BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Fakta Menarik Jelang Duel Krusial Aston Villa vs Chelsea: Giroud Bisa Jadi Senjata Rahasia

22-05-2021 17:45 | Gia Yuda Pradana

Striker Chelsea, Olivier Giroud (kanan) (c) Pool Reuters via AP Photo
Striker Chelsea, Olivier Giroud (kanan) (c) Pool Reuters via AP Photo

Bola.net - Peringkat 3 Chelsea akan main tandang melawan peringkat 11 Aston Villa pada pekan terakhir Premier League 2020/21, Minggu (23/5/2021). Bagi Chelsea, duel di Villa Park ini sangat krusial.

Di laga terakhirnya, Villa menang 2-1 di kandang Tottenham. Sempat tertinggal di menit 8, Villa berbalik menang lewat bunuh diri Sergio Reguilon menit 20 dan gol Ollie Watkins di menit 39.

Sementara itu, gol Antonio Rudiger dan penalti Jorginho memberi Chelsea kemenangan 2-1 atas Leicester di Stamford Bridge. Setelah dikalahkan tim yang sama di final FA Cup, Chelsea sukses membalaskan sakit hati pada mereka.

Ada beberapa fakta menarik jelang duel Aston Villa kontra Chelsea di Villa Park. Salah satunya adalah tentang Olivier Giroud. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Wajib Menang Demi Empat Besar

Fans Chelsea di Stamford Bridge (c) Pool via AP
Fans Chelsea di Stamford Bridge (c) Pool via AP

Dua posisi teratas sudah pasti menjadi milik sang juara Manchester City dan runner-up Manchester United. Dua slot tersisa untuk kelolosan ke Liga Champions musim depan melalui jalur liga masih akan diperebutkan oleh tiga tim. Tiga tim itu adalah Chelsea (67 poin), Liverpool (66 poin), dan Leicester City (66 poin).

Chelsea wajib menang di laga pemungkas. Jika sampai imbang, apalagi kalah, sedangkan Liverpool dan Leicester sama-sama meraih kemenangan, maka Chelsea akan finis peringkat 5.

2 dari 5 halaman

Namun, Aston Villa Bisa Merepotkan Chelsea

Logo Aston Villa (c) AP Photo
Logo Aston Villa (c) AP Photo

Catatan Chelsea kontra Villa di pekan terakhir Premier League kurang meyakinkan. Chelsea sebelum ini sudah pernah empat kali berhadapan dengan Villa di pekan terakhir suatu musim Premier League, dan selalu gagal menang, yakni sekali seri dan tiga kali kalah (M0 S1 K3).

3 dari 5 halaman

Waspadai Ollie Watkins

Pemain Aston Villa, Ollie Watkins (c) Pool via AP
Pemain Aston Villa, Ollie Watkins (c) Pool via AP

Salah satu pemain Villa yang wajib diwaspadai oleh Chelsea adalah Ollie Watkins. Penyerang 25 tahun Inggris itu sudah mencetak 14 gol dalam 36 penampilan untuk Villa di Premier League musim ini, lebih banyak daripada rekan-rekannya.

Torehan 14 gol Watkins merupakan torehan gol terbanyak oleh seorang pemain Inggris untuk Villa di satu musim liga tertinggi Inggris sejak David Platt pada musim 1990/91 (19 gol).

4 dari 5 halaman

Meski Begitu, Chelsea Boleh Merasa Percaya Diri

Chelsea (c) AP Photo
Chelsea (c) AP Photo

Chelsea pantas merasa optimistis menatap laga pemungkas ini. Pasalnya, Chelsea selalu bisa meraih kemenangan dalam tiga laga tandang terakhirnya melawan Villa di Premier League. Chelsea menang 2-1 pada musim 2014/15, 4-0 musim 2015/16, dan 2-1 musim 2019/20.

5 dari 5 halaman

Olivier Giroud Bisa Menjadi Senjata Rahasia

Striker Chelsea, Olivier Giroud (c) AP Photo
Striker Chelsea, Olivier Giroud (c) AP Photo

Penyerang Prancis ini memang bukan pilihan utama Thomas Tuchel di Chelsea. Masa depannya di Stamford Bridge juga tidak jelas. Namun, dia bisa menjadi senjata rahasia jika diberi kesempatan turun ke lapangan.

Giroud tercatat selalu bisa membobol gawang Villa dalam tujuh penampilan terakhirnya melawan mereka di Premier League. Total sembilan gol dia cetak kontra Villa selama periode tersebut.

Itu termasuk hat-trick ketika masih membela Arsenal untuk membantu The Gunners menang 4-0 di kandang atas Villa pada pekan ke-38 musim 2015/16.

Dia berpeluang menyamai rekor Robin van Persie (vs Stoke City), mencetak gol dalam delapan penampilan beruntun melawan satu tim tertentu di Premier League.

Sumber: Premier League, Transfermarkt

KOMENTAR