BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran di Balik kekalahan Arsenal atas Southampton: Perjudian Gagal Mikel Arteta

23-01-2021 22:28 | Serafin Unus Pasi

Southampton vs Arsenal, Babak Keempat FA Cup (c) AP Photo Southampton vs Arsenal, Babak Keempat FA Cup (c) AP Photo

Bola.net - Asa Arsenal untuk mempertahankan gelar juara FA Cup mereka resmi kandas di babak keempat. The Gunners tumbang saat berhadapan dengan Southampton beberapa saat yang lalu.

Sebagai juara bertaha, para fans Arsenal berharap tim kesayangan mereka bisa lolos ke putaran kelima. Karena FA Cup adalah salah satu trofi yang paling realistis untuk mereka menangkan musim ini.

Bertandang ke St Mary Stadium, Arsenal ternyata harus pulang dengan kepala tertunduk. Gol bunuh diri Gabriel Magalhaes membuat The Gunners tersingkir dengan skor 1-0.

Dari laga ini ada beberapa hal yang jadi catatan atas kekalahan The Gunners ini. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Eksperimen Arteta Gagal Total

Satu hal yang menurut kami jadi penyebab kegagalan Arsenal di laga ini karena eksperimen Arteta yang gagal total.

Di laga ini, Arteta mencoba memainkan skuat campuran. Ia mengistirahat beberapa pemain kunci Arsenal dan menurunkan beberapa pemain yang jarang bermain.

Namun hasilnya malah mengecewakan. Permainan skuat Arsenal terlihat tidak padu meski mereka mendominasi jalannya pertandingan, sehingga mereka tidak membuat peluang berbahaya satupun di laga ini.

2 dari 5 halaman

Arsenal Miskin Kreativitas

Salah satu faktor yang membuat Arsenal kalah di laga ini adalah minimnya kreativitas The Gunners.

Hal ini sebenarnya tidak mengejutkan. Karena Arteta tidak menurunkan satupun playmaker di laga ini, di mana dua gelandangnya, Xhaka dan Elneny tidak mampu mengirimkan umpan-umpan untuk penyerang Arsenal di laga ini.

Para penyerang Arsenal juga tidak mampu membongkar rapatnya pertahanan Southampton, sehingga mereka sama sekali tidak membuat The Saints terusik di laga ini.

3 dari 5 halaman

Arteta Telat Bikin Pergantian

Salah satu dosa yang dibuat Arteta di laga ini adalah ia telat melakukan pergantian pemain.

Tertinggal 1-0 di babak pertama, Arsenal tampil menekan di babak kedua. Mereka juga semakin dominan dalam penguasaan bola.

Ketika tampil dominan, lini serang Arsenal buntu untuk menembus pertahanan Southampton. Namun Arteta tidak mau segera memasukkan penyerang tambahan.

Ia baru memasukkan Alexandre Lacazette diu menit 72, sehingga penyerang Prancis itu tidak optimal untuk memberikan ancaman ke gawang The Saints.

4 dari 5 halaman

Willian & Nketiah Madesu!

Jika ada dua pemain yang layak disalahkan di balik kekalahan Arsenal adalah Willian dan Eddie N'Ketiah.

Willian pada laga ini dipasang Arteta bermain di belakang striker sebagai playmaker. Namun pemain asal Brasil itu tidak sekalipun membuat peluang yang berbahaya di laga ini.

Sementara Nketiah yang dipasang sebagai striker juga tidak mampu mencari celah di tengah-tengah rapatnya pertahanan Southampton. Sehingga umpan-umpan yang dilepaskan dari sisi sayap tidak mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh sang striker.

5 dari 5 halaman

Lini Pertahanan Southampton Tokcer!

Arsenal boleh tampil dominan di laga ini, namun Southampton sendiri bisa dikatakan layak untuk menang di laga ini.

The Saints di babak pertama tampil menekan Arsenal. Mereka kerap menebarkan ancaman ke gawang Arsenal.

Di babak kedua pertahanan The Saints bermain dengan sangat apik. Mereka meredam lini serang Arsenal dengan sangat baik, sehingga mereka tidak berkutik dan membuat ancaman yang nyata bagi Arsenal.

KOMENTAR