BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pelajaran Duel Leeds vs MU: Setan Merah Sudah Relakan Gelar Juara Diambil Tetangga

26-04-2021 01:45 | Ari Prayoga

Striker Manchester United, Marcus Rashford (c) Pool EPA via AP Photo Striker Manchester United, Marcus Rashford (c) Pool EPA via AP Photo

Bola.net - Manchester United harus puas mendapat satu poin usai ditahan imbang Leeds United dengan skor 0-0 dalam partai Premier League 2020/21 pekan ke-33 di Elland Road, Minggu (25/4/2021).

Dalam laga yang dihiasi protes terhadap keluarga pemilik Manchester United ini, tak banyak peluang berbahaya yang tercipta dari kedua tim sepanjang 2x45 menit.

Berkat hasil ini, Manchester United masih bertahan di peringkat dua klasemen dengan poin 67, sedangkan Leeds menduduki peringkat kesembilan dengan poin 47.

Beberapa pelajaran bisa dipetik dari laga Leeds vs Manchester United ini. Menukil Squawka, berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Performa Impresif Dua Bek Kanan

Duel Leeds versus Manchester United kali ini menjadi panggung dua bek kanan yang menjadi pemain dengan jumlah tekel terbanyak di Premier League musim ini.

Di kubu Leeds, Luke Ayling kali ini tampil impresif dengan melancarkan tujuh tekel yang sukses meminimalisir potensi bahaya para pemain depan Manchester United.

Sementara itu, meski hanya membuat satu kali tekel, Aaron Wan-Bissaka tetap bisa dibilang tampil apik dengan melakukan intersep sebanyak lima kali dan empat kali clearence.

2 dari 5 halaman

Leeds Sudah Belajar dari Kesalahan

Manajer Leeds, Marcelo Bielsa sepertinya sudah belajar dari kesalahan timnya ketika dipermak 2-6 oleh Manchester United pada pertemuan pertama di Old Trafford.

Kini Bielsa menginstruksikan anak buahnya untuk benar-benar melakukan pressing ketat terhadap para pemain Manchester United, di sepanjang waktu.

Cara ini terbukti sangat efektif untuk meredam kreativitas lini tengah dan depan Manchester United. Meski tak menang, akan tetapi kini Leeds bisa meraih satu poin dari laga kontra Setan Merah.

3 dari 5 halaman

Gemilangnya Kalvin Phillips

Salah satu pilar kunci dalam taktik pressing ketat yang dijalankan Leeds dalam laga ini adalah sang gelandang jangkar, Kalvin Phillips yang bisa mematikan pergerakan Bruno Fernandes.

Dalam laga ini, Phillips mencatatkan recovery bola terbanyak (13 kali), paling sering memenangi duel (11 kali), hingga paling banyak melancarkan tekel (8 kali).

Tak cuma itu, Phillips juga tercatat paling sering melepas umpan panjang sukses (6 kali), paling sering dilanggar (4 kali), dan paling sering menciptakan peluang (3 kali).

4 dari 5 halaman

Potensi Maguire di Set Piece Perlu Dimaksimalkan

Selain tangguh di belakang, Harry Maguire sejatinya memiliki fisik yang sangat mumpuni untuk menjadi andalan Manchester United ketika mereka mendapat situasi set piece di daerah pertahanan lawan.

Dengan bentuk tubuhnya yang tinggi nan gagah, Maguire seharusnya bisa mencetak banyak gol dengan memanfaatkan situasi bola mati, seperti yang dilakukan eks bek Manchester United, Steve Bruce.

Sayangnya, seringkali ketika United mendapat hadiah set piece, dan Maguire mendapat kesempatan untuk menyundul bola, hasilnya ternyata cukup mengecewakan. Hal inilah yang harus menjadi PR Ole Gunnar Solskjaer.

5 dari 5 halaman

Gelar Juara Sudah Jadi Milk Manchester City

Dengan hasil imbang ini, maka Manchester United sepertinya sudah harus merelakan gelar juara Premier League musim ini jatuh ke tangan sang tetangga, Manchester City.

United kini tertingal 10 poin dari City. Artinya, dengan lima laga tersisa City hanya perlu meraih dua kemenangan lagi untuk memastikan gelar juara mereka.

United sepertinya memang tidak mau tampil terlalu ngoyo di Elland Road dan memilih untuk lebih berkonsentrasi menjemput laga semifinal Liga Europa kontra AS Roma tengah pekan nanti.

Sumber: Squawka

KOMENTAR