BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Kekalahan Terakhir Manchester United di Kandang Arsenal: Setan Merah Jadi Bulan-bulanan

29-01-2021 15:58 | Gia Yuda Pradana

Emirates Stadium, kandang Arsenal (c) Bola.net/Fitri Apriani Emirates Stadium, kandang Arsenal (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Akhir pekan ini, Premier League akan menghadirkan laga besar yang mempertemukan Arsenal dengan Manchester United. Duel kedua tim bakal berlangsung di Emirates Stadium, Minggu (31/1/2021) dini hari WIB.

Pertandingan ini diprediksi bakal berjalan ketat dan seimbang. Hal itu terlihat dari pertemuan terakhir kedua tim di Old Trafford, 1 November 2020 yang dimenangkan Arsenal dengan skor tipis 1-0.

Manchester United sebetulnya punya catatan yang tidak terlalu buruk saat bertandang ke markas Arsenal. Sejak 2011, Setan Merah bisa mencuri empat kemenangan di Emirates Stadium.

Namun, dalam dua lawatan terakhirnya ke Emirates Stadium, Manchester United selalu pulang dengan kekalahan. Kali terakhir tim yang kini diasuh Ole Gunnar Solksjaer itu menang di markas Arsenal terjadi pada 26 Januari 2019.

Dengan catatan tersebut, menarik untuk dinanti hasil seperti apa yang akan tersaji akhir pekan ini di Emirates Stadium. Apalagi Arsenal sedang dalam tren positif, sedangkan Manchetser United baru menelan kekalahan 1-2 di kandang sendiri dari tim juru kunci, Sheffield United.

1 dari 5 halaman

Arsenal 2-0 Manchester United, pekan ke-21 Premier League 2019/20, 2 Januari 2020

Duel ini berlangsung di Emirates Stadium pada 2 Januari 2020. Tuan rumah sukses membungkam Manchester United dengan skor 2-0.

Dua gol Arsenal pada laga ini tercipta di babak pertama. Nicolas Pepe membuka keunggulan terlebih dulu pada menit ke-8, lalu digandakan menjadi 2-0 berkat sumbangan gol dari Sokratis, tiga menit sebelum waktu normal berakhir.

Pada babak kedua, Manchetser United mencoba mengejar ketertinggalan dengan memasukkan Jesse Lingard, Daniel James, dan Nemanja Matic. Namun, skor 2-0 untuk Arsenal bertahan hingga laga usai.

2 dari 5 halaman

Arsenal 2-0 Manchester United, pekan ke-30 Premier League 2018/19, 10 Maret 2019

Arsenal yang kerap tampil superior saat menjamu tim besar kembali membuktikannya dengan mengalahkan Manchester United. Tampil di Emirates Stadium, The Gunners sukses mempecundangi Setan Merah dengan skor 2-0.

Arsenal melakukannya pada pertemuan di pekan ke-30 Premier League musim 2018/19. Dua gol The Gunners ketika itu disumbangkan oleh Granit Xhaka dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Xhaka membuka keunggulan Arsenal di babak pertama, tepatnya pada menit ke-12. Lalu usai turun minum, Aubameyang menggandakan skornya menjadi 2-0 lewat titik putih pada menit ke-69.

3 dari 5 halaman

Arsenal 2-0 Manchester United, pekan ke-36 Premier League 2016/17, 7 Mei 2017

Arsenal berhasil mengamankan kemenangan di pekan ke-36 Premier League 2016/17 dari salah satu rival terbesarnya, Manchester United. The Gunners menang dengan skor 2-0.

Dua gol Arsenal kali itu tercipta di babak kedua. Granit Xhaka membuka keunggulan pada menit ke-54, dan tiga menit berselang berhasil digandakan oleh Danny Welbeck.

Manchester United yang tertinggal dua gol mencoba menyamakan kedudukan dengan memasukkan pemain-pemain yang lebih segar seperti Henrikh Mkhitaryan, Ander Herrera, dan Juan Mata. Namun, upaya yang dibangun tak berhasil sehingga Setan Merah harus pulang dari Emirates Stadium dengan kekalahan.

4 dari 5 halaman

Arsenal 3-0 Manchester United, pekan ke-8 Premier League 2015/16, 4 Oktober 2015

Arsenal lagi-lagi menunjukkan keperkasaannya ketika menjamu Manchester United di Emirates Stadium. Pada pekan ke-8 Premier League musim 2015/16, The Gunners sukses membungkan Setan Merah dengan skor telak 3-0.

Tiga gol Arsenal semuanya terjadi pada babak pertama dan hanya dalam waktu 20 menit pertama. Menariknya, Alexis Sanchez yang jadi bintang kemenangan The Gunners dalam laga ini beberapa musim setelahnya hengkang ke Manchester United.

Alexis Sanchez mencetak dua gol ke gawang Manchester United yang dikawal De Gea masing-masing di menit ke-6 dan 19. Sementara satu gol Arsenal lainnya disumbangkan Mesut Ozil yang baru hengkang ke Fenerbahce.

5 dari 5 halaman

Arsenal 1-0 Manchester United, pekan ke-35 Premier League 2010/11, 1 Mei 2011

Kemenangan Arsenal atas Setan Merah pada pekan ke-35 Premier League 2010/11 menjadi terasa spesial. Sebab, ini adalah kemenangan terakhir The Gunners atas Manchester United asuhan Sir Alex Ferguson.

Dua tahun berselang, Ferguson memutuskan pensiun sebagai manajer sepak bola. Adapun gol kemenangan Arsenal dalam laga ini disumbangkan Aaron Ramsey pada menit ke-56.

Manchester United yang ketika itu masih diperkuat pemain-pemain seperti Wayne Rooney, Dimitar Berbatov, hingga Michael Owen terus berupaya mencari gol penyeimbang. Namun, Arsenal berhasil mempertahankan keunggulannya.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR