BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Kemenangan Liverpool: Akhirnya, Mane dan Salah Akur!

09-05-2021 09:00 | Richard Andreas

Selebrasi skuad Liverpool (c) AP Photo Selebrasi skuad Liverpool (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool memetik kemenangan penting atas Southampton dalam duel lanjutan Premier League 2020/21. Minggu (9/5/2021) dini hari, The Reds menundukkan tim tamu dengan skor 2-0.

Tambahan 3 poin ini sangat penting bagi Liverpool yang harus berjuang menembus empat besar. Mereka tidak boleh terpeleset lagi, harus sapu bersih.

Kemenangan ini pun jadi modal berharga bagi pasukan Jurgen Klopp untuk menghadapi empat pertandingan sisa. Terlebih, pekan depan mereka akan menghadapi Manchester United dalam duel krusial lainnya.

Dua gol Liverpool kali ini dicetak oleh Sadio Mane (31') dan Thiago Alcantara (90'). Ini adalah gol pertama Thiago untuk The Reds, yang termasuk dalam 5 catatan penting di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Gol perdana Thiago untuk Liverpool

Laga ini menjadi saksi gol perdana Thiago untuk Liverpool. Setelah hampir semusim bermain untuk The Reds, Gol Thiago baru tiba di pekan ke-34, menjelang akhir musim.

Thiago seharusnya jadi tambahan tenaga untuk skuad Liverpool yang sudah tangguh. Sayangnya, dia tiba ketika Liverpool sedang goyah dan ikut terdampak negatif.

Performa Thiago tidak cukup maksimal musim ini. Selain karena hantaman cedera, sepertinya gelandang Spanyol ini pun butuh adaptasi di Premier League.

2 dari 5 halaman

Gol pertama Mane di Anfield

Meski terdengar mengejutkan, Sadio Mane baru mencetak gol pertamanya di Anfield di ajang Premier League.

Catatan ini menunjukkan betapa buruknya Liverpool musim ini, plus menunjukkan bagaimana Mane kesulitan sejak awal musim. Kontribusinya untuk tim begitu minim.

Mane tidak bermain sebaik biasanya musim ini. Entah karena terpengaruh performa tim atau memang karena performanya menurun karena masalah lain.

3 dari 5 halaman

Pertama kalinya "akur" musim ini

Sudah lama muncul gosip bahwa Mane dan Salah tidak terlalu akur. Mane dikabarkan kesal karena sikap Salah yang terkadang terlalu egois dalam pertandingan.

Kini, statistik membuktikan itu. Gol Mane datang dari assist Salah, dan ini adalah kombinasi pertama keduanya untuk gol di Premier League musim ini.

Tidak heran koleksi gol Liverpool menurun drastis, dua pencetak gol utama mereka sedang terlibat masalah personal.

4 dari 5 halaman

Southampton sedang buruk

Southampton tenggelam dalam masalah sejak memasuki tahun 2021 dan mereka belum bisa bangkit sampai sekarang.

Tercatat, pasukan Ralph Hasenhuttl hanya meraup 11 poin dari semua pertandingan Premier League sejak masuk bulan Januari 2021 sampai sekarang.

Posisi Southampton terus memrosot di klasemen sementara, dari papan tengah dan kini ada di peringkat ke-16. Mereka harus memenangi 4 laga sisa jika ingin menjauh dari zona degradasi.

5 dari 5 halaman

Peluang Liverpool terbuka

Selebrasi skuad Liverpool (c) AP PhotoSelebrasi skuad Liverpool (c) AP Photo

Tambahan 3 poin ini sangat penting untuk Liverpool. Sekarang peluang menembus zona Liga Champions semakin terbuka, meski situasinya masih bergantung pada tim lain.

Liverpool masih akan menghadapi empat pertandingan sisa. Klopp harus menuntun skuadnya menyapu bersih empat laga sisa itu sembari berharap Leicester City dan West Ham kehilangan poin.

Meski mengenaskan, sang juara bertahan harus berjuang keras demi tiket Liga Champions musim depan.

Sumber: Opta, Bola, BR Football

KOMENTAR