5 Pelajaran dari Jeda Internasional untuk MU: Maguire Tetap Bapuk

Aga Deta | 29 September 2022, 10:39
Manajer Manchester United Erik Ten Hag. (c) AP Photo
Manajer Manchester United Erik Ten Hag. (c) AP Photo

Bola.net - Sejumlah pemain Manchester United bermain untuk negaranya masing-masing pada jeda internasional, September tahun ini. Manajer MU, Erik ten Hag, bisa memetik pelajaran dari performa anak asuhnya di level internasional.

Pemain-pemain Tim Setan Merah yang berasal dari Eropa menjalani laga UEFA Nations League. Adapun nama-nama lainnya memperkuat timnas pada pertandingan uji coba.

Timnas Inggris menjadi negara yang paling banyak diperkuat pemain Manchester United. Tercatat ada tiga pemain Tim Setan Merah yang mendapat panggilan membela Inggris, yakni Dean Henderson (dipinjamkan ke Nottingham Forest), Harry Maguire, dan Luke Shaw.

Tak hanya Timnas Inggris, tim lain yang banyak dibela bintang-bintang MU adalah Brasil dan Portugal. Tiga pemain The Red Devils yang memperkuat Brasil adalah Antony, Casemiro, serta Fred.

Sementara itu, tiga pemain The Red Devils yang membela Timnas Portugal adalah Diogo Dalot, Bruno Fernandes, serta Cristiano Ronaldo.

Sejumlah pelajaran dapat dipetik manajer Manchester United, Erik ten Hag, pasca-jeda internasional kali ini. Berikut ini ulasannya seperti dilansir Mirror.

1 dari 6 halaman

Luke Shaw Masih Bisa Diandalkan

Bek kiri Manchester United, Luke Shaw (c) AP Photo

Bek kiri Manchester United, Luke Shaw (c) AP Photo

Luke Shaw merupakan bek kiri utama MU dalam beberapa musim terakhir. Dia selalu menjadi andalan untuk menjaga sisi kiri pertahanan The Red Devils.

Namun pada musim ini, Shaw tergusur dari pertahanan Manchester United. Posisinya direbut oleh pendatang baru, Tyrell Malacia, seorang bek asal Belanda.

Luke Shaw tercatat baru tampil dalam tiga pertandingan, dan hanya sekali bermain sebagai starter. Meski kerap menghangatkan bangku cadangan, pemain berusia 27 tahun tersebut masih layak diberi kesempatan bermain lebih sering di MU.

Pasalnya, Shaw tampil gemilang bersama Timnas Inggris saat bersua Jerman pada laga terakhir Grup 3 UEFA Nations League A, Selasa (27/9/2022) dini hari WIB.

Tampil selama 90 menit, Luke Shaw berhasil mencetak satu gol pada menit ke-71. Akan tetapi, gol tersebut tak mampu membawa Timnas Inggris meraih kemenangan dan harus puas bermain imbang 3-3.

2 dari 6 halaman

Harry Maguire Tetap Bapuk

Bek Inggris, Harry Maguire (c) AP Photo

Bek Inggris, Harry Maguire (c) AP Photo

Performa Harry Maguire bersama Tim Setan Merah terus menjadi sorotan. Maguire kerap melakukan kesalahan dan dianggap sebagai titik terlemah Manchester United di jantung pertahanan.

Kendati begitu, eks bek Leicester City itu masih mendapat dukungan dari pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Harry Maguire pun tetap dipanggil untuk membela Inggris pada laga Grup 3 UEFA Nations League A.

Akan tetapi, Maguire membalas kepercayaan itu dengan performa jelek. Bermain dalam dua pertandingan, Harry Maguire gagal membawa Timnas Inggris meraih kemenangan, yakni kalah 0-1 dari Italia dan ditahan 3-3 Jerman.

Tak hanya itu, dia juga melakukan dua kesalahan fatal ketika bersua Jerman. Harry Maguire menjadi penyebab Timnas Inggris dihukum penalti pada menit ke-52, serta biang kerok terciptanya gol kedua Jerman menit ke-67 yang disarangkan Kai Havertz.

Masih tampil bapuk, Harry Maguire diprediksi sulit menembus tim inti Manchester United. Erik ten Hag kemungkinan besar masih menempatkan sang bek sebagai ban serep, dan memercayakan Raphael Varane serta Lisandro Martinez untuk menghuni jantung pertahanan.

