BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelajaran dari Fulham vs Chelsea: 21 Shots, Cuma 1 Gol

17-01-2021 03:11 | Gia Yuda Pradana

Selebrasi Mason Mount usai cetak gol untuk Chelsea (c) AP Photo Selebrasi Mason Mount usai cetak gol untuk Chelsea (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea main tandang melawan tim papan bawah Fulham pada pekan ke-19 Premier League 2020/21, Minggu (17/1/2021). Chelsea bermain dominan, menciptakan banyak peluang, tapi cuma mencetak satu gol untuk menang tipis 1-0.

Fulham bermain dengan sepuluh orang sejak Antonee Robinson dikartu merah di menit 44. Gol tunggal penentu kemenangan Chelsea dicetak oleh Mason Mount. Gol itu tercipta di menit 78.

Ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari duel antara dua tim London ini. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Chelsea Pegang Kendali Permainan

Manajer Chelsea, Frank Lampard, memasang Mason Mount, Jorginho, dan Mateo Kovacic sebagai starter di lini tengah dalam skema 4-3-3. Chelsea mampu memegang kendali permainan.

Chelsea begitu dominan dalam penguasaan bola. Di laga ini, Chelsea unggul ball possession cukup telak, yakni 69,5% berbanding 30,5%.

Namun, operan terbanyak bukan dibukukan oleh gelandang, tapi duo bek sentral mereka, yakni Thiago Silva (121) dan Antonio Rudiger (110). Dari para gelandang Chelsea, yang memiliki akurasi operan tertinggi adalah Kovacic (93,5%).

2 dari 5 halaman

21 Shots, 1 Gol

Fulham 10 shots, Chelsea 21 shots (c) WhoScoredFulham 10 shots, Chelsea 21 shots (c) WhoScored

Dengan ball possession sebesar itu, Chelsea leluasa membangun serangan. Alhasil, Chelsea pun mampu membombardir pertahanan Fulham.

Sepanjang laga, Chelsea mencatatkan total 21 tembakan, sedangkan Fulham cuma 10. Namun, dari 21 shots itu, Chelsea cuma mampu mencetak satu gol.

Chelsea bahkan harus menunggu hingga menit 78 untuk memecah kebuntuan. Meski begitu, itu sudah cukup bagi Chelsea untuk mengamankan kemenangan di Craven Cottage dan membawa pulang tiga angka.

3 dari 5 halaman

Tembok Tangguh Bernama Alphonse Areola

Dari 21 shots Chelsea, 6 di antaranya on target. Namun, hanya satu yang bersarang di gawang Fulham.

Ini tak lepas dari ketangguhan Alphonse Areola di bawah mistar Fulham.

Kiper 27 tahun Prancis pinjaman dari PSG itu menepis lima shots on target Chelsea melalui Olivier Giroud (2), Antonio Rudiger, Hakim Ziyech, dan pemain pengganti Tammy Abraham. Hanya satu shot on target Mason Mount yang gagal dia amankan.

4 dari 5 halaman

Angin Segar buat Chelsea

Kemenangan atas Fulham ini menjadi angin segar buat Chelsea. The Blues pun bisa sedikit bernapas lega.

Sebelum ini, Chelsea sempat melalui tiga laga beruntun di Premier League tanpa kemenangan. Chelsea kalah 1-3 di kandang Arsenal, imbang 1-1 menjamu Aston Villa, dan ditaklukkan sang tamu Manchester City 1-3.

Chelsea sukses memutus tren negatif itu dengan kemenangan tipis atas Fulham.

5 dari 5 halaman

Puasa Kemenangan Fulham di Derby London

Dengan hasil kontra Chelsea, berarti Fulham tanpa kemenangan dalam 19 bentrokan terakhir dengan tim-tim London di Premier League. Catatannya adalah dua kali seri dan 17 kali kalah (M0 S2 K17).

Terakhir kali Fulham memenangi Derby London di Premier League adalah dengan skor 2-1 melawan West Ham pada Januari 2014.

Dengan kekalahan dari Chelsea ini, berarti Fulham baru mengumpulkan 12 poin dari 17 pertandingan di Premier League 2020/21. Fulham masih terdampar di zona merah. Mereka harus berjuang keras jika ingin bertahan di kasta tertinggi.

KOMENTAR