BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran Duel West Brom vs Liverpool: Kuncinya Adalah Jangan Menyerah

17-05-2021 08:38 | Ari Prayoga

Skuad Liverpool merayakan gol Alisson Becker ke gawang West Brom, Minggu (16/5/2021) (c) Pool Getty via AP Photo Skuad Liverpool merayakan gol Alisson Becker ke gawang West Brom, Minggu (16/5/2021) (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Liverpool secara dramatis sukses mengalahkan West Brom dengan skor 2-1 dalam laga Premier League 2020/21 yang dihelat di The Hawthorns, Minggu (16/5/2021).

The Reds tertinggal lebih dulu akibat gol Hal Robson-Kanu sebelum kemudian Mohamed Salah menyamakan skor menjadi 1-1. Alisson Becker menjadi pahlawan kemenangan Liverpool lewat golnya di akhir pertandingan.

Kemenangan ini sangat vital bagi Liverpool dalam upaya mereka mengamankan satu jatah ke Liga Champions musim depan. Kini The Reds menduduki peringkat lima dengan poin 63, tertinggal satu angka dari tim peringkat empat Chelsea dan tiga angka dari tim peringkat tiga Leicester City.

Sejumlah pelajaran bisa diambil dari laga ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Magis Alisson Becker

Jelas, hal pertama yang bisa dibahas dari laga ini adalah kemunculan Alisson sebagai pahlawan kemenangan Liverpool berkat golnya di penghujung pertandingan.

Sejak Liverpool didirikan pada 1892 silam, Alisson menjadi penjaga gawang pertama yang mencetak gol bagi The Reds dalam pertandingan kompetitif.

Menariknya lagi, dari enam kiper yang pernah mencetak gol sepanjang sejak Premier League, Alisson adalah kiper pertama yang membobol gawang lawan lewat sundulan kepalanya.

2 dari 5 halaman

Performa Apik Thiago Alcantara

Selain Alisson, yang tak bisa dikesampingkan dari laga ini adalah penampilan impresif dari gelandang Thiago Alcantara di lini tengah Liverpool.

Thiago tercatat melepas empat tembakan, serta memiliki akurasi umpan hingga 91 persen. Gelandang asal Spanyol itu total melepas lima umpan kunci.

Selain itu, Thiago juga dua kali melakukan dribble sukses, tiga kali memenangi duel udara, serta empat kali melancarkan tekel sukses.

3 dari 5 halaman

Lini Belakang Masih Kecolongan

Meski sukses meraih poin penuh, akan tetapi tetap saja ada hal yang bisa dikritik dari penampilan Liverpool. Salah satu kelemahan yang masih terasa adalah rapuhnya lini belakang.

Gol Hal Robson-Kanu menjadi buktinya. Dalam proses gol ini, Rhys Williams bisa dibilang salah mengambil keputusan ketika ia memilih maju meninggalkan areanya.

Sekali lagi, Liverpool terbukti sangat kehilangan para bek tengah andalan mereka yang kini masih tumbang akibat cedera.

4 dari 5 halaman

Semangat Pantang Menyerah

Liverpool tampil sangat dominan sepanjang 2x45 menit. Meski sederet peluang yang mereka peroleh gagal berbuah gol, tetapi The Reds masih belum mau menyerah. Gol kemenangan pun akhirnya datang di penghujung laga.

Alisson menjadi pencetak gol kemenangan ke-38 Liverpool yang lahir di menit 90 ke atas dalam sebuah laga Premier League. Angka ini 13 kali lebih banyak dibanding tim lainnya.

Secara keseluruhan, Liverpool membuktikan semangat pantang menyerahnya dengan meraih total 94 poin dari situasi tertinggal di bawah asuhan Jurgen Klopp. Catatan ini merupakan yang tertinggi ketimbang klub lain sejak Oktober 2015.

5 dari 5 halaman

Peluang Finis Empat Besar

Jurgen Klopp dan skuad Liverpool terlihat sangat gembira dengan kemenangan ini. Hal yang wajar mengingat hasil ini membuat peluang mereka finis di empat besar menjadi sangat terbuka.

Di laga selanjutnya, Liverpool akan menghadapi Burnley, sedangkan dua pesaing mereka, Chelsea dan Leicester City bakal bentrok dalam partai hidup mati.

Pada pekan penutup, Liverpool akan menghadapi Crystal Palace, sedangkan Chelsea bertemu Aston Villa dan Leicester jumpa Tottenham Hotspur.

KOMENTAR