3 dari 6 halaman

Diogo Dalot Makin On Fire

Pemain Portugal Diogo Dalot usai mencetak gol ke gawang Republik Ceko di UEFA Nations League, Minggu (25/9/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Pemain Portugal Diogo Dalot usai mencetak gol ke gawang Republik Ceko di UEFA Nations League, Minggu (25/9/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Sejak Erik ten Hag duduk di kursi manajer Manchester United pada awal musim ini, Dalot selalu menjadi andalan di sisi kanan pertahanan. Sejauh ini, Diogo Dalot tampil dalam delapan pertandingan dan menorehkan dua assist.

Performa impresif pemain berusia 23 tahun itu berlanjut ketika memperkuat Timnas Portugal. Diogo Dalot bermain selama 90 menit ketika Portugal menghadapi Republik Ceska pada laga lanjutan Grup 2 UEFA Nations League A, 25 September 2022.

Dalam pertandingan yang digelar di Fortuna Arena tersebut, Diogo Dalot berhasil mencetak dua gol sekaligus membawa Portugal merengkuh kemenangan empat gol tanpa balas.

Dengan penampilan yang semakin on fire, Dalot bakal terus diandalkan Ten Hag untuk menempati pos sisi kanan pertahanan Manchester United. "Malam untuk diingat. Betapa istimewanya bermain dan mencetak gol untuk Portugal," tulis Dalot di akun Instagram pribadinya.

4 dari 6 halaman

Barisan Gelandang MU Kian Moncer

Aksi Bruno Fernandes pada laga melawan Southampton di pekan ke-7 Premier League 2022/2023, Sabtu 27 Agustus 2022 (c) Twitter @ManUtd

Aksi Bruno Fernandes pada laga melawan Southampton di pekan ke-7 Premier League 2022/2023, Sabtu 27 Agustus 2022 (c) Twitter @ManUtd

The Red Devils memiliki barisan gelandang yang mumpuni, yakni Bruno Fernandes, Scott McTominay, dan Christian Eriksen. Ketiganya pun tampil moncer bersama negara masing-masing pada jeda internasional kali ini.

Bruno Fernandes mencetak satu gol dan satu assist ketika Timnas Portugal merengkuh kemenangan 4-0 atas Republik Ceska pada laga lanjutan Grup 2 UEFA Nations League A.

Sementara itu, McTominay menjadi penyeimbang di lini tengah saat Timnas Skotlandia menang 2-1 atas Republik Irlandia dalam pertandingan kelima Grup 1 UEFA Nations League B, 25 September 2022.

Adapun Christian Eriksen mencetak gol indah ketika Timnas Denmark bentrok dengan Kroasia dalam pertandingan kelima Grup 1 UEFA Nations League A, 22 September 2022.

Selain ketiga namanya tersebut, Manchester United juga memiliki Fred dan Casemiro yang tampil bersama Timnas Brasil. Casemiro turut membantu Brasil menang atas Ghana (3-0) dan Tunisia (5-1). Adapun Fred tampil selama 79 menit pada laga kontra Tunisia.

Memiliki barisan gelandang yang semakin moncer, Erik ten Hag memiliki beragam opsi ini menempatkan pemain di lini tengah Manchester United.

5 dari 6 halaman

Raphael Varane Tembok Kukuh di Jantung Pertahanan

Didatangkan dari Real Madrid pada musim panas 2021, Raphael Varane sempat kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain Manchester United. Alhasil, dia lebih banyak duduk di bangku cadangan dan hanya tampil dalam 29 pertandingan di seluruh ajang musim lalu.

Masuk musim ini, pemain berusia 29 tahun tersebut menjadi pilar penting di jantung pertahanan MU. Berduet dengan Lisandro Martinez, Varane mampu membuat lini belakang Tim Setan Merah semakin solid.

Berkat kombinasi keduanya, Manchester United berhasil menyapu bersih kemenangan dalam empat laga terakhir di Premier League. MU juga hanya kebobolan dua laga dari empat pertandingan tersebut.

Penampilan apik Raphael Varane di lini belakang berlanjut ketika membela Timnas Prancis. Varane tampil selama 90 menit saat Prancis bersua Austria pada laga kelima Grup 1 UEFA Nations League A, 23 September 2022.

Berkat peran sang pemain, Timnas Prancis mampu merengkuh kemenangan dua gol tanpa balas atas Austria. Dengan performanya yang terus menanjak, Raphael Varane bakal terus menjadi tembok kukuh di jantung pertahanan Manchester United.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR