5 Pelajaran dari Laga Everton vs Liverpool: The Reds dan Mohamed Salah Lagi Bagus-Bagusnya

Ari Prayoga | 2 Desember 2021, 09:21
Selebrasi Mohamed Salah usai mencetak gol dalam laga Everton vs Liverpool, Kamis (2/12/2021) (c) AP Photo
Selebrasi Mohamed Salah usai mencetak gol dalam laga Everton vs Liverpool, Kamis (2/12/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool sukses menghajar Everton dengan skor telak 4-1 dalam partai Premier League 2021/22 pekan ke-14 bertajuk Derby Merseyside di Goodison Park, Kamis (2/12/2021) dini hari WIB.


Mohamed Salah menjadi bintang kemenangan Liverpool dengan memborong dua gol, sedangkan dua gol lainnya dicetak oleh Jordan Henderson dan Diogo Jota. Everton sempat mencetak gol lewat aksi Demarai Gray.

Berkat hasil ini, Liverpool kini masih bertahan di peringkat ketiga klasemen dengan poin 31. Sementara itu, Everton menempari posisi 12 dengan poin 15.

Sejumlah pelajaran bisa diambil dari laga Everton vs Liverpool ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 6 halaman

Liverpool Begitu Dominan

Virgil van Dijk mendapat pelukan dari Jurgen Klopp (c) AP Photo

Liverpool tampil begitu dominan pada laga ini. Pasukan Jurgen Klopp mencatatkan penguasaan bola hingga 69 persen di sepanjang 90 menit jalannya pertandingan.

Dari sisi agresivitas, Liverpool tercatat melepas 16 tembakan, tujuh di antaranya tepat sasaran. Berbanding denga Everton yang cuma delapan kali, dan hanya dua yang tepat sasaran.

2 dari 6 halaman

Mohamed Salah Gak Ada Obat

Mohamed Salah berbicara dengan wasit usai laga melawan Everton pada pekan ke-14 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Mohamed Salah tampil luar biasa pada pertandingan ini dengan melepas lima tembakan, tiga di antaranya tepat sasaran, dan dua menjadi gol.

Tak hanya itu, Salah juga mencatatkan akurasi umpan mencapai 85 persen, dan sempat satu kali melayangkan tekel sukses.

Dua gol Salah tercipta dari aksi luar biasa. Pemain asal Mesir itu mengandalkan kecepatannya dan kemudian melepas penyelesaian akhir yang brilian.

3 dari 6 halaman

Bagaimana Nanti Ketika Ada Piala Afrika?

Sadio Mane melakukan duel udara dengan pemain Everton pada laga pekan ke-14 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Masalah yang kini muncul bagi Liverpool adalah bagaimana nanti ketika pentas Piala Afrika sudah digulirkan dan mereka harus kehilangan Salah serta Sadio Mane.

Salah dan Mane terbukti sekali lagi menjadi mesin utama penyokong Liverpool pada musim ini, dan kehilangan keduanya sekaligus bisa menjadi masalah besar bagi Klopp.

Meski demikian, belakangan muncul kabar yang menyebut bahwa Salah dan Mane kemungkinan hanya akan absen dalam dua laga Premier League.

4 dari 6 halaman

Andy Robertson Jawab Kritik

Bek kanan Liverpool, Andrew Robertson, berduel dengan pemain Everton pada laga pekan ke-14 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Belakangan Andy Robertson mendapat kritik dari banyak pihak yang menyebut penampilan bek kiri asal Skotlandia itu mengalami penurunan.

Banyak pihak yang menyarankan agar Klopp lebih baik memainkan Kostas Tsimikas di sisi kiri pertahanan timnya, mengingat Liverpool memiliki rekor bagus ketika Tsimikas tampil,

Kini, Robertson kembali mendapat kepercayaan untuk tampil. Setelah akhir pekan kemarin ia menyumbang satu assist melawan Southampton, kini Robertson kembali tampil gemilang dengan memberi dua assist.

5 dari 6 halaman

Kans Juara Liverpool

Jordan Henderson usai mencetak gol ke gawang Everton pada laga pekan ke-14 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Hasil ini membuat Liverpool terus menguntit Chelsea dan Manchester City di tabel klasemen. Tiga ini pun diprediksi akan saling kejar-mengejar hingga akhir musim.

Menarik dinanti bagaimana cara Klopp untuk mencoba menjaga konsistensi performa tim asuhannya, dengan Chelsea dan City belum mau mengendurkan gas.

6 dari 6 halaman

Klasemen Premier League

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR