BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Kekalahan Liverpool: Rotasi Gagal, Klopp Out?!

08-03-2021 06:30 | Richard Andreas

Reaksi Jurgen Klopp di laga Liverpool vs Fulham, Premier League 2020/21. (c) AP Photo Reaksi Jurgen Klopp di laga Liverpool vs Fulham, Premier League 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool masih belum bangkit dari keterpurukan. Teranyar, pasukan Jurgen Klopp keok dengan skor 0-1 dari Fulham pada duel lanjutan Premier League, Anfield, Minggu (7/3/2021).

Hasil ini memperburuk situasi Liverpool yang sudah bermasalah. Sudah enam kekalahan beruntun dirasakan Liverpool di Anfield dalam duel Premier League, artinya The Reds belum tahu caranya bangkit.

Kekalahan ini pun mempersulit posisi Liverpool di klasemen sementara. Sebagai juara bertahan, Liverpool justru tercecer di peringkat tujuh dengan 42 poin dari 28 pertandingan.

Total Liverpool sudah 9 kali kalah musim ini, hanya kekalahan kali ini begitu mengecewakn karena Fulham merupakan salah satu tim di zona degradasi.

Hasil ini pun menyisakan sejumlah catatan menarik. Apa saja? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Delapan laga di Anfield tanpa Kemenangan

Anfield seharusnya angker bagi tim tamu yang datang berkunjung, tapi beberapa pekan terakhir yang terjadi justru sebaliknya.

Opta mencatat Liverpool tak pernah menang pada delapan pertandingan Premier League terakhir di Anfield. The Reds kalah enam kali dan bermain imbang dua kali.

Catatan buruk ini mendekati rekor 10 laga tanpa kemenangan di Anfiled sejak tahun 1952 silam, atau sekitar 69 tahun yang lalu.

2 dari 5 halaman

Rotasi gagal

Jurgen Klopp sebenarnya sudah mencoba melakukan sesuatu untuk menghentikan laju buruk Liverpool beberapa pekan terakhir.

Kali ini dia merombak total starting XI Liverpool dan membuat 7 pergantian pemain. Sejumlah pemain inti yang tampil buruk beberapa laga terakhir harus rela dicadangkan.

Sayangnya, eksperimen Klopp kali ini tidak benar-benar berhasil. Liverpool tetap kalah, tapi setidaknya inilah langkah yang benar. The Reds butuh perubahan.

3 dari 5 halaman

115 tembakan tanpa gol

Lini serang Liverpool sedang bermasalah musim ini. Mereka punya penyerang-penyerang terbaik yang sama seperti dua musim terakhir, tapi entah mengapa tidak bisa mencetak gol.

Kontra Fulham tadi, Liverpool membuat total 16 tembakan, tapi tidak ada gol yang tercipta. Menurut Opta, The Reds sudah membuat total 115 tembakan di Anfield tanpa gol (kecuali penalti).

Artinya, masalah tidak terletak pada peluang, tapi ada pada penyelesaian akhir Liverpool. Trio Salah-Mane-Firmino sedang menjalani momen buruk.

4 dari 5 halaman

Klopp Out?!

Reaksi Jurgen Klopp di laga Liverpool vs Fulham, Premier League 2020/21. (c) AP PhotoReaksi Jurgen Klopp di laga Liverpool vs Fulham, Premier League 2020/21. (c) AP Photo

Kekalahan ini benar-benar mengecewakan di mata fans Liverpool. Total 6 pertandingan beruntun The Reds kalah di Anfield, jelas mengecewakan.

Sebelum ini Klopp selalu mendapatkan dukungan penuh. Fans menuding pihak klub bersalah karena tidak mau mendukung Klopp dengan pembelian pemain yang tepat.

Namun, kini mulai terdengar suara-suara yang mendesak Klopp dipecat. Meski lirih, mereka yang menuntut pemecatan merasa kecewa karena Klopp tidak merespons dengan perubahan saat Liverpool kalah beruntun.

5 dari 5 halaman

Kemenangan krusial untuk Fulham

Fulham berada di peringkat ke-18 klasemen sementara, alias posisi teratas di zona degradasi. Kemenangan ini tidak langsung mengubah posisi mereka, tapi jelas sangat penting.

Dengan 26 poin. Fulham hanya berjarak 4 poin dari Burnley di peringkat ke-15, artinya mereka sudah mulai melihat titik terang di ujung lorong.

Masih ada 10 pertandingan sisa, Fulham masih bisa keluar dari zona degradasi.

Sumber: Opta, Fulham, Bola

KOMENTAR