BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Kesuksesan Chelsea Taklukkan Leeds: Kemenangan Ganda The Blues

06-12-2020 07:13 | Gia Yuda Pradana

Kembali disaksikan fans, Chelsea kalahkan Leeds 3-1 di Stamford Bridge (c) AP Photo Kembali disaksikan fans, Chelsea kalahkan Leeds 3-1 di Stamford Bridge (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea sukses menaklukkan sang tamu Leeds United di Stamford Bridge pada pekan ke-11 Premier League 2020/21, Minggu (6/12/2020). The Blues menang 3-1 setelah sempat kebobolan terlebih dahulu.

Chelsea tertinggal oleh gol Patrick Bamford di menit 4, tapi bisa menyamakan kedudukan melalui gol Olivier Giroud pada menit 27. Chelsea lalu membalikkan keadaan lewat gol Kurt Zouma di menit 61. Chelsea menegaskan kemenangan melalui gol pemain pengganti Christian Pulisic di menit 90+3.

Ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari kesuksesan pasukan Frank Lampard menekuk tim besutan Marcelo Bielsa. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Kemenangan Ganda

Selama beberapa bulan terakhir, akibat pandemi virus corona, pertandingan sepak bola digelar tanpa kehadiran fans di stadion.

Namun, ada yang berbeda di Stamford Bridge kali ini. Pertandingan Chelsea vs Leeds kembali disaksikan langsung oleh sejumlah fans.

Melalui proses dan protokol yang ketat, beberapa fans akhirnya bisa kembali ke Stamford Bridge. Mereka pun menyaksikan langsung kemenangan Chelsea atas Leeds.

Ini adalah kemenangan ganda bagi Chelsea. Selain mendapatkan tiga poin, mereka juga mendapatkan satu hal lain yang tak kalah penting, yakni kembalinya para fans ke Stamford Bridge.

2 dari 5 halaman

Edouard Mendy Memang Kiper Top

Edouard Mendy (c) AP Photo Edouard Mendy (c) AP Photo

Tak salah Chelsea merekrut Edouard Mendy musim ini. Dia membuktikan diri sebagai kiper top yang bisa menjadi pilar penting Chelsea.

Di laga ini, Ledds mencatatkan tiga tembakan tepat sasaran melalui Patrick Bamford (2) dan pemain pengganti Ian Poveda-Ocampo. Hanya satu ancaman Bamford yang gagal dia mentahkan.

Sejauh ini, kiper 28 tahun Senegal tersebut baru kebobolan total empat gol dalam 13 penampilan untuk Chelsea di semua kompetisi. Dia juga sudah mencatatkan sembilan clean sheet.

3 dari 5 halaman

Giroud Pantas Jadi Starter

Di usia 34 tahun dan 66 hari, Olivier Giroud dinilai sulit bersaing untuk tempat utama. Terlebih lagi, Chelsea musim ini kedatangan beberapa penyerang baru berkualitas yang usianya lebih muda.

Namun, striker Prancis yang tengah pekan kemarin menyarangkan empat gol ke gawang Sevilla di Liga Champions itu membuktikan diri pantas jadi starter. Satu gol kontra Leeds dia ciptakan.

Dengan begitu, berarti Giroud menjadi pemain pertama sejak Jimmy Floyd Hasselbaink pada Oktober 2001 yang mampu mencetak gol dalam enam penampilan beruntun sebagai starter di pentas Premier League. Dia juga menjadi pemain tertua yang mampu melakukannya.

4 dari 5 halaman

Kurt Zouma Bek yang Berbahaya

Kurt Zouma (c) AP Photo Kurt Zouma (c) AP Photo

Selain bisa diandalkan untuk mengawal jantung pertahanan, Kurt Zouma juga berbahaya di depan gawang lawan. Gol kontra Leeds adalah salah satu buktinya.

Menjebol gawang Leeds, berarti bek sentral 26 tahun Prancis tersebut telah mengemas total empat gol dalam sepuluh penampilan untuk Chelsea di Premier League musim ini.

Sebelum kontra Leeds, Zouma mencetak masing-masing satu gol ketika Chelsea mengalahkan Brighton 3-1, Crystal Palace 4-0, dan Burnley 3-0.

5 dari 5 halaman

Tak Mudah Mengalahkan Chelsea

Chelsea kembali menunjukkan bahwa tak mudah mengalahkan mereka musim ini. Leeds pun tak sanggup menjungkalkan Chelsea.

Dengan hasil kontra Leeds, berarti Chelsea tak terkalahkan dalam 16 laga terakhirnya di semua kompetisi (M10 S6 K0).

Chelsea pun hanya sekali kalah dalam 18 laga yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini, yakni 0-2 melawan Liverpool di pekan ke-2 Premier League. Sisanya dilalui Chelsea dengan 11 kemenangan dan enam hasil imbang.

KOMENTAR