tembakan, yakni tujuh kali. Klopp pun kini pasti dibuat pusing, antara jadi melepas Grujic atau mempertahankan gelandang asal Serbia tersebut.

Sementara itu, Jota terlihat aktif meneror pertahanan Arsenal, meski ia juga beberapa kali menyia-nyiakan peluang. Jota bakal menjadi pesaing serius bagi Sadio Mane di sektor penyerang sayap kiri.

5 dari 5 halaman

Masa Depan Xherdan Shaqiri

Satu hal lagi yang menjadi sorotan dari laga ini adalah absennya Xherdan Shaqiri. Padahal, pekan lalu ia baru saja menjadi bintang kemenangan Liverpool atas Lincoln City.

Jelang laga melawan Arsenal, tak ada kabar bahwa Shaqiri melakukan tindakan indispliner atau mengalami cedera.

Karena itu, absennya Shaqiri ini menimbulkan tengara bahwa pemain internasional Swiss itu bisa hengkang ke klub lain sebelum jendela transfer ditutup.

KOMENTAR