BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Hasil Imbang 3-3 Chelsea Melawan West Brom

27-09-2020 06:58 | Gia Yuda Pradana

Manajer Chelsea, Frank Lampard (c) AP Photo Manajer Chelsea, Frank Lampard (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea meraih hasil imbang saat bermain tandang melawan tim promosi West Brom di pekan ke-3 Premier League 2020/21, Sabtu (26/9/2020). Sempat tertinggal 0-3 di babak pertama, pasukan Frank Lampard mencetak tiga gol balasan di babak kedua.

West Brom unggul lewat gol-gol Callum Robinson di menit ke-4 dan 25. Kyle Bartley menjadikannya 3-0 di menit 27. Chelsea menyamakan skor lewat gol-gol Mason Mount menit 55, pemain pengganti Callum Hudson-Odoi menit 70, dan Tammy Abraham menit 90+3.

Ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari laga ini. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Kesalahan-kesalahan Berujung Gol Lawan

Dalam tiga pertandingan yang sudah mereka mainkan di Premier League musim ini, Chelsea tercatat telah melakukan tiga kesalahan berujung gol lawan. Jumlah 'error leading to goal' Chelsea itu sudah sama banyaknya dengan total yang mereka catatkan sepanjang musim 2019/20.

Tiga error Chelsea musim ini dilakukan oleh dua pemain berbeda, yakni kiper Kepa Arrizabalaga dan bek sentral Thiago Silva.

Kepa melakukan masing-masing sekali blunder ketika Chelsea menang 3-1 atas tuan rumah Brighton pada pekan pertama, dan saat kalah 0-2 menjamu Liverpool di pekan kedua. Kali ini, giliran Silva yang melakukan kesalahan yang berujung terciptanya gol kedua West Brom oleh Robinson.

2 dari 5 halaman

Lampard Terburu-buru Beri Silva Debut Premier League?

Laga melawan West Brom menandai debut Thiago Silva di Premier League. Sebelumnya, bek sentral 26 tahun Brasil itu sudah bermain 61 menit ketika melawan Barnsley di ajang Carabao Cup.

Namun, Lampard terkesan terlalu terburu-buru memberi Silva debut di Premier League. Lampard bahkan memasang ban kapten di lengan bek barunya itu. Pressure-nya tentu cukup besar.

Alhasil, Silva pun menjadi pemain non-kiper pertama yang melakukan kesalahan berujung gol lawan dalam debutnya di Premier League, sejak Issa Diop untuk West Ham ketika melawan Arsenal pada Agustus 2018.

3 dari 5 halaman

Chelsea-nya Lampard Buruk di Luar Kandang

Sejak awal musim 2019/20 lalu, atau sejak dilatih Lampard, Chelsea tergolong buruk di luar kandang.

Selama periode tersebut, Chelsea sudah kebobolan total 42 gol tandang di Premier League. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan tim-tim lain.

Chelsea juga tercatat cuma sekali clean sheet dalam 21 laga tandang terakhirnya di Premier League bersama Lampard.

4 dari 5 halaman

Marcos Alonso Kartu Mati

Marcos Alonso (c) AP Photo Marcos Alonso (c) AP Photo

Ada beberapa pemain Chelsea yang tampil mengecewakan di laga ini. Salah satu yang dianggap sebagai kartu mati adalah Marcos Alonso.

Bek sayap kiri 29 tahun Spanyol itu bersalah untuk gol pertama West Brom. Dia terlalu lambat, baik saat timnya bertahan maupun menyerang.

Alonso dikartu kuning di menit 8, dan akhirnya digantikan Cesar Azpilicueta saat jeda.

5 dari 5 halaman

Chelsea Punya Fighting Spirit

Chelsea menjadi tim Premier League pertama sejak West Ham pada Februari 2011 yang sanggup menghindari kekalahan setelah tertinggal minimal 3 gol di babak pertama. Waktu itu, West Ham juga main tandang melawan West Brom di The Hawthorns, dan skornya pun identik, 3-3.

Tidak mudah menghindari kekalahan setelah tertinggal tiga gol sebelum jeda. Butuh fighting spirit untuk bisa melakukannya.

Chelsea punya itu.

KOMENTAR