BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Laga West Ham vs Manchester United: Bruno Fernandes, Anugerah atau Musibah bagi MU?

06-12-2020 08:21 | Serafin Unus Pasi

Bruno Fernandes ketika Manchester United menang lawan West Ham di pekan ke-11 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo Bruno Fernandes ketika Manchester United menang lawan West Ham di pekan ke-11 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United sukses memetik kemenangan di pertandingan pekan ke-11 EPL dini hari tadi. Bertandang ke London Stadium, Setan Merah berhasil mengalahkan tuan rumah West Ham dengan skor 3-1.

Terpuruk saat melawan PSG, United bertekad untuk memulihkan mental mereka di laga ini. Namun United tertinggal lebih dahulu berkat gol Tomas Soucek di babak pertama.

Sempat dibombardir habis-habisan, United bangkit di babak kedua. Mereka berhasil membalikkan kedudukan berkat gol fantastis Paul Pogba, disusul gol Mason Greenwood dan Marcus Rashford.

Kemenangan ini semakin mengukuhkan status MU sebagai tim yang jago tandang. Meski kali ini mereka bermain di depan 2000 pendukung setia West Ham.

Namun ada setidaknya lima pelajaran yang bisa dipetik dari laga ini. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Mentalitas Baja

Satu hal yang bisa diapresiasi dari Manchester United adalah mentalitas baja mereka.

Tertinggal 1-0 di babak pertama dan terus dibombardir oleh West Ham tidak membuat Setan Merah patah arang. Mereka berhasil bangkit dan balik menekan sang tuan rumah.

Mentalitas ini bukan sebuah kebetulan karena MU selalu sukses comeback di empat laga tandang terakhir mereka. Jadi mentalitas United ini bisa menjadi sesuatu yang layak dibanggakan untuk mereka.

2 dari 5 halaman

Penyelesaian Akhir Jadi Kunci

Pada laga ini, kami rasa sangat adil untuk mengatakan West Ham layak untuk menang. Setidaknya untuk 45 menit babak pertama.

The Hammers tampil mengancam sepanjang babak pertama. Mereka sebenarnya bisa mengakhiri babak pertama dengan skor 2-0 atau 3-0 andai penyelesaian akhir mereka lebih baik.

Penyelesaian akhir yang buruk ini menjadi petaka tersendiri, karena MU berhasil bangkit di babak kedua dan para pemain The Hammers akan menyesali setiap peluang yang mereka buang secara percuma.

3 dari 5 halaman

Bruno Fernandes: Anugerah atau Musibah?

Satu pemain yang layak jadi sorotan di laga ini adalah sosok Bruno Fernandes. Masuk di babak kedua, sang playmaker langsung menghadirkan perbedaan di skuat Setan Merah.

Ia langsung menaikkan tempo serangan United. Ia juga membuat assist untuk gol spektakuler Paul Pogba sehingga itu menjadi momen kebangkitan Setan Merah di laga ini.

Namun Fernandes ini bisa menjadi musibah bagi United. Karena Setan Merah saat ini terlalu bergantung terhadap playmaker asal Portugal ini.

Coba bayangkan jika suatu hari Fernandes mengalami cedera atau skorsing, apakah United bisa bangkit dan menang? Ini yang menjadi PR besar bagi Solskjaer dan para pemain MU untuk bisa setidaknya meringankan beban Fernandes.

4 dari 5 halaman

Paul Pogba Sudah Habis? Coba Pikir Ulang!

Selain Bruno Fernandes, sosok Paul Pogba juga menjadi sorotan pada pertandingan ini.

Sang gelandang tampil menjadi starter di laga ini. Namun ia sempat mengalami kesulitan di babak pertama di mana ia kesulitan mengatur tempo permainan United.

Namun di babak kedua, Pogba menunjukkan bahwa ia masih gelandang kelas dunia. Berkat golnya yang spektakuler, Manchester United berhasil menyamakan kedudukan. Selain itu statistik mencatat bahwa ia sering sekali merebut bola dari kaki pemain West Ham. Jadi bagi yang meremehkan Pogba dan menganggapnya sudah habis, kalian harus berpikir dua kali.

5 dari 5 halaman

Dean Henderson, Kiper Masa Depan Manchester United

Pada laga ini, Solskjaer membuat beberapa perubahan di skuatnya. Ia memberi debut penuh kepada Dean Henderson setelah cedera David De Gea sedang kumat.

Memang pada laga ini Henderson gagal membuat clean sheet. Namun sang kiper memang tidak bisa berbuat banyak saat Tomas Soucek membobol gawangnya.

Namun kiper 23 tahun itu membuat beberapa penyelamatan gemilang di laga ini. Jadi tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa masa depan penjaga gawang Manchester United berada di tangan yang tepat.

KOMENTAR