5 Pelajaran dari Kemenangan Chelsea atas Watford: Modal Jadi Juara Sudah Ada, Tinggal Dipoles Lagi

Serafin Unus Pasi | 23 Mei 2022, 06:40
Skuat Chelsea merayakan gol Kai Havertz ke gawang Watford, Minggu (22/5/2022) (c) AP Photo
Skuat Chelsea merayakan gol Kai Havertz ke gawang Watford, Minggu (22/5/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea menyudahi musim kompetisi 2021/22 dengan catatan yang apik. Mereka berhasil mengalahkan Watford di partai pamungkas ini.


Di partai ini, Chelsea bermain di Stamford Bridge. Anak asuh Thomas Tuchel itu sebenarnya tidak punya beban di laga ini, karena mereka sudah mengamankan tiket ke UCL, selain itu mereka sudah tidak bisa jadi juara EPL di pekan ke-38 ini.

Di partai pamungkas ini, Chelsea memberikan hadiah perpisahan kepada para fans mereka. Mereka berhasil mengalahkan The Hornets dengan skor 2-1.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan pelajaran dari kemenangan ini. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Konsentrasi Buyar

Skuat Chelsea meninggalkan Stamford Bridge seusai pertandingan melawan Watford, Minggu (22/5/2022) (c) AP Photo

Satu PR yang mungkin harus dibenahi Thomas Tuchel di musim depan adalah masalah konsentrasi timnya.

Di laga ini, Chelsea sudah tampil menekan sejak awal laga. Mereka juga berhasil mencetak gol cepat ke gawang Watford berkat gol Kai Havertz.

Mendominasi sejak awal laga, konsentrasi Chelsea buyar di akhir laga sehingga Watford bisa menyamakan kedudukan. Situasi ini sudah beberapa kali terjadi di skuat Chelsea musim ini jadi Tuchel harus memperbaiki aspek itu.

2 dari 6 halaman

Mental Bagus

Selebrasi pemain Chelsea, Marcos Alonso (kiri), usai menjebol gawang Leicester City dalam laga Premier League hari Jumat (20/5/2022). (c) AP Photo

Satu hal positif yang bisa dipetik Chelsea dari laga ini adalah mereka menunjukkan mentalitas yang bagus.

Ini terlihat pada proses terciptanya gol kemenangan Chelsea. Gol itu hanya berjarak kurang dari tiga menit usai Watford mencetak gol.

Mentalitas seperti ini sangat dibutuhkan dalam perburuan gelar juara musim depan. Jadi PR Tuchel saat ini adalah mengasah mentalitas itu agar musim depan mereka menjadi juara.

3 dari 6 halaman

Ross Barkley Layak Dapat Kesempatan

Gelandang Chelsea, Ross Barkley, merayakan golnya ke gawang Nottingham Forest di FA Cup. (c) AP Photo

Salah satu pemain yang tampil mengesankan di laga ini adalah Ross Barkley. Ia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Sang gelandang memberikan dampak yang bagus bagi Chelsea. Ia menjadi pencetak gol kemenangan The Blues di laga ini.

Performa Barkley ini tergolong bagus, meski musim ini ia tidak mendapatkan banyak jatah bermain. Jika Tuchel mau memberikannya kesempatan, sang gelandang berpotensi jadi kartu As yang baru bagi The Blues.

4 dari 6 halaman

Jadikan Kai Havertz Pusat Chelsea

Pemain Chelsea Kai Havertz. (c) AP Photo

Satu hal yang bisa dipelajari Chelsea dari laga ini adalah mereka harus membangun skuat mereka di musim depan dengan Havertz sebagai pusatnya.

Playmaker asal Jerman itu tampil dengan ciamik sepanjang musim ini. Ia juga sukses menjadi pencetak gol terbanyak Chelsea di musim ini.

Daripada Chelsea menghamburkan uang untuk membeli striker baru, lebih baik musim depan mereka membangun sistem yang bisa mengoptimalkan Havertz sebagai ujung tombak mereka.

5 dari 6 halaman

Masalah Kepemilikan Harus Segera Selesai

Selama satu setengah tahun menangani Chelsea, Thomas Tuchel sudah membuktikan ia bisa menjadi manajer yang tepat untuk membawa Chelsea menuju kesuksesan.

Namun untuk sukses, Tuchel harus mendapatkan dukungan penuh dari manajemen Chelsea. Dukungan terbesar yang ia butuhkan saat ini adalah transfer pemain.

Ada beberapa pemain Chelsea yang bakal cabut di musim panas ini dan Tuchel membutuhkan penggantinya segera. Masalahnya ia tidak bisa belanja jika urusan kepemilikan Chelsea tidak kunjung kelar.

Jadi para direksi Chelsea harus segera menyelesaikan ambil alih kepemilikan Chelsea ke Todd Boehly agar Tuchel bisa segera bergerak mempersiapkan musim depan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR