BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Laga Chelsea vs Liverpool: Melirik Aksi Perdana Thiago Alcantara

21-09-2020 03:01 | Yaumil Azis

Andreas Christensen berduel lawan Sadio Mane di laga pekan kedua EPL antara Chelsea vs Liverpool di Stamford Bridge, Minggu (20/09/2020). (c) Pool EPA via AP Photo Andreas Christensen berduel lawan Sadio Mane di laga pekan kedua EPL antara Chelsea vs Liverpool di Stamford Bridge, Minggu (20/09/2020). (c) Pool EPA via AP Photo

Bola.net - Premier League menyajikan pertandingan seru pada pekan kedua yang digelar hari Minggu (20/9/2020) kemarin. Dua klub besar Inggris, Chelsea dan Liverpool, dipertemukan di Stadion Stamford Bridge.

Kendati bertindak sebagai tim tamu, namun Liverpool mampu keluar sebagai pemenang dalam pertandingan tersebut. Dua gol dari sang penyerang, Sadio Mane, membuat the Reds menang dengan skor 2-0.

Hasil ini membuat klasemen sementara Premier League mengalami perubahan. Liverpool kini berada di peringkat empat dengan koleksi enam poin, sementara Chelsea harus turun ke posisi 10 dengan raihan tiga angka.

Ada beberapa momen yang patut disoroti dari laga kali ini, seperti blunder Kepa Arrizabalaga serta aksi perdana rekrutan anyar Liverpool, Thiago Alcantara. Semua dirangkum dalam lima pelajaran yang dilansir dari Sportskeeda berikut ini.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya

1 dari 5 halaman

Pertahanan Chelsea Masih Kacau

Pencapaian Chelsea di musim kemarin patut diacungi jempol. Dengan skuat seadanya karena hukuman larangan transfer dan pelatih anyar, Frank Lampard, mereka mampu finis di empat besar klasemen Premier League.

Performa the Blues nampak meyakinkan. Namun ada yang menjadi sorotan utama, yakni lini pertahanan. Berdasarkan catatan, Chelsea kebobolan 54 gol di musim kemarin. Sama seperti Brighton yang duduk di peringkat ke-15.

Lampard sudah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan mengubah formasi menjadi empat bek. Mereka pun mendatangkan Thiago Silva dari PSG. Namun sejauh ini, lini pertahanan mereka masih sangat rawan ditembus.

Memang, Thiago Silva dan pemain baru lainnya, Ben Chilwell, belum bisa dimainkan dalam dua pertandingan terakhir. Tapi ini membuktikan kalau pertahanan Chelsea masih buruk saat keduanya harus absen berbarengan.

2 dari 5 halaman

Penampilan Perdana Thiago Alcantara

Pada hari Jumat (18/9/2020) kemarin, Liverpool meresmikan transfer Thiago Alcantara dari Bayern Munchen. Berdasarkan sejumlah laporan, gelandang berdarah Spanyol itu diboyong ke Anfield dengan harga 26-27 juta pounds.

Tidak ada yang menyangka kalau Thiago bakalan dimainkan dalam laga kali ini, mengingat dirinya baru berlatih dengan Mohamed Salah dkk selama beberapa hari. Namun situasinya cukup memungkinkan untuk memainkan dirinya.

Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool berani bertaruh setelah Chelsea kehilangan Andreas Christensen yang mendapatkan kartu merah. Klopp memainkan Thiago sebelum kick-off babak kedua untuk menggantikan Jordan Henderson.

Dalam waktu 45 menit, ia berhasil menciptakan rekor baru di Premier League. Ia mencatatakan 75 operan sukses yang tak pernah dibukukan oleh rekrutan anyar manapun dalam ajang sepakbola tertinggi di Inggris tersebut.

3 dari 5 halaman

Kepa Arrizabalaga Masih Mengkhawatirkan

Kepa kembali menjadi sorotan pada pertandingan kali ini. Pria berdarah Spanyol tersebut melakukan blunder fatal yang jadi faktor di balik gol kedua Sadio Mane pada menit ke-54.

Ia mencoba memainkan operan di lini pertahanan the Blues saat sedang mendapatkan tekanan dari Mane. Alhasil, bola direbut oleh Mane yang tidak menemui kesulitan untuk menggetarkan jala gawang Chelsea.

Mantan pemain Athletic Bilbao tersebut juga menjadi sorotan karena tak mampu menghalau tembakan jarak jauh penggawa Brighton, Leandro Trossard, di pekan lalu. Sudah cukup jelas kalau the Blues butuh Edouard Mendy sesegera mungkin.

4 dari 5 halaman

Trio Penyerang Liverpool Masih Sama

Liverpool berhasil memproduksi enam gol dalam dua laga perdananya di pentas Premier League 2020/21. Sebelumnya, mereka sukses mengantongi kemenangan dengan skor tipis 4-3 kala menjamu Leeds United di Anfield.

Lima dari enam gol tersebut dipersembahkan oleh kedua penyerangnya. Mane menciptakan dua gol saat bertemu Chelsea, sementara tiga sisanya dikantongi Mohamed Salah waktu berhadapan dengan Leeds.

Lantas bagaimana dengan penyerang lain, Roberto Firmino? Pemain berkebangsaan Brasil itu mencatatkan satu assist yang berujung pada gol pertama Sadio Mane pada menit ke-50.

5 dari 5 halaman

Jadwal Premier League Mulai Memakan Korban

Liverpool memang berhasil menuai kemenangan dengan skor yang meyakinkan. Namun perlu diketahui kalau pertandingan tidak berlangsung dengan intens sampai Christensen keluar lapangan karena mendapatkan kartu merah.

Jalannya pertandingan terbilang cukup membosankan. Kendati berstatus sebagai klub raksasa Inggris, baik Chelsea maupun Liverpool tak mampu memberikan ancaman kepada lini pertahanan masing-masing seperti yang diharapkan.

Pelanggaran yang dilakukan Christensen juga menjadi bukti kalau kondisi fisik pemain sedang tak baik-baik saja. Terlihat jelas dari permainan operannya bahwa penggawa Chelsea tengah kelelahan.

Jika kedua tim dalam kondisi terbaiknya, pertandingan kali ini bisa berlangsung jauh lebih seru. Seperti di pertemuan kedua tim sebelumnya pada bulan Juli lalu yang berakhir dengan skor 5-3 untuk kemenangan Liverpool.

(Sportskeeda)

KOMENTAR