5 Pelajaran dari Kemenangan Arsenal: Saka dan Smith Rowe Gokil, Empat Besar Dalam Jangkauan

Richard Andreas | 20 Februari 2022, 06:30
Aksi Alexandre Lacazette di laga Arsenal vs Brentford, Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Aksi Alexandre Lacazette di laga Arsenal vs Brentford, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Kemenangan 2-1 Arsenal atas Brentford dalam duel pekan ke-26 Premier League 2021/22, Emirates Stadium, Sabtu (19/2/2022), menyisakan sejumlah pelajaran menarik.

Pertandingan tersebut cukup menguji kualitas Arsenal. Pasukan Mikel Arteta begitu dominan di babak pertama, tapi gagal mencetak gol karena penyelesaian akhir yang buruk.

Keran gol Arsenal baru terbuka di babak kedua. Emile Smith Rowe mencetak gol pertama (48') dan Bukayo Saka menggandakannya (79'). Brentford membalas satu gol di menit akhir melalui Noergaard (90+5').

Kemenangan ini pun krusial bagi Arsenal untuk terus menjaga asa bersaing mengamankan empat besar. The Gunners ada di posisi apik, kondisi tim pun positif.

Arteta juga mengakui kemenangan ini penting bagi timnya, khususnya soal kepercayaan diri. Sekarang Arsenal sedang melangkah dalam momentum positif.

Selain itu, setidaknya ada 5 pelajaran penting yang tersisa dari kemenangan Arsenal tersebut. Apa saja? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Bukayo Saka dan Smith Rowe

Pertandingan ini kembali jadi panggung untuk dua pemain muda terbaik Arsenal: Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe. Keduanya mencetak gol yang jadi penentu kemenangan.

Smith Rowe dan Saka adalah jebolan akademi Arsenal sendiri. Sekarang mereka jadi salah satu andalan Arteta di usia yang masih sangat muda.

Smith Rowe mencetak gol pertama di awal babak kedua yang mengubah arah pertandingan. Saka menggandakannya untuk mengakhiri perlawanan Brentford yang saat itu mulai merepotkan.

2 dari 5 halaman

Empat besar dalam jangkauan

Duel antarpemain di laga Arsenal vs Brentford, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Duel antarpemain di laga Arsenal vs Brentford, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Dengan kemenangan ini, Arsenal tidak beranjak dari posisi ke-6 klasemen sementara dengan 42 poin. Meski begitu, jumlah poin mereka sekarang sama dengan West Ham di peringkat kelima dan hanya tertinggal satu poin dari Manchester United di peringkat ke-4.

MU sudah memainkan 25 pertandingan, Arsenal baru 23 pertandingan. Artinya, jika Arsenal bisa memenangi dua pertandingan yang tersimpan, mereka bisa menyalip MU untuk posisi empat besar.

Posisi ini terbilang sangat bagus untuk Arsenal. Pasukan Mikel Arteta hanya perlu menjaga konsistensi dalam beberapa pekan ke depan.

3 dari 5 halaman

Lagi-lagi masalah wasit

Arsenal sudah cukup lama bermasalah dengan wasit. Mereka seolah-olah sering jadi korban kesalahan wasit, dianggap sebelah mata.

Menurut sebagian besar fans Arsenal yang buka suara di media sosial, kepemimpinan wasit Jonathan Moss di pertandingan ini pun menghasilkan sejumlah keputusan kontroversial.

Arsenal beberapa kali mendapatkan handball, tapi diabaikan. Moss juga beberapa kali memberikan keputusan menguntungkan untuk Brentford.

4 dari 5 halaman

Partey pemain penting

Laga ini memang jadi panggung untuk Smith Rowe dan Saka. Namun, di sisi yang tidak terlihat, ada Thomas Partey yang bekerja keras habis-habisan.

Partey mengisi lini tengah dengan sangat baik. Dia memotong aliran serangan Brentford, merebut bola, lalu mengirimnya ke depan untuk membangun serangan cepat.

Partey tampak tidak kenal lelah. Dia selalu bergerak menutup ruang umpan atau ruang gerak pemain Brentford. Dengan performa sebaik ini, Patey akan jadi salah satu penentu Arsenal mencapai target musim ini.

5 dari 5 halaman

Lacazette kurang

Lacazette adalah striker utama Arsenal saat ini. Dia memegang peran penting sebagai ujung tombak, sebagai pencetak gol utama.

Di laga ini Lacazette mendapatkan cukup banyak peluang matang. Sayangnya eksekusi Lacazette tidak maksimal, finishing-nya kurang.

Jika Arsenal ingin mengamankan empat besar musim ini, mereka akan sangat membutuhkan versi terbaik Lacazette. Arteta harus mencari cara untuk memaksimalkan potensi striker Prancis itu.

Sumber: Opta, BR Football, Arsenal, Bola

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR