BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Kesuksesan Arsenal Menaklukkan Liverpool di Community Shield

30-08-2020 08:45 | Gia Yuda Pradana

Arsenal, juara Community Shield 2020 (c) AP Photo Arsenal, juara Community Shield 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal sukses membuka musim baru ini secara memuaskan. Juara Piala FA 2019/20 itu menaklukkan kampiun Premier League Liverpool di ajang Community Shield 2020, Sabtu (29/8/2020).

Anak-anak asuh Mikel Arteta unggul lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang menit 12, dan pasukan Jurgen Klopp membalas melalui gol Takumi Minamino menit 73. Skor imbang 1-1, The Gunners kemudian menang adu penalti dengan skor 5-4.

Ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari laga ini. Simak lima di antaranya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Aubameyang Top Skor Arsenal di Wembley

Ketika Arsenal mengalahkan Chelsea 2-1 di Wembley, di final Piala musim lalu, Pierre-Emerick Aubameyang memborong dua gol. Kali ini, di tempat yang sama, dia menyarangkan satu gol ke gawang Liverpoool.

Aubameyang pun telah mencetak total lima gol untuk Arsenal di Wembley. Striker 31 tahun Gabon itu kini sejajar dengan Alexis Sanchez sebagai pencetak gol terbanyak untuk Arsenal dalam laga-laga yang digelar di Wembley.

2 dari 5 halaman

Saka yang Bisa Diandalkan

Gol Aubameyang tercipta dari assist Bukayo Saka. Winger 18 tahun Inggris itu memang bisa diandalkan.

Sejak awal musim lalu, Saka telah menyumbangkan 13 assist untuk Arsenal di semua kompetisi. Dari semua pemain Premier League, hanya Kevin De Bruyne (22) dan Trent Alexander Arnold (15) yang telah mengukir assist lebih banyak selama periode yang sama.

3 dari 5 halaman

Arsenal Cukup Jago dalam Adu Penalti

Arsenal bisa dibilang cukup jago dalam urusan adu penalti. Kemenangan atas Liverpool adalah kemenangan adu penalti ke-9 Arsenal dalam 11 adu penalti terakhir mereka di semua kompetisi.

Dalam sepuluh adu penalti sebelum itu, mereka cuma menang empat kali.

4 dari 5 halaman

Arteta Anti-Klopp

Community Shield 2020, Arsenal vs Liverpool (c) Bola.net Community Shield 2020, Arsenal vs Liverpool (c) Bola.net

Sepanjang karier kepelatihannya, Mikel Arteta masih punya rekor sempurna melawan Jurgen Klopp. Dua kali berjumpa, dia dua kali membawa Arsenal mengalahkan Liverpool besutan Klopp.

Yang pertama adalah kemenangan kandang dengan skor 2-1 di pekan ke-36 Premier League musim lalu.

Di Community Shield, meski Takumi Minamino menjadi pemain pertama yang mencetak gol perdananya di Wembely (dalam penampilannya yang ke-15 untuk Liverpool di semua kompetisi). Namun, gol Minamino itu tak cukup untuk menghindarkan Liverpool besutan Klopp dari kekalahan melawan Arsenal-nya Arteta.

5 dari 5 halaman

Arsenal Cinta Wembley

Arsenal punya rekor yang cukup bagus di Wembley. Setelah musim lalu menjuarai Piala FA di stadion ini, sekarang The Gunners mengalahkan Liverpool untuk meraih trofi Community Shield.

Arsenal sudah bermain 58 kali di Wembley, lebih sering menang (30) daripada kalah (20). Arsenal juga meraih cukup banyak trofi di stadion ini.

Dengan kesuksesan ini, berarti Arsenal telah 16 kali menjuarai Community Shield (termasuk juara bersama). Perolehan trofi Arsenal di ajang ini hanya kalah dari sang pemegang rekor Manchester United (21). Sementara itu, Liverpool tertahan di angka 15.

KOMENTAR