5 Klub dengan Manuver Terbaik di Bursa Transfer Januari 2022

Aga Deta | 5 Februari 2022, 16:00
Dusan Vlahovic (c) Juventus FC
Dusan Vlahovic (c) Juventus FC

Bola.net - Sejumlah klub berhasil mencuri perhatian pada bursa transfer Januari 2022. Pasalnya, mereka mampu melakukan transfer fantastis dengan merekrut pemain yang berkualitas.

Sebagian besar klub cukup berhati-hati memanfaatkan jendela transfer Januari 2022. Namun tidak sedikit juga yang terlihat jor-joran agar timnya lebih kompetitif.

Biasanya terjadi perkerutan cerdas yang dilakukan sebuah klub di bursa transfer paruh musim. Menengok ke belakang ada nama Virgil van Dijk atau Bruno Fernandes sebagai rekrutan paruh musim yang tepat.

Di bursa transfer Januari 2022 tidak kalah besarnya mengenai aktivitas yang dilakukan banyak klub di beberapa kompetisi teratas negara Eropa. Misalnya di Liga Inggris, terjadi aktivitas jual beli pemain yang menghabiskan Rp5,3 triliun selama jendela musim dingin ini.

Belum lagi dari klub-klub besar negara lain. Berikut ini daftar lima klub yang melakukan perekrutan cerdas di bursa transfer musim dingin Januari 2022 dihimpun dari Sportskeeda:

1 dari 5 halaman

Liverpool

Luis Diaz saat masih membela Porto (c) AP Photo

Luis Diaz saat masih membela Porto (c) AP Photo

Selama satu dekade terakhir, Liverpool dikenal ahli melepas pemain dengan harga tinggi. Lihat saja ketika mereka menjual Marko Grujic ke sisi Portugal untuk sekitar 10,5 juta euro musim panas lalu.

Alhasil musim ini Liverpool tertarik pada penyerang berusia 25 tahun Luis Diaz, yang telah mencetak 16 gol dan memberikan enam assist dalam 28 penampilan di semua kompetisi musim ini.

Liverpool pun secara resmi menandatangani pemain internasional Kolombia itu seharga 45 juta euro dan semakin memperkuat lini depan mereka. Pembelian Luis Diaz dinilai menjadi aktivitas positif Liverpool.

2 dari 5 halaman

Barcelona

Pierre-Emerick Aubameyang resmi bergabung dengan Barcelona (c) FC Barcelona Official

Pierre-Emerick Aubameyang resmi bergabung dengan Barcelona (c) FC Barcelona Official

Masalah keuangan Barcelona telah menyebabkan mereka bertindak hati-hati di bursa transfer dalam beberapa waktu terakhir. Dengan Sergio Aguero terpaksa pensiun, membuat mereka harus mendatangkan penyerang baru.

Kemudian Barcelona menandatangani Ferran Torres dari Manchester City seharga 55 juta euro. Barcelona juga mendatangkan mantan pemain mereka Adama Traore dengan status pinjaman dari Wolverhampton Wanderers hingga akhir musim.

Akhirnya, untuk mengatasi kesulitan mencetak gol mereka, tim Catalan mengamankan jasa striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang dengan status bebas transfer. Kontrak antara Arsenal dan Aubameyang diputuskan dengan persetujuan bersama.

Di sisi lain, Barcelona berhasil melepas Philippe Coutinho dengan status pinjaman. Mereka juga memotong masa pinjaman Yusuf Demir dan telah mengirim Alex Collado dan Inaki Pena dengan status pinjaman.

3 dari 5 halaman

Aston Villa

Pemain Aston Villa Philippe Coutinho. (c) AP Photo

Pemain Aston Villa Philippe Coutinho. (c) AP Photo

Klub papan tengah Liiga Inggris, Aston Villa cukup royal berbelanja pemain pada bulan Januari 2022. Mereka menandatangkan Philippe Coutinho dengan status pinjaman dari Barcelona.

Pemain asal Brasil itu menunjukkan performa yang luar biasa saat kembali ke Liga Premier. Dia mencetak gol dan membantu saat Aston Villa bangkit dari ketertinggalan 2-0 untuk bermain imbang melawan Manchester United beberapa waktu lalu.

Aston Villa juga mengontrak Lucas Digne dengan menelan biaya 30 juta. Di sisi lain, The Villans melepas kiper Robin Olsen telah bergabung dari AS Roma dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Aston Villa juga telah menandatangani Calum Chambers dengan status bebas transfer dan telah mengikat bek tengah muda Kerr Smith dari Dundee United.

4 dari 5 halaman

Juventus

Dusan Vlahovic resmi bergabung dengan Juventus (c) JFC

Dusan Vlahovic resmi bergabung dengan Juventus (c) JFC

Raksasa Italia, Juventus menjadi tim paling boros di Serie A pada Januari 2022. Banyak perombakan yang dilakukan Bianconeri demi memperbaiki performa mereka di sisa musim.

Juventus sukses melepas Rodrigo Bentancur dan Dejan Kulusevski ke Tottenham Hotspur. Sementara Aaron Ramsey hijrah ke Glasgow Rangers.

Adapun pemain yang bergabung adalah striker Fiorentina, Dusan Vlahovic dengan kesepakatan senilai 75 juta euro. Pemain internasional Serbia merupakan satu di antara striker muda terbaik dan beruntung bagi Juventus mengamankan tanda tangannya.

Si Nyonya Tua juga mengontrak gelandang Denis Zakaria dari Borussia Dortmund hanya dengan 5 juta euro. Mereka sangat membutuhkan gelandang agresif seperti Zakaria yang bisa memenangkan pertarungan di lini tengah.

5 dari 5 halaman

Newcastle United

Bruno Guimaraes resmi gabung Newcastle United (c) NUFC

Bruno Guimaraes resmi gabung Newcastle United (c) NUFC

Inilah tim kaya baru Liga Inggris yang menunjukkan taringnya pada bursa transfer Januari 2022. Terlebih situasinya adalah Newcastle United sedang terancam terdegradasi jika tak segera berbenah.

Alhasil dalam bursa transfer Januari 2022, The Magpies menghabiskan hampir 110 juta euro dengan mendatangkan Kieran Trippier, Matt Targett dan Dan Burn.

The Magpies mengontrak Chris Wood dari Burnley seharga 30 juta euro. Pemain internasional Selandia Baru telah mencetak lebih dari 10 gol di masing-masing dari empat musim terakhir.

Pemain termahal yang direkrut Newcastle adalah Bruno Guimaraes. Uang 42,1 juta euro hars dikeluarkannya untuk mengontrak pemain Brasil dari Olympique Lyon. Dia adalah gelandang berkelas yang sangat dibutuhkan untuk Newcastle United.

Kemampuan Guimares untuk mendikte permainan bakal sangat penting bagi peluang Newcastle United untuk bertahan dari keterpurukan musim ini.

Sumber: Sportskeeda
Disadur dari: Bola.com/Penulis Aryo Atmaja
Published: 4/2/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR