BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Bentrokan Terakhir Liverpool vs Manchester United: The Reds Mendominasi Red Devils

15-01-2021 11:07 | Gia Yuda Pradana

Premier League, Liverpool vs Manchester United (c) Bola.net Premier League, Liverpool vs Manchester United (c) Bola.net

Bola.net - Akhir pekan ini, Premier League menghadirkan laga menarik yang mempertemukan Liverpool dengan Manchester United. Duel yang dijuluki North-West Derby itu bakal berlangsung di Anfield, Minggu (17/1/2021) pukul 23.30 WIB.

Pertandingan ini akan menjadi lebih menarik karena kedua tim tengah bersaing ketat untuk memuncaki klasemen Premier League. Manchester United yang saat ini berada di posisi pertama harus menyerahkan singgasananya kepada Liverpool bila kalah di Anfield.

Sebaliknya, bila berhasil memenangkan pertandingan atau menahan imbang The Reds, maka tim asuhan Ole Gunnar Solsksjaer itu bisa mempertahankan puncak klasemen pada pekan ini. Namun, bila melihat catatan lima pertemuan terakhir, akan sulit bagi Red Devils untuk melakukannya.

Dalam lima bentrokan terakhir, Setan Merah belum pernah menang. Bahkan ketika laga berlangsung di Anfield, Manchester United selalu pulang dengan kekalahan.

Kali terakhir Manchester United bisa pulang dari Anfield dengan membawa poin terjadi pada 14 Oktober 2017. Ketika itu, kedua tim bermain imbang 0-0.

1 dari 5 halaman

Liverpool 2-0 MU, pekan ke-23 Premier League 2019/20, 19 Januari 2020

Liverpool berhasil mengalahkan rival abadinya, Manchester United dengan skor cukup meyakinkan 2-0. The Reds bahkan bisa saja menang dengan skor 3-0 seandainya gol Roberto Firmino tidak dianulir.

Sejak laga dimulai, Liverpool yang tampil di markasnya, Anfield, langsung mengambil inisiatif untuk menyerang. Hasilnya terlihat pada menit ke-14 setelah Virgil van Dijk mencetak gol memanfaatkan umpan yang dilepaskan Trent Alexander Arnold.

11 menit berselang, gawang Manchester United kembali bergetar lewat aksi Firmino, namun gol tersebut dianulir oleh Video Assistant Referee (VAR). Setelah saling jual beli serangan, Liverpool mampu menutup laga dengan skor 2-0 usai Mohamed Salah membobol gawang David de Gea di masa injury time.

2 dari 5 halaman

MU 1-1 Liverpool, pekan ke-9 Premier League 2019/20, 20 Oktober 2019

Manchester United yang bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Liverpool pada pekan ke-9 Premier League musim 2019/20 harus tertunduk lesu setelah gagal mempertahankan kemenangan. Sempat unggul sampai menit ke-85, Setan Merah harus puas berbagi poin dengan rival abadinya tersebut.

Manchester United unggul terlebih dulu di babak pertama berkat gol yang dilesakkan Marcus Rashford pada menit ke-36 memanfaatkan umpan Daniel James. Setelah gol tersebut, Setan Merah mulai mengendurkan serangan untuk mempertahankan keunggulan.

Namun, Liverpool yang tampil lebih dominan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Ketika itu, Adam Lallana yang jadi penyelemat timnya berkat golnya pada menit ke-85 memanfaatkan umpan Andy Robertson.

3 dari 5 halaman

MU 0-0 Liverpool, pekan ke-27 Premier League 2018/19, 24 Februari 2019

Ini merupakan North-West Derby pertama bagi Ole Gunnar Solsksjaer sebagai manajer Manchester United. Meski ketika itu masih berstatus sebagai manajer sementara, ia berhasil memimpin pasukannya menahan imbang Liverpool 0-0 di Old Trafford.

Laga ini berjalan cukup seimbang meski secara penguasaan bola Liverpool unggul jauh dari lawannya itu. Tim asuhan Jurgen Klopp berhasil mencatatkan 65 persen penguasaan bola berbanding hanya 35 milik Manchester United yang berstatus sebagai tuan rumah.

Menariknya meski berstatus laga yang cukup panas dan kerap menimbulkan keributan, wasit Michael Oliver hanya mengeluarkan empat kartu kuning sepanjang pertandingan. Rinciannya, satu untuk Manchester United dan tiga buat Liverpool.

4 dari 5 halaman

Liverpool 3-1 MU, pekan ke-17 Premier League 2018/19, 16 Desember 2018

Kemenangan Liverpool atas Manchester United pada pekan ke-17 Premier League musim 2018/2019 ini mungkin akan selalu diingat Jose Mourinho. Pasalnya usai kekalahan tersebut, ia dipecat sebagai manajemen Setan Merah.

Liverpool unggul terlebih dulu berkat gol Sadio Mane pada menit ke-24. Namun sembilan menit berselang, Manchester United berhasil menyamakan kedudukan berkat gol yang disumbangkan Jesse Lingard.

Pada babak kedua, Jurgen Klopp memasukkan Xherdan Shaqiri menggantikan Naby Keita. Keputusan tepat dari Klopp karena setelah itu Shaqiri berhasil mencetak brace pada menit ke-73 dan 80 untuk memastikan tiga poin menjadi milik timnya.

5 dari 5 halaman

MU 1-4 Liverpool, International Champions Cup, 29 Juli 2018

Manchester United dan Liverpool sempat bertemu di turnamen pre-season bertajuk International Champions Cup pada pertengahan 2018. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Michigan, Amerika Serikat, Setan Merah dibantai rivalnya itu dengan skor, 1-4.

Liverpool unggul terlebih dulu setelah Sadio Mane mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-28. Namun keunggulan tersebut hanya berlangsung selama tiga menit setelah Andres Pereira menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-31.

Di babak kedua, Liverpool tampil menggila dengan mencetak tiga gol tambahan. Ketiga gol itu masing-masing disumbangkan oleh Daniel Sturridge (66'), Oluwaseyi Ojo (74') dan Xherdan Shaqiri (82').

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